Tips Olahraga Dengan atau Tanpa Alat Olahraga

Diposting oleh Si Jenggot on Dec 10, 2009




Banyak orang berpikir untuk membeli alat fitnes atau Alat Olahraga di rumah. Karena harganya selangit, untuk menyiasatinya Anda mencoba bergabung dalam klub olahraga. Tapi, tahukah Anda, biaya bergabung di pusat kebugaran tiap bulan, jika dihitung-hitung jumlahnya tidak jauh berbeda jika Anda membeli alat olahraga.

Bila ingin membeli alat olahraga sebaiknya rencanakan dengan matang. Jangan membeli hanya karena diskon atau mengikuti tren saja. Bisa-bisa alat tersebut tidak terpakai dan hanya teronggok berdebu dalam rumah. Sebelum membeli alat olahraga tersebut tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan, antara lain :

1.Apa motivasi Anda dalam berolahraga?

2.Seberapa sering Anda akan menggunakannya

3.Level fitnes apa yang Anda harapkan dalam 3,6 hingga 9 bulan mendatang ?

4.Apakah peralatan yang akan dibeli akan membangkitkan semangat olahraga Anda?

5.Apakah Anda akan cepat bosan dengan alat tersebut?

Jika sudah yakin untuk membeli saatnya untuk memilih alat olahraga yang sesuai untuk Anda. Kalau target Anda ingin mengencangkan otot dapat membeli peralatan untuk latihan beban. Bila ingin latihan cardio Anda bisa membeli treadmill. Agar Anda lebih mudah memilih berikut beberapa petunjuk mengenai alat-alat fitnes.

- Treadmill – Alat olahraga ini sangat pas bagi Anda yang ingin latihan cardio. Anda bisa berjalan, berlari dan mengatur kecepatan sendiri. Jika bosan, Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik atau menonton televisi.

- Dumbel – Anda bisa membeli dumbel dengan berat berkisar 2 hingga 22 kilogram. tambahkan beban secara teratur. Latihan mengangkat beban bisa membuat otot menjadi lebih kencang dan lebih kuat.

- Bola Fitnes – Latihan mengggunakan bola fitnes sangat menyenangkan. Anda bisa menggunakannya untuk peregangan, latihan kelenturan dan keseimbangan.

- Step Bench – Bentuknya sangat sederhana, bisa digunakan untuk melatih otot kaki. Fungsinya sama seperti treadmill tetapi lebih sederhana.

Tapi, tanpa perlu membeli alat olahraga, Anda juga bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah. Seperti kursi, atau jika ada tangga, anda dapat berjalan naik turun d tiap anak tangga. Selain itu ada berbagai macam olahraga yang tidak membutuhkan alat seperti push-up, dan sit up. Atau Anda bisa menggunakan botol air sebagai beban untuk mengencangkan otot lengan.

Selain lebih murah, ada beberapa keuntungan jika Anda berolahaga di rumah. Yaitu, tidak perlu keluar rumah dan tidak menghabiskan waktu di jalan, tidak perlu antri untuk menggunakan Alat Olahraga.

Jadi, rumah Anda sebenarnya bisa menjadi tempat fitnes terbaik dan tentunya sangat efektif. Selamat berolahraga !

Vivanews.com

{ 0 komentar... read them below or add one }