Tips Mensiasati Talang Genteng Yang Bocor

Diposting oleh pulat on Sep 1, 2010





Musim penghujan hampir selalu identik dengan penyakit kronis ‘atap bocor’ bagi sebagian besar penghuni rumah di negeri ini. Ini berarti musim panen bagi bapak-bapak tukang untuk job memperbaiki kebocoran rumah. Bila kebetulan atap rumah kita bocor tinggal panggil pak tukang, beli material, atau yang sampai bongkar rumah kita sampai-sampai membeli desain murah hanya untuk membetulkan atap rumah kita yang bocor .

Namun buat sebagian saudara kita yang lagi pas-pasan duitnya, apakah ada cara murah buat mereka untuk menambal atap atau talang seng yang bocor? Jawabnya ada, asal mau untuk mengerjakannya sendiri (do it yourself). Murah dan mudah sekali caranya tidak perlu membeli desain murah hanya untuk memperbaiki atap rumah yang bocor, yaitu dengan memanfaatkan styrofoam, alias gabus bekas pelindung alat elektronik (misalnya mesin cuci, televisi, kulkas, AC dan sebagainya) yang biasanya banyak dibuang di tempat-tempat sampah. Gratis kok, asal nggak malu buat memungutnya. Syukur-syukur kalo punya tetangga yang baru beli kulkas belum dibuang, jadi gak perlu nyari jauh-jauh...

Satu-satunya bahan yang harus kita beli adalah bensin sekitar seperempat botol. Itu lho bahan bakar minyak alias BBM yang biasa dijual buat sepeda motor atau mobil. Jika harga sebotol bensin eceran saat ini sekitar 5000 rupiah atau pertamax yang harganya 6300, lumayan sisanya bisa buat ngisi BBM motor

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Potong gabus styrofoam tadi menjadi ukuran potongan kecil-kecil, sekitar 10-20 cm.
2.Masukkan bensin kedalam kaleng bekas cat atau gelas bekas air mineral.
3.Masukkan potongan gabus kedalam bensin, aduk sampai larut sempurna.
4.Ambil lap kering, dan bersihkan lokasi yang bocor dari kotoran.
5.Tempelkan adonan tadi dengan kuas atau batang kayu hingga tertutup secara merata.
6.Biarkan kering dengan sendirinya.
7.Tunggu beberapa saat, dan sekarang adonan tersebut akan mengeras secara cepat seraya menutup atap atau talang seng yang bocor tersebut.

Memang daya tahan dari adonan tersebut tidak lama, paling sekitar 6 bulan sudah mulai retak akibat panas sinar matahari, tapi paling tidak selama musim hujan ini rumah sudah terbebas dari masalah atap bocor. Siapa tahu 6 bulan lagi sudah ada rezeki buat memperbaiki atap rumah yang bocor dan lebih bagus dapat membeli desain murah untuk membangun rumah kita, kalo belum ada ya menjelang musim hujan tahun depan silahkan ditambal lagi dengan cara yang sama. Mudah dan murah kok, asal mau mengerjakannya sendiri.

http://birobangunan.blogspot.com/

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }