Memaksimalkan Fungsi Catatan Anggaran Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on Jan 26, 2010


Sebuah anggaran perkawinan terdiri dari kumpulan data diantaranya jenis pengeluaran, anggaran yang disediakan, anggaran yang dikeluarkan serta selisih antara anggaran yang disediakan dan yang dikeluarkan.

Data jenis pengeluaran sebaiknya disusun menurut daftar skala prioritas. Tiap jenis pengeluaran dijabarkan secara rinci agar perhitungan lebih akurat. Penyusunan ini berfungsi dalam mengalokasikan dana anggaran.


Data anggaran yang disediakan merupakan jumlah alokasi dana untuk suatu jenis pengeluaran. Inventarisasi semua harga dari berbagai sumber data dan tentukan harga rata-rata dari data yang diperoleh, agar fluktuasi harga minimal. Kelengkapan dan keakuratan data-data ini harus terpenuhi agar berfungsi optimal sebagai panduan dalam melakukan belanja pengeluaran.


Anggaran yang dikeluarkan diharapkan sesuai bahkan kurang dari anggaran yang disediakan. Jika menemui pengeluaran yang melampaui batas maka untuk menekan melonjaknya anggaran adalah dengan mengurangi pengeluaran lain. Atau dengan memindahkan kelebihan anggaran dari jenis pengeluaran lainnya.
Kata kunci untuk membuat sebuah anggaran perkawinan dapat berfungsi secara optimal adalah dengan membuat semuanya terorganisasi dengan baik. Sertakan jadwal waktu pelaksanaan untuk menghindari pemesanan mendadak yang berakibat pada tingginya biaya.

Strategi lain adalah dengan memanfaatkan hubungan baik dengan kerabat atau sahabat, jadikan mereka sebagai bagian dari pesta perkawinan Anda. Jika mereka memiliki keahlian yang dibutuhkan atau bergerak dalam salah satu usaha jasa perkawinan, maka tawarkan kepada mereka untuk bergabung sebagai alternatif hadiah perkawinan Anda berdua. Misalnya saja ada yang profesional menjadi
MC wedding, kenapa kita tidak memanfaatkan itu saja daripada harus menggunakan jasa MC wedding? Dan begitu juga untuk urusan lain.


www.f-buzz.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }