Mudik Aman dan Jasa Keamanan

Diposting oleh Unknown on Jul 14, 2010


Mudik adalah salah satu ’ritual’ yang sangat ditunggu-tunggu bagi warga pendatang dari luar daerah ketika liburan panjang atau menjelang hari raya. Namun, dibalik kegembiraan akan bertemunya sanak saudara di kampung, kekuatiran akan rumah yang ditinggal beberapa hari juga menjadi persoalan tersendiri bagi pemudik. Tidak sedikit rumah warga yang ditinggal mudik dimasuki oleh maling. Untuk mencegah hal tersebut, simak tips berikut ini:

  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri baiknya sewa jasa keamanan. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu didepan pintu rumah.

  2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan di lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.

  3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.

  4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.

  5. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah.

  6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.

  7. Jika perlu, pasang camera / jasa keamanan tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.Selamat bermudik ria!

(Okliviana/berbagai sumber)

{ 1 komentar ... read them below or add one }

cari tiket pesawat said...

ada baiknya kalo yang tingga di perumahan, apalagi di kota besar untuk menyewa jasa keamanan rumah.disaat ditinggal mudik.pengeluaran biaya untuk jasa itu setimpal dengan manfaat yang kita peroleh.rasa aman meninggalkan harta kita.