Hukum Pemotongan Aqiqah

Diposting oleh Unknown on Apr 23, 2009




Pemotongan AqiqahAhmad bin Hambal berbicara tentang aqiqah, ia berkata : “Penyembelihan dilakukan pada hari ketujuh, jika tidak maka pada hari keempat belas, dan jika tidak maka pada hari kedua puluh satu”. Dalam hadits yang dibawakan oleh Al-Baihaqi juga terdapat keterangan yang serupa dengan hal tersebut. Ada beberapa ulama berpendapat bahwa jika pada hari-hari tersebut belum juga dapat dilakukan penyembelihan maka penyembelihan dapat dilakukan pada hari-hari lainnya yang memungkinkan.Apabila hari Iedul Adha (Iedul Kurban) bertepatan waktunya dengan hari aqiqah maka cukuplah dilakukan pemotongan seekor domba untuk keduanya sekaligus.

Hukum Pemotongan Aqiqah

Telah dikatakan bahwa bila seeorang tidak mampu melaksanakan Aqiqah Kambing maka tidak ada keharusan baginya memaksakan diri untuk melakukannya. Ada pula yang membenarkan melaksanakan Aqiqah Kambing dengan modal pinjaman demi untuk menghidupkan sunah Rasul dan dengan harapan insya Allah Dia akan menggantinya dengan rizki yang lebih besar.Cobalah anda cari Layanan Akikah & Jasa Akikah yang profesional.

Muhammad bin Ibrahim berkata : “Aqiqah itu diperintahkan meskipun berupa seekor burung”. Sedangkan para ulama masih berselisih pendapat dalam menilai hukum aqiqah itu, apakah wajib hukumnya atau terpuji hukumnya. Pelaksanaan Layanan Akikah atau Aqiqah Anak tidak dibenarkan dilakukan secara kolektif seperti halnya dengan pelaksanaan kurban, anda dapat mencari domba aqiqah di Layanan Akikah & Jasa Akikah karena

Hikmah dan Syarat-syarat Aqiqah

  • Sebagai pernyataan gembira atas diberinya kekuatan untuk melaksanakan syariat Islam dan dianugerahinya seorang anak yang muslim yang diharapkan kelak akan mengabdikan dirinya hanya kepada Allah Swt semata.
  • Membiasakan berkurban bagi orang tua/wali untuk Aqiqah Anak atau si jabang bayi sejak pertama kali kelahirannya di dunia.
  • Melepaskan penghalang-penghalang pada si bayi dalam memberikan syafaat kepada orang tua mereka kelak.
  • Melindungi dari gangguan setan sehingga setiap anggota tubuh aqiqah berguna untuk menebus seluruh anggota tubuh si bayi.
  • Pada waktu memotong aqiqah juga diucapkan apa yang diucapkan pada waktu memotong kurban yaitu Bismillah.
  • Lebih diutamakan memasak aqiqah dan tidak diberikan dalam keadaan mentah untuk mempermudah para fakir miskin dalam menikmatinya, dan ini lebih terpuji.
  • Umur aqiqah yang disembelih adalah sesuai dengan yang diperintahkan, sehat, dan tidak cacat.
  • Tidak sah bila dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa orang dengan memotong seekor domba untuk beberapa anak dari mereka.
  • Sebaiknya Paket Akikah & Paket Aqiqah itu berupa domba, walau ada juga yang menyembelih seekor unta, sapi, atau kerbau.
  • Diutamakan memotong aqiqah itu atas nama si bayi. Sabda Rasul Saw :
  • “Sembelihlah atas namanya”, artinya diniatkan atas nama si bayi dengan mengucapkan :
  • Dengan asma Allah, ya Allah untuk-Mu dan kepada-Mu, ini adalah aqiqah si fulan.” Penyembelihannya yang baik dilakukan sesudah matahari terbit.
  • Apa yang terpuji pada pemotongan Paket Akikah & Paket Aqiqah adalah sama seperti yang terpuji pada pemotongan kurban., yakni dagingnya disedekahkan. Ynang baik adalah sepertiga dikonsumsi sendiri, sepertiga dihadiahkan, dan sepertiga disedekahkan.
  • Tidak diperkenankan menjual kulit aqiqah atau dijadikan bayaran penyembelihan. Harus disedekahkan atau diambil untuk kepentingan orang yang mengadakan aqiqah.
  • Bagi orang yang mengetahui bahwa oleh orang tuanya belum disembelihkan Layanan Akikah maka dianjurkan untuk mengadakan. Seperti Nabi telah mengadakan aqiqah untuk dirinya setelah diangkat sebagai Rasul.
  • Sebelum dilakukan penyembelihan aqiqah terlebih dahulu dilakukan pencukuran rambut bayi. Kemudian rambutnya ditimbang dengan perak dan nilainya disedekahkan kepada fakir miskin.
Temukan informasi mengenai Aqiqah Kambing - Layanan Aqiqah - Jasa Aqiqah - Paket Aqiqah - Aqiqah Anak - Paket Akikah - Layanan Akikah - Jasa Akikah dan Aqiqah Kambing: Layanan & Jasa Aqiqah - Paket Aqiqah Anak & Akikah Kambing Jakarta semua ada di 88DB.Com

http://smean4jkt.net76.net/

{ 0 komentar ... read them below or add one }