Cara Menghitung Berapa Biaya Renovasi Rumah

Diposting oleh malamjumat on Apr 28, 2009


Kita sebagai orang awam konstruksi seringkali masih bingung mengenai bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah, renovasi bangunan. Sebenarnya, gampang sekali menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah kita. Biaya untuk renovasi rumah ini kemudian selanjutnya akan kita sebut sebagai RAB, yang merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Biaya.

Berikut akan beberapa tips mengenai cara untuk menghitung sendiri biaya
renovasi bangunan. Komponen-komponen biaya renovasi rumah yaitu sebagai berikut:

1. biaya bongkar-pasang. Biaya bongkar pasang ini meliputi biaya tenaga, serta biaya material yang diperlukan untuk mengganti dan atau menambal bongkaran yang sengaja dirusak sebelumnya.

2. biaya konstruksi: biaya konstruksi ini meliputi biaya penggunaan tenaga tukang dan material, serta biaya sewa penggunaan alat-alat pendukung konstruksi. Alat-alat pendukung konstruksi
rumah renovasi antara lain berwujud scaffolding atau perancah atau steger, terbuat dari bambu, kayu bekas ataupun bisa juga berbentuk rangkaian besi, traktor penguruk/pembongkar yang disebut backhoe (bahasa kerennya, bego), mesin perata tanah (baby roller, stamper dan stampwals, dll). Semakin besar nilai sebuah proyek konstruksi rumah renovasi, biasanya semakin rumit pula alat-alat pendukung konstruksi ini.

Jumlahkan seluruh komponen biaya RAB pada no 1 dan 2. Hasil dari penjumlahan ini disebut SUB TOTAL 1, bahasa teknisnya adalah bowsome

1 + 2 = SUB TOTAL 1

3. biaya jasa kontraktor atau jasa konstruksi, besarnya adalah 10% dari sub total 1 atau bowsome diatas.

Jumlahkan SUB TOTAL 1 (bowsome) dan komponen 3. Hasil dari penjumlahan ini disebut SUB TOTAL 2, bahasa teknisnya adalah anemingsome.

SUB TOTAL 1 + 3 = SUBTOTAL 2

4. biaya PPn dan PPH, besarnya 1,5 % dari sub total 2 atau anemingsome diatas.

Jumlahkan SUB TOTAL 2 (anemingsome) diatas dengan biaya PPn dan PPH. Hasil akhirnya disebut sebagai RAB TOTAL, atau aansome.

[PPN+PPh] + SUB TOTAL 2 = TOTAL

Nah, Aansome ini lah yang disebut sebagai harga penawaran yang di ajukan oleh kontraktor, pihak
jasa renovasi, jasa renovasi rumah anda.

http://ar-chi-tect.org


Temukan informasi lainnya mengenai
Renovasi Rumah | Renovasi Bangunan | Jasa Renovasi | Jasa Renovasi Rumah | Desain Renovasi | Desain Rumah | Rumah Renovasi hanya di Renovasi Rumah&Bangunan: Jasa Renovasi Rumah&Desain Renovasi Rumah Surabaya Jawa Timur pada 88db.com

{ 4 komentar ... read them below or add one }

Bang Hendra said...

saya mau ruamh saya jadi kontrakan rumah petak..tapi biaya belum terinci mohon bantuannya..luas tanah 223 bangunan 110 m2.untuk 7 petakan berapa biaya yg dibutuhkan..

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi said...

Jasa Perawatan Taman dan Perawatan gedung Kantor serta Perawatan Apartemen,
Tukang Taman, Pembuatan taman, Desain taman, Perawatan Taman Malang, Perawatan Taman Surabaya, Jasa Perawatan Taman, Jasa Perawatan Taman Surabaya, Jasa Perawatan Gedung Malang, Desain Gedung, Perawatan Gedung Mall dan Perkantoran Malang, Perawatan Taman Surabaya, Jasa Perawatan Gedung Mall dan Perkantoran , Jasa Perawatan Gedung Mall dan Perkantoran Surabaya, Jasa Perawatan Gedung Mall dan Perkantoran Malang, telp/ sms Ferdi 085649842128 / http://indonetwork.co.id/bajaringanmurah

Andie Wicaksono said...

kalo mo copy paste artikel, sertakan link aslinya donk mas. malu ah, sesama orang indonesia kok nyolong!
nih artikel aslinya disini nih:
http://ar-chi-tect.org/2008/01/tips-menghitung-biaya-renovasi-rumah/

jasa kontraktor said...

saya punya rumah luas 21/60...sy ingin bangun 2 lantai..gimana ya perincian biayanya..sy punya budget 200jt