Skema Billing Wi-fi

Diposting oleh Wikey on Aug 4, 2009


Untuk mendapatkan pendapatan dari penyelenggaraan layanan akses internet untuk masyarakat umum, diperlukan sebuah skema System Billing. Salah satu masalah terbesar dalam penyelenggaraan layanan akses internet untuk publik dalam jaringan wireless fidelity (Wi-Fi) adalah akses kontrol terhadap penggunanya. Akses kontrol ini dipergunakan untuk menentukan siapa saja yang berhak menggunakan layanan ini.

Tugas Akhir ini mencoba mendesain dan mengimplementasikan System Billing untuk layanan akses internet dalam jaringan Wi-Fi. Untuk dapat membangun Sistem Billing Wi-Fi diperlukan protokol yang digunakan untuk authentikasi, authorisasi dan akunting (AAA). Protokol Remote Authentication Dial-In User Service (RADIUS) merupakan protokol yang menyediakan framework untuk authentikasi, authorisasi, dan akunting. Dalam proses akunting memungkinkan informasi aktifitas seorang pengguna layanan Wi-Fi dapat dikumpulkan untuk kemudian diproses untuk Program Billing.

Hasil dari Tugas ini adalah pengguna layanan dapat memiliki kemudahan dalam memantau penggunaan layanan akses internet Wi-Fi, berdasarkan karakteristik dari skema Program Billing,yang ditawarkan. Dari implementasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pada skema billing (Sistem Billing Game) yang berdasarkan volume data yang di-download, didapatkan bahwa data yang tersimpan pada database RADIUS akunting lebih besar dari data yang sebenarnya. Sedangkan pada pengantaran layanan menunjukkan bahwa semakin kecil signal strength yang diterima oleh pengguna akan mengakibatkan semakin lamanya delay dari pengantaran layanan.

stttelkom.ac.id

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }