Hikmah Aqiqah Anak

Diposting oleh Wikey on Apr 29, 2009


Dalam masyarakat Islam, tradisi upacara Akikah Anak biasanya dihubungkan dengan upacara pencukuran rambut dan penamaan anak. Hal tersebut didasarkan pada hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh at-Tirmizi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Hasan dari Samurah yang artinya: “ Setiap anak tergadai dengan akikahnya. Pada hari ketujuh ia disembelihkan akikah/Kambing Akikah itu, rambutnya dicukur, dan diberi nama.” Upacara tersebut merupakan reaksi Islam terhadap tradiri Jahiliah. Sebelum Islam datang, setiap kepala anak yang baru lahir biasa dinodai dengan darah binatang sembelihan, kemudian kebiasaan ini dibatalkan oleh Islam dan diganti dengan Aqiqah Anak.

Hikmah-hikmah Akikah

·Qurban Akikah Merupakan kurban yang mendekatkan anak kepada Allah swt sejak masa awal menghirup udara kehidupan.

· Qurban Akikah Merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat pada hari akhir kepada kedua orang tuanya.

·Akikah Anak Mengokohkan tali persaudaraan dan kecintaan di antara warga masyarakat dengan berkumpul di satu tempat dalam menyembut kehadiran anak yang baru lahir.

·Qurban Aqiqah Merupakan sarana yang dapat merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejala kemiskinan di dalam masyarakat, misalnya dengan adanya Daging Akikah/Kambing Akikah yang dikirim kepada fakir miskin.

Sumber: rumahsantri.multiply.com

Temukan semua Kambing Akikah - Daging Akikah - Akikah Anak - Qurban Aqiqah - Aqiqah Jakarta - Akikah Jakarta - Kambing Aqiqah - Daging Aqiqah - Aqiqah Anak - Qurban Akikah dan Kambing Akikah & Daging Akikah : Akikah Anak - Qurban Aqiqah Jakarta Selatan semua ada di 88DB.Com

{ 0 komentar ... read them below or add one }