Cara Mudik Hemat dan Murah

Diposting oleh Unknown on Sep 7, 2010


Berdasarkan fenomena dan euforia mudik yang melanda umat Islam, khususnya di Indonesia, berikut ini beberapa tips berhemat saat mudik lebaran. Sehingga para pemudik bisa tetap menjalani tradisi pulang kampung yang biasa terjadi tahunan ini meski harus melewati masa-masa kritis namun tanpa harus meninggalkan esensi dari "perayaan kemenangan" yang sebenarnya.

Waktu untuk Pulang Kampung

Saat memutuskan pulang kampung , hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapan akan mudik. Rencanakan dengan matang, bisa sebelum atau sesudah hari raya. Ini terkait erat dengan sarana transportasi yang akan digunakan selama mudik apakan dengan transportasi udara seperti kapal terbang, transportasi laut seperti kapal laut, trasportasi darat seperti bus, sewa mobil jakarta dan sebagainya. Waktu mudik lebaran yang diberikan juga disesuaikan (diatur sefleksibel mungkin) dengan jatah libur yang ada.

Jika memutuskan mudik dengan sarana transportasi umum seperti kereta api, pesawat atau bis, segera siapkan tiket agar tidak kehabisan. Pilih juga sarana transportasi yang aman, nyaman dan disesuaikan dengan kondisi keuangan. Baiknya, tentukan juga berapa lama Anda akan mudik, termasuk perjalanan dan menghabiskan liburan di kampung halaman. Ini untuk menyiasati kapan Anda harus membeli tiket balik sebelum kehabisan atau terkena tuslah. Jika Anda menggunakan sewa rental mobil sebaiknya Anda harus pintar memilih perusahaan tersebut.

Anggaran Biaya Mudik Lebaran

Hal ini penting untuk dipikirkan sebelum Anda memutuskan mudik / pulang kampung tahun ini. Agar tidak membuat kacau kondisi keuangan, sebaiknya tentukan anggaran keuangan yang dibutuhkan. Susunlah daftar kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mudik lebaran. Mulai dari biaya tiket Pulang-Pergi (PP), sewa mobil jakarta, buah tangan, sangu, angpao dan biaya-biaya lain yang tak terduga sepanjang perjalanan mudik ke kampung halaman Anda.

Jangan Bawa Barang yang Banyak

Dengan alasan mulia membahagiakan dan menyenangkan keluarga atau teman di kampung halaman, kebanyakan kita tidak perduli bagaimana repotnya membawa barang banyak selama mudik lebaran, sebagian dari kita kemudian berpikir untuk memborong banyak buah tangan. Meski tidak ada salahnya, namun sebenarnya hal ini bisa disiasati. Lain halnya jika kita membawa atau menyewa mobil kita bisa membawa barang – barang atau oleh – oleh untuk teman atau keluarga di kampung namun Anda juga harus menyewa mobil yang cukup besar di sewa rental mobil.

Selamat pulang kampung dan berhati – hati di jalan. erick

{ 0 komentar ... read them below or add one }