Cepat dan Efektif! Solusi untuk Masalah Pipa Saluran Air yang Tersumbat

Diposting oleh shinobi apuy on Apr 28, 2020


Pernah mempunyai masalah pipa saluran air di rumah yang tersumbat? Padahal Anda telah membeli jenis pipa dengan harga pipa terbaik. Harapannya, pipa yang dibeli akan tahan lama. Namun ternyata, banyak yang mengalami masalah ini dan bingung apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. 

Cepat dan Efektif! Solusi untuk Masalah Pipa Saluran Air yang Tersumbat


Jalan tercepat dan simpel adalah memanggil teknik untuk bisa membantu Anda dalam memperbaiki saluran pipa yang tersumbat. Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencoba memperbaiki pipa saluran air yang tersumbat di rumah. 

Air Garam


Garam


Garam merupakan pelarut yang ternyata bisa untuk melancarkan pipa air yang tersumbat dan macet. Larutkan garam dapur setengah kilo dengan air panas sebanyak 5 liter, dan diamkan hingga garam tbenar-benar larut.  

Setelah garam larut menyeluruh, tuangkan seluruh air garam tersebut di saluran pipa yang tersumbat secara perlahan-lahan dan diamkan selama 3 jam. Setelah 3 jam berlalu, tuangkan air untuk memeriksa apakah pipa tidak lagi tersumbat sehingga air bisa keluar dengan lancar. 

Selain untuk pipa yang macet dan tersumbat,  menggunakan air garam ini juga bisa diaplikasikan pada wastafel, wc, kloset, bak cuci piring. Namun, cara ini diperuntukkan hanya untuk pipa dengan bahan logam atau metal.

Air Mendidih


Air Mendidih


Layaknya larutan air garam, ternyata air mendidih pun bisa digunakan untuk mengurangi sumbatan ringan yang terjadi pada pipa saluran air. Masak 1 panci besar air dan biarkan sampai mendidih. Kemudian tuangkan air mendidih secara perlahan di saluran pipa yang ada di wastafel dapur yang tersumbat. 

Lakukan ini berulang kali sampai sumbatannya menjadi larut dan terbawa air tersebut. Penggunaan air mendidih ini khusus untuk pipa yang berbahan dasar logam ataupun metal. 

Soda Api


Soda Api


Pertama kuras dahulu dan pastikan tidak ada lagi genangan air di mulut pipa. Tuang soda api ke dalam saluran pipa secara menyeluruh, dan diamkan sejenak. Setelah beberapa menit, siram dengan menggunakan air panas secara perlahan. Ketika proses penyiraman air, pastikan jaraknya jauh dari wajah untuk menghindari soda api yang bereaksi. Lakukan ini sampai soda api hilang dari saluran pipanya. 

Setelah proses penyiraman soda api selesai, diamkan sejenak. Setelah beberapa menit, cobalah siram kembali dengan air untuk memeriksa apakah air sudah mengalir lancar atau masih tersendat. 

Selain untuk pipa yang tersumbat, penggunaan soda api pun manjur untuk mengatasi noda yang sulit dibersihkan seperti, lemak, kerak pada dinding pipa, bakteri, sabun, rambut, dan lain-lain. Penggunaan soda api ini juga bisa digunakan untuk saluran wc, cucian piring, septic tank, saluran pembuangan air lainnya.

Cuka dan Soda Kue


Cuka dan Soda Kue


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuangkan beberapa sendok makan baking soda, dan cuka di pipa yang terumbat. Diamkan beberapa menit, karena bahan-bahan ini akan bereaksi dengan membentuk busa yang akan membantu menghancurkan sumbatan yang ada.  Lakukan cara ini berulang kali hingga saluran air kembali lancar. 

Saran kami, pastikan untuk menjaga pipa saluran air di rumah dari benda-benda yang dapat menyebabkan sumbatan karena jika didiamkan terus menerus, ini akan membuat pipa saluran air menjadi cepat rusak. 



{ 0 komentar ... read them below or add one }