nasi kuning berkah

Diposting oleh tangandingin on Apr 21, 2009


Ketika ada kegiatan keluarga, baik ulang tahum ataupun semacamnya masakan nasi tumpeng sepertinya tak bisa di pisahkan nasi tumpeng merupakan makanan wajib jika anda merayakan ulang tahun masakan nasi ini merupakan mudah pembuatannya masakan nasi tumpeng tidak terlalu ribet, tapi juga tak terlalu simpel untuk membuat masakan tumpeng kita harus telaten dan sabar biasanya nasi tumpeng terdiri dari nasi kuning dan lauknya biasanya nasi kuning tersebut lebihmudah pembuatannya daripada lauk pelengkapnya masakan tumpeng yang lezat perlu trik untukl membuatnya, selain menggunakan bahan yang baik aneka tumpeng yang akan kita masak harus menggunakan api yang ebsarnya pas kalau tidak nasi tumpeng bisa gosong.

Sebenarnya ada masakan nasi yang di buat oleh tumpeng catering jika anda tak sempat membuat aneka tumpeng maka tumpeng catering amat disarankan

Berikut bahan pembuat nasi tumpeng
Ingredients:
4 cups beras
1 cup beras ketan (putih)
1 batang sereh, memarkan
3 lembar daun salam
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt garlic bubuk
3/4 sdt kunyit bubuk
1 1/4 sdt garam
300 ml santan
450 ml air *

Cara membuat:
Masak seperti memasak nasi biasa dalam rice cooker.

Cara mencetak nasi dalam kerucut:
Siapkan cetakan khusus tumpeng, kalau tidak ada cetakan dari aluminium, dapat menggunakan topi kertas berbentuk kerucut. Alasi seluruh permukaan bagian dalamnya dengan kertas roti/wax paper.

Masukkan nasi (panas-panas) kedalam cetakan tersebut sedikit demi sedikit sambil ditekan-tekan supaya padat dan berbentuk. Gunakan lap yang dimasukkan kedalam plastik untuk menekan-2nya, maksudnya biar tangan tidak panas.

Untuk mengeluarkannya, balik cetakan, dan taruh didalam wadah yang sudah disediakan. Tumpeng siap dihias sesuai dengan keinginan.

* Bila kurang airnya, silahkan ditambahkan, karena kemungkinan jenis beras berbeda.

Temukan semua

Nasi Tumpeng - Nasi Kuning - Masakan Nasi - Masakan Nasi TumpengMasakan Tumpeng - Aneka Tumpeng - Tumpeng Catering dan Nasi Tumpeng & Nasi Kuning : Masakan Nasi Tumpeng – Aneka Tumpeng Catering Bekasi semua ada di 88DB.Com

{ 0 komentar ... read them below or add one }