Sekilas Belanja Online vs Tradisional

Diposting oleh malamjumat on Jan 5, 2010


Anda pernah beli laptop di Computer Webstore? Atau beli baju di Butik Pakaian Online? Atau pesan tiket pesawat melalui Internet? Kalau belum, jangan takut disebut ketinggalan zaman. Anda tidak perlu ikut-ikutan kalau memang merasa belum nyaman, belum terbiasa, atau masih takut dengan resiko-resiko belanja online.

Memilih barang dan mengetahui harga barang melalui internet menjadi sebuah kegiatan yang sangat mudah, hanya perlu beberapa klik. Setelah memilih, konfirmasi ketersediaan barang melalui telepon, minta diskon khusus, transfer melalui bank, dan tunggu barangnya datang. Pilihan lain, barang minta diantar dan transaksi COD (Cash On Delivery).


Ada
beberapa resiko konsumen apabila memesan melalui Internet (dalam berbelanja pakaian online maupun jenis pakaian lain) dan pembayarannya tidak dengan COD, khususnya apabila berbelanja barang elektronik. Apa saja resikonya?


1. Barang yang dikirim bisa saja barang display, barang yang sudah lama dipajang dan disentuh banyak orang di toko penjual. Artinya, barang tersebut sudah berkurang usia pakainya beberapa hari, atau beberapa bulan.


2. Barang yang dikirim bisa saja rusak saat perjalanan pengiriman. Kemungkinan lain karena quality control kurang bagus dari pabriknya, pada barang yang dikirim terdapat cacat, goresan, kotoran, atau kegagalan fungsi yang akhirnya baru diketahui ketika barang diterima atau difungsikan.


3. Barang yang dikirim berbeda warna, ukuran, tipe, jumlah atau jenisnya dengan barang yang dipesan. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan bagian pengepakan pada sisi penjual.


4. Barang yang dikirim hilang dan besar klaim asuransi tidak sebanding dengan nilai barang yang hilang tersebut. Kejadian lain yang mungkin terjadi adalah pengiriman terlambat hingga hitungan pekan.


5. Resiko terberat, penjual adalah penipu, barang yang sudah dibayar tidak kunjung datang. Data alamat penjual adalah palsu dan pemilik rekening juga tidak dapat dilacak. Niatnya dapat barang murah, malah kena tipu


Tulisan ini tidak bermaksud menakut-nakuti Anda, tetapi hal-hal di atas memang dapat terjadi. Jangankan saat belanja online, saat belanja konvensional pun, banyak hal yang bisa terjadi.


arifrahmat.wordpress.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }