Obat Tradisional untuk Jerawat

Diposting oleh Wikey on Sep 29, 2011


Jerawat sangat mengganggu sekali, Jerawat dapat timbul di wajah, dada, ataupun punggung. Jerawat adalah suatu kondisi kulit dimana terjadi penyumbatan kelenjar minyak pada kulit disertai infeksi dan peradangan yang lazim pada anak remaja.

Banyak cara untuk mengatasi jerawat dan beragam obat ditawarkan untuk mengatasi gangguan kulit yang satu ini. Dalam bukunya 'Tanaman Obat Penyembuh Ajaib', Herminia de Guzman Ladion mencoba menawarkan cara-cara alami untuk mengatasi jerawat.Satu cara yang dapat menanggulangi munculnya jerawat adalah dengan hidroterapi atau terapi air.

Penderita jerawat dianjurkan untuk mencuci muka dengan air hangat dan gunakan sabun lembut 3 kali dalam sehari. Uapi wajah selama 15 menit setelah dicuci, sekali setiap hari. Jangan menyentuh wajah dengan jari dan jangan memencet jerawat dengan jari. Minum banyak sari buah dan air putih. Tidur cukup, minimal 7 jam sehari dan kurangi atau kalau bisa hindari makanan bertepung, mengandung gula, coklat, dan kacang serta konsumsi banyak buah dan sayur.

Beberapa tanaman dan buah juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh jerawat, diantaranya pepaya, jeruk kasturi, lidah buaya, dan daun romero.Pepaya masak (Carica Papaya) dan Sari Jeruk Kasturi (Citrus)

Campurkan 3 sendok pepaya masak yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan sari buah jeruk kasturi.Tempelkan campuran tersebut pada wajah yang berjerawat setiap kali setelah mencuci wajah. Biarkan hingga 30 menit dan cuci kembali dengan air hangat.

Jika anda tidak mengalami kesulitan, anda dapat membiarkan campuran itu sebagai masker sepanjang malam.Lidah Buaya (Aloe Barbadensis Mill)Kupas kulit daun lidah buaya berukuran sedang. Gosokkan sarinya pada wajah setiap kali selesai mencuci wajah dengan air hangat.

Dengan perlakuan yang sama dengan masker dari pepaya dan jeruk kasturi, anda dapat membiarkannya sepanjang malam jika anda tahan.

Daun Romero (Ros Marinus Officianalis) Hancukan 5 helai daun dan peras sarinya. Bubuhkan sarinya pada wajah setelah mencuci wajah dengan air hangat. Biarkan sepanjang malam.Jika anda teratur merawat wajah dengan bahan-bahan alami seperti di atas, niscaya anda akan mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat dan segar sepanjang hari.

Sumber:id.shvoong.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

tissue majakani dr boyke said...

mantab artikelnya, terima kasih atas infonya