Membuat Cake Ulang Tahun Anak

Diposting oleh malamjumat on Jan 12, 2010



SUNFLOWER CAKE untuk kids birthday.

Ukuran porsi: 10 potong

Bahan-bahan

Cake:
* 2 buah cake bulat, diameter 23 cm, dinginkan

Vanilla buttercream:
* 90 gram mentega/margarin
* 675 gram gula pasir
* 1 sendok teh vanili ekstrak
* 75 cc susu cair
* 2 tetes pewarna kue berwarna kuning

Best chocolate frosting:
* 90 gram coklat bubuk
* 45 gram mentega/margarin
* 375 gram gula pasir
* 1 sendok teh vanili ekstrak
* 75 cc susu cair

Cara membuat
Vanilla buttercream: panaskan air hingga mendidih, lalu letakkan piring tahan panas, masukkan mentega di atasnya, biarkan hingga meleleh, angkat, dinginkan selama 5 menit.

Campur mentega tadi dan gula, kocok dengan mixer hingga rata, lalu tambahkan vanili ekstrak dan susu cair sesendok-sesendok, kocok hingga rata dan mengembang, angkat.


Masukkan pewarna kue berwarna kuning, aduk hingga rata, lalu sisihkan.


Best chocolate frosting: panaskan air hingga mendidih, lalu letakkan piring tahan panas, masukkan coklat bubuk dan mentega, biarkan hingga meleleh dan tercampur rata, angkat, dinginkan selama 5 menit.


Campur campuran tadi dan gula, kocok dengan mixer hingga rata, lalu tambahkan vanili ekstrak dan susu cair sesendok-sesendok, kocok hingga rata dan mengembang, angkat, sisihkan.


Cake: ambil 1 buah cake bulat, lalu dengan menggunakan pisau, oleskan sebagian best chocolate frosting di sekeliling cake dulu, kemudian di bagian atasnya.


Berhubung bagian atas ini adalah pusat dari bunga matahari, maka frosting tidak boleh rata tetapi agak menjulang tinggi di bagian tengahnya.


Untuk mendapatkan hasil ini, caranya adalah dengan menggunakan pisau, lalu lewatkan di atas frosting tadi dan ditarik perlahan ke atas.


Siapkan loyang ukuran 20 cm x 20 cm, balik, lalu dengan menggunakan spatula, letakkan cake secara perlahan-lahan di atas loyang, biarkan hingga frosting membeku.


Ambil cake bulat yang satunya, potong menjadi 2 bagian, lalu potong tiap bagian menjadi 2 bagian lagi, dan potong kembali tiap bagian ini menjadi 2 bagian, sehingga mendapatkan 8 bagian berbentuk segitiga yang sama ukurannya.


Dengan mengunakan pisau, potong sedikit tiap bagian yang melengkung keluar menjadi agak melengkung ke dalam sesuai dengan bentuk cake yang pertama tadi, sehingga bila diletakkan di sekeliling cake tadi akan pas bentuknya, tetapi hati-hati jangan sampai memotong terlalu banyak.


Ambil 1 bagian cake, lalu dengan menggunakan pisau, oleskan sebagian vanilla buttercream di kedua sisi cake dulu, kemudian di bagian atasnya, ulangi hingga semua bahan habis, sisihkan, biarkan hingga frosting membeku.
Setelah semua frosting membeku, letakkan cake kecil-kecil ini di sekeliling cake yang pertama. Nah cake untuk kids birthday siap dihidangkan.

eabdat.multiply.com

{ 0 komentar... read them below or add one }