Cara Main Gitar Akustik

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Dec 2, 2009





Jurus 1: jangan lupa kunci
Kunci kursus ***ar adalah nyawa dari permainan ***ar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti c, d, e, f, (3, a, b) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci b memakai bentuk bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci c digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci d, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.
Jurus 2: dua teknik dasarPetikan: ketika memetik ***ar dari kursus ***ar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu "kkeb"-nya andre hehanusa atau "tears in heaven"-nya eric clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:
Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar, klo masih belum bisa silakan lihat di tempat kursus ***ar.

Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.
Setelah anda nmencoba ketiganya, gabungkan semua teknik! Memainkan lagu kkeb bukan impian lagi.Ritem: ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya tempat kursus ***ar bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.
1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1

Jurus 3. Jangan lupa bawa buku nyanyian
Sekarang buku lagu-lagu praise & worship yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran atau di kursus bass. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannya pun mudah saja.

Jurus 4: berlatih running chord untuk bermazmur
Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu dengan kursus bass. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci c): c-f, c-amdm-g, f-em-dm-g. Semakin sering dilantunkan, feeling anda akan semakin terasah dan anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill anda.

Jurus 5: percaya diri
Percaya diri! That's the best thing. Walau anda banyak melakukan kesalahan (terutama biasanya salah kunci), lanjutkan saja dengan tertawa bersama teman-teman anda. Dijamin, mereka semua pasti ikut tersenyum. Toh pada akhirnya, bukan permainan ***ar/nyanyian kita yang diterima oleh-nya, tapi kesungguhan hati kita.**

Oleh: david bloer
majalah get life 13/2005


Http://gema.sabda.org

{ 2 komentar... read them below or add one }

jeli gamat asli said...

keren ...........................

ada apa yah? said...

thanx brow....
ngebantu bgt nih... (^~^)