Tips Menjaga Ruang Hijau di Linkungan Kantor

Diposting oleh Unknown on Jul 7, 2010


Berikut tips penghematan di kantor Anda, siapa tahu bisa langsung dipraktekan untuk mendukung gerakan hijau yang sedang booming ini.

  • Hematlah kertas di ruang kantor baru . Print di dua sisi kertas, membaca di PDF, menggunakan fasilitas scanner sebagai ganti fotokopi, atau memakai fasilitas e-mail sebagai ganti surat dan tanda bukti. Untuk memudahkan membaca di browser tanpa melihat elemen-elemen yang tidak diinginkan, Anda dapat menggunakan Firefox dengan add-ons Aardvark.

  • Matikan komputer di ruang kantor baru ketika tidak dipakai. Jangan khawatir, komputer didesain untuk dapat menerima shut down sebanyak ratusan ribu kali di masa hidupnya. Jika Anda meninggalkan komputer sambil mendownload, pakai piranti lunak yang memiliki kemampuan auto shutdown on finish.

  • Nyalakan power management (sleep mode) untuk mengistirahatkan komputer dalam jangka waktu yang lebih singkat, bahkan lebih baik lagi jika Anda memakai fitur hibernate. Jika Anda butuh mengakses komputer dari tempat lain, Anda dapat menggunakan fasilitas Wake on LAN agar komputer bangun dengan akses dari komputer lain dalam jaringan yang sama.

  • Screensaver tidak menghemat energi. Pada monitor zaman dahulu screensaver dapat menjaga keawetan monitor, tapi monitor jenis itu sudah tidak ada lagi dan screensaver berganti fungsi menjadi hiasan.

  • Donasikan komputer yang hendak dibuang, pakai program khusus untuk menghapus bersih data-data rahasia.

  • Beberapa komponen seperti keyboard dan mouse sebaiknya dipakai kembali di komputer baru.

  • Perangkat keras yang memakai AC Adapter, biasanya tidak benar-benar berhenti bekerja walau telah dimatikan. Untuk mematikan perangkat tersebut bisa dengan mencabut kabelnya, memakai stop kontak yang memiliki tombol on off, ataupun dengan bantuan gadget seperti PowerMinder.

computingchannel.co.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }