Langkah Melakukan Car Rental

Diposting oleh malamjumat on Apr 21, 2009


Sebelum menyewa mobil
Berapa lama Anda akan menggunakan jasa rental mobil ini? itu merupakan pertanyaan pertama yang harus dipastikan ketika Anda akan melakukan sewa mobil. Jika Anda hanya akan mengunakan jasa ini kurang dari seminggu, akan lebih baik Anda menggunakana jasa perusahaan penyewaan mobil yang besar. Untuk penyewaan lebih dari satu minggu, Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik jika harus menggunakan penyewaan lokal, terutama pada para pedagang mobil. Namun Anda perlu waspada pada perusahaan penyewaan lokal jika Anda akan banyak bepergian, karena jika terjadi kerusakan atau kecelakaan, biasanya mereka kurang dalam dukungan servis, tidak seperti perushaan penyewaan besar.

Sumber Internet
Selalu bandingkan harga, bahkan lihatlah harga-harga jasa sewa mobil di internet. Kadang perusahaan-perusahaan besar hanya memberi diskon yang hanya dicantumkan di internet, ambil keuntungan dari situ. Periksa pula pusat penyewaan mobil, begitu pula situs-sitis jasa sewa mobil individual. Jika Anda memsan secara online, baca dengan hati-hati segala aturan yang berlaku. Jika Anda memesan melalui telepon, pastikan untuk menanyakan kepada agen sewa mobil tersebut tentang aturan-aturan yang berlaku. Sebaiknya Anda telah melakukan seleksi dari beberapa perusahaan penyewaan seelum akhirnya Anda memutuskan untuk malakukan pemesanan.

Ketika akan menyewa
Untuk perusahaan penyewaan yang besar, jangan lupa tanyakan tentang diskon yang mungkin ada di pamflet bulanan mereka atau kerjasama yang mereka jalin dengan program kartu kredit yang mungkin Anda miliki. Kadang tawaran-tawaran itu sangat bagus. Atau Anda bekerja pada perusahaan yang kerap menyewa mobil, biasanya mereka punya harga negosiasi, jangan lupa untuk memeriksa.

Pastikan Anda memahami kondisi pemesanan rental mobil Anda. Apakah ada penalti yang harus dibayar jika tidak jadi, berapa lama mobil akan tetap bisa digunakan seandainya Anda terjebak dalam kemacetan ketika aan mengambilnya, apakah ada biaya tambahan untuk sopir dan apakah nama mereka harus dicantumkan dalam kontrak, apakah ada batasan umur bagi pengendara? Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk diajukan sebagai jaminan. Kalau perlu tanyakan juga tentang aturan-aturan untuk perjalanan antar kota kepada jasa rental mobil tsb. Untuk perlindungan Anda jika terjadi kecelakaan, pastikan alamat cabang perusahaan penyewaan tersebut di kota-kota yang akan Anda kunjungi. Untuk penyewaan sekali jalan, tanyakan tentang biaya drop off. Kadang ini bisa melebihi harga biasanya.

Harga dasar
Harga yang Anda lihat pada iklan jasa rental mobil kadang akan dikenai pajak negara atau daerah, biaya tambahan di lapangan udara, biaya tambahan untuk supir, asuransi, tagihan bahan bakar atau biaya drop off yang pada akhirnya menyebabkan Anda harus membayar dua kali lipat dari yang Anda bayangkan.

Seperti perusahaan penerbangan, perusahaan car rental yang besar juga mengadopsi "manajemen lapangan". Artinya komputer mereka akan dengan segera menyesuaikan harga sesuai harga berdasarkan perubahan pada jumlah kendaraan yang tersedia. Ini juga berarti harga yang Anda lihat hanya berlaku untuk waktu itu saja. Kecuali jika Anda melakukan pemesanan pada saat itu juga, harga mungkin tidak akan berubah.

Saat pengambilan mobil
Untuk perjalanan pertama dari airport menuju hotel tempat Anda menginap lebih baik gunakan transportasi umum. Ini akan menghemat car rental selama sehari. Lebih baik Anda mengambil mobil sewaan Anda langsung di tempat penyewaannya. walaupun Anda melakukan perjalanan pada hari yang sama dengan waktu kedatangan Anda, paling tidak Anda tidak akan terkena biaya tambahan di airport.

Waspada pada pembayaran bahan bakar di muka. Selalu penuhi tangki bensin mobil sebelum Anda mengembalikan kendaraan karena peusahaan penyewaan mobil akan mengenakan biaya yang cukup tinggi hanya untuk beberapa liter bensin saja.

Sebelum meninggalkan tempat penyewaan, perhatikan dengan seksama kerusakan mobil yang Anda sewa. Pastikan lampu kendaraan dan lampu sen mobil bekerja dengan baik. cek juga alat pengukur jaraknya. LAporkan kerusakan-kerusakan yang Anda temukan secara personal kepada perusahaan penyewaan sebelum Anda meninggalkan tempat tersebut.

Saat pengembalian
Waspadalah ketika Anda mengembalikan mobil lebih cepat dari perkiraan yang telah Anda sepakati. Harga sewa bisa jadi lebih mahal, karena perhitungannya bisa berubah. Pastikan juga Anda ada saat pegawai mobil memeriksa badan mobil yang Anda sewa dan tercapai persetujuan antara Anda dengan petugas tersebut. Perhatikan kesepakatan yang Anda buat dengan penyewaan tempat tersebut sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lain.


www.rajaraja.com


Temukan informasi lainnya mengenai Car Rental Jakarta - Rental Mobil - Sewa Mobil - Jasa Rental Mobil - Jasa Sewa Mobil - Car Rental hanya di Rental & Sewa Mobil : Jasa Rental & Sewa Mobil - Car Rental Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }