Memilih Sofa Ruang Tamu

Diposting oleh Wikey on Jan 18, 2010




Dalam memilih sofa, pertimbangkan keserasian karakter sofa dengan tema interior yang ingin dibangun. Pasangan baru tentu menginginkan hunian yang asri, sesuai idaman mereka. Setelah hunian terbangun, saatnya mengisi dengan furnitur. Mendatangi pusat home furnishing menjadi pilihan tepat.

Ada banyak jenis furnitur tersedia di home furnishing, salah satunya sofa. Pilihannya sangatlah beragam, baik jenis ataupun harga jual sofa. Ada yang terbuat dari lapisan kulit asli atau imitasi. Ada yang berlapis suede, dan banyak lagi. Untuk itu penting bagi Anda untuk memilih dengan tepat.

Hal penting sih sebetulnya bukan pilihan material pelapisnya. Yang paling penting adalah pertimbangan keserasian karakter sofa dengan tema interior yang ingin dibangun. Jangan sampai satu sama lain "bertentangan". Sofa yang kita anggap bagus ketika berada di toko, belum tentu cocok jika ditempatkan di ruangan di rumah. Tidak hanya soal warna dan desain, terkadang ada masalah juga dengan ukurannya.

Menyelaraskan sofa dengan gaya bangunan juga bisa membantu ketika memilih sofa. Gampangnya, jika hunian bergaya klasik, bagusnya pilih furnitur bergaya klasik pula. Atau kalau rumahnya bergaya modern, pilihlah sofa bergaya modern. Beda kedua desain sofa ini jelas dan tegas.

Selain konsep desain, juga perhatikan ukuran dan fungsi ruang. Sesuaikan desain sofa dengan ukuran ruang. Jika ruangan kecil, hindari memilih sofa berukuran besar dan padat. Sofa yang demikian ini membuat ruang tekesan padat dan sempit. Misalnya pada ruang tamu. Biasanya ruang ini relatif kecil, sehingga baiknya diisi sedikit furnitur yang sesuai dengan fungsi ruang. Untuk ruang tamu sebaiknya pilih sofa dengan dua atau tiga dudukan. Lain lagi dengan ruang keluarga, sofa jenis satu dudukan besar lebih cocok. Bentuknya memanjang, bertujuan menjaga keakraban.

Terlepas dari cocok tidaknya dengan interior atau model hunian, kualitas sofa jadi yang utama. Tentu Anda tidak mau sofa yang baru dibeli rusak dalam tempo tiga bulan. Kuncinya di material. Cek atau tanyakan ke penjual kualitas kumparan pegas, komponen busa, sampai bahan pelapisnya (upholstery). Apakah tergolong baik kepada penjual sofa. Jika perlu tanyakan garansi sofa. Biasanya sofa dengan kualitas baik punya kartu garansi. Pepatah lama, teliti sebelum membeli, ternyata masih berlaku.

metroaktual.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }