Resep Kue Basah: Lapis Tepung Beras

Diposting oleh Si Jenggot on Jun 7, 2011







Melihat bentuknya saja, kita pasti Ngiler :) ya, betul lapis tepung beras namanya. Kunci kelezatan kue basah berlapis ini adalah kombinasi tepung beras, tepung kanji dan santan yang pas. Rasanya yang legit dan gurih makin istimewa dengan aroma pandan yang harum.

kue basah


BAHAN:

* 1000 ml santan, dari satu setengah butir kelapa
* 1 sdt garam
* 3 lembar daun pandan, robek-robek, ikat simpul
* minyak goreng untuk olesan
* 250 gram tepung beras
* 100 gram tepung kanji
* 300 gram gula pasir
* 50 ml air daun pandan-suji **
* pewarna makanan warna merah

CARA MEMBUAT LAPIS TEPUNG BERAS:

1. Masukkan santan, garam dan daun pandan ke dalam panci, jerang di atas api, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat. Sisihkan hingga agak dingin. Didihkan air dala dandang, olesi loyang persegi ukuran 20 x 20 x 5 cm dengan minyak, sisihkan.
2. Campur tepung beras, tepung kanji dan gula pasir, aduk rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan licin.
3. Bagi adonan manjadi 3 bagian. Campur satu bagian dengan air daun sui-pandan, satu bagian lagi dengan pewarna merah dan biarkan satu bagian lagi berwarna putih.
4. Didihkan air dalam dandang, masukkan 100ml adonan hijau ke dalam loyang, kukus dalam dandang dengan tutup yang sudah dibungkus serbet selama 5 menit hingga adonan mengeras. Tuangi 100ml adonan berwarna putih, ratakan.
5. Kukus kembali hingga mengeras (kurang lebih 5 menit), masukkan 100 ml adonan berwarna merah. Ulangi melapis hingga seluruh bahan habis. Tutup dandang, kukus kembali selama 25-30 menit hingga seluruh bahan cukup matang.
6. Angkat, keluarkan dari dandang, dinginkan. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong bentuk wajik menjadi kurang lebih 24 potong (atau sesuai selera).

** Cara membuat pandan-suji: Tumbuk 3 lembar daun pandan dan 12 lembar daun suji, tambah 30 ml air, peras, saring airnya sebanyak 50 ml.

Semoga sukses ya dengan kue buatannya, ditunggu aja resep-resep kue basah selanjutnya

sumber:sedapsedap.com

{ 0 komentar... read them below or add one }