Tips Membuat Gambar Rumah

Diposting oleh Si Jenggot on Jul 26, 2011





Gambar rumah atau denah rumah bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda yang ingin membangun ataupun merenovasi rumah. Dengan gambar tersebut, anda bisa dengan mudah membangun rumah anda karena gambar rumah bisa berfungsi sebagai petunjuk anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan rumah yang anda inginkan dan mengestimasi dana yang anda perlu keluarkan untuk rumah anda. Apa sajakah langkah-langkah menggambar denah rumah?

denah rumah


Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar tentang hal-hal yang anda inginkan di rumah anda. Tentukan ruang yang anda butuhkan di rumaha anda, termasuk jumlah kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga yang anda inginkan. Bersamaan dengan itu, anda juga perlu memutuskan model rumah yang cocok untuk keinginan anda. Desain rumah yang anda buat harus bisa mewakili seluruh criteria anda.



Langkah kedua yaitu dengan menentukan posisi masing-masing ruangan di rumah anda. Untuk itu, anda bisa melakukannya dengan menggambar diagram bubble sehingga anda bisa menentukan ruangan mana yang harus terletak berdekatan. Lalu apa itu diagram bubble? Diagram ini sebenarnya hanyalah daftar ruangan dan garis yang menghubungkan masing-masing ruangan tersebut. Dengan diagram ini, anda juga bisa melihat hubungan antara masing-masing ruang yang ada di rumah anda. Hal ini juga penting untuk membantu anda membuat desain lantai rumah anda.

Setelah anda bisa melihat hubungan dari masing-masing ruang tersebut, anda sekarang bisa menentukan ukurannya. Sekarang, gambarlah dengan menggunakan skala tertentu. Dengan gambar ini, anda bisa melihat bagaimana bentuk rumah anda nantinya. Selain itu, gambar ini juga berfungsi sebagai landasan bagaimana rumah anda akan dibangun.

Langkah yang terakir adalah dengan membuat rencana lantai. Ini masih berhubungan dengan penempatan masing-masing ruangan dirumah anda. Membuat rencana lantai tidak berarti anda harus menggambar pintu dan jendela.

Jika anda yakin bahwa semua sudah selesai, anda tidak perlu langsung membangunnya, anda bisa memeriksa ulang gambar rumah atau denah rumah yang telah anda buat. Jika anda masih menemukan kejanggalan, anda bisa membenahinya sampai anda benar-benar yakin bahwa semua sudah siap untuk dibangun. Jika anda masih ragu juga, anda bisa mempercayakan semuanya pada jasa desain rumah.(rumahbangun.com)

Info Terkait: Arsitek

{ 0 komentar... read them below or add one }