7 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tepat

Diposting oleh Wikey on Jan 26, 2016


Semakin banyak data pada laptop tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang memadai, salah satunya adalah dengan menggunakan Hard Disk eskternal. Selain bisa memuat banyak data, perangkat ini juga mudah dibawa dan simple dalam pemindahan data. Bahkan saat ini semakin berkembang teknologi Cloud Hosting Indonesia yang menawarkan penyimpanan data yang lebih mudah dan efektif.

7 Tips Memilih Hardisk Eksternal yang Tepat 

Saat ini juga sudah semakin banyak bermacam merek Hard Disk eksternal yang dijual dipasaran. So, biar sobat gak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. Simak tips memilih Hard Disk eksternal yang bagus:

1. Pilihlah Hard Disk eksternal yang bermerek dan dan sudah dikenal dengan kualitasnya, caranya dengan dengan bertanya di beberapa forum computer seperti chip, kaskus dan lainnya. Tanyakan juga pada teman atau saudara yang sudah terlebih dahulu membeli produk ini.

2. Pilih hard disk sesuai dengan OS yang sobat miliki, Apabila pakai menggunakan sistem operasi Windows gunakan HD dengan format NTFS, sedangkan jika pakai OSX, gunakan Hard Disk dengan format HFS.

3. Perimbangkan kapasitas Hard Disk yang akan digunakan, jika untuk keperluan penyimapanan data foto dan video bisa memilih hard disk berukuran besar seperti 500 GB atau 1TB. Semakin besar kapasitasnya, harga juga lebih mahal.

4. Kecepatan rotasi Hard disk juga diperhatikan, karena berpengaruh pada kecepatan membaca data, semakin tinggi  semakin bagus. Kecepatan rotasi berkisar antara 5400 Rpm hingga 10.000 rpm.

5. Cek apakah konektivitas sudah terbaru, misalnya sudah menggunakan port USB 3 yang lebih bagus dari port USB 2.0. Saat ini juga ada yang baru yaitu port thunderbolt yang memiliki kecepatan data dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Namun harganya masih mahal.

6. Gunakan cover yang bagus agar Hard Disk terjaga dari benturan, guncangan, hal ini juga mencegah hard disk juga tidak cepat rusak. Gunakan pelindung dari bahan karet, karena lebih aman.

7. Cek juga fitur keamanan pada hard disk, misalnya fitur backup dan password protection yang membuat pengguna juga makin nyaman.

{ 0 komentar ... read them below or add one }