5 Cara Jitu Merawat “baby clothes”

Diposting oleh pulat on Sep 14, 2010




Memilih baby clothes untuk anak anda, apalagi yang masih bayi memang harus teliti. Pasalnya kulit bayi masih sangat sensitif. Salah memilih bahan atau pakaian bisa menjadi masalah nantinya. Kulit bayi mudah sekali menyerap zat-zat yang menempel pada permukaan kulitnya. Zat-zat berbahaya tersebut bisa terdapat pada pakaian yang dikenakannya.

Untuk itu, menjaga kesehatan kulit bayi ini harus diperhatikan dari hal terkecil, misalnya bahan pakaian baby clothes, tekstur, bentuk hingga ornamen yang terdapat pada baby clothes. Jika tekstur bahan pakaian bayi kasar maka friksi (pergesekan) antara kulit bayi dan bahan akan membuat kulit bayi iritasi. Kulit bayi mengandung kadar lipid yang tinggi sehingga memudahkan iritan melewati kulit.

Kontak baju atau pakaian tidak hanya pada bagian tangan, tetapi juga hampir seluruh tubuh, untuk itu pilih pakaian anak yang aman dan nyaman untuk keseluruhan tubuhnya. Aman dalam arti tidak membahayakan, dilihat dari materi bahan pakaian yang digunakan, bahan yang terbaik adalah bahan katun, kemudian tidak luntur karena proses pewarnaan yang kurang tepat, tidak menimbulkan rasa gatal atau alergi di kulit serta patut diperhatikan penggunaan aksesori, pakaian jangan sampai membahayakan tubuh.

Sebaiknya kenakan pakaian hangat saat cuaca dingin dan tipis pada cuaca panas, serta sesuaikan dengan kondisi lingkungan anak. Faktor lain dari nyaman adalah pakaian harus memiliki sirkulasi udaranya yang baik, tidak terlalu ketat, berbahan lembut, dan dapat dengan mudah menyerap keringat.

Berikut Tips Mencuci Baby Clothes

Sebagian besar orang tua berpikir untuk menggunakan deterjen khusus untuk mencuci pakaian bayi mereka, tapi ada juga yang menggunakan deterjen yang biasa dipakai untuk cucian pakaian dewasa diberikan juga untuk pakaian bayi. Terlepas yang manakah anda pilih beberapa hal di bawah ini dapat menjadi pertimbangan dalam mencuci pakaian bayi, yaitu :

* Mencampurkan cucian baby clothes dengan pakaian seluruh anggota keluarga tidak akan mengiritasi kulit bayi anda, sekalipun jika bayi anda memiliki alergi, eksim, atopik dermatitis atau kulit sensitif.
   
* Deterjen khusus bayi tidak mutlak digunakan. Namun, bila deterjen biasa tidak membersihkan sebaik yang anda inginkan maka deterjen cair merupakan pilihan terbaik, karena cocok untuk semua jenis pakaian.
   
* Pada setiap deterjen yang digunakan uji terlebih dahulu pada sehelai baby clothes. Jika setelah dikenakan pada bayi tidak menimbulkan iritasi, maka pilih deterjen yang tidak mengandung pewarna atau pewangi.
   
* Satu-satunya baby clothes yang harus dipisahkan dari cucian lainnya adalah popok (bila anda menggunakan diapers kain sebagai pengganti diapers plastik) karena sifat dari kandungan deterjen dapat menyebabkan ruam popok.
   
* Hindari produk antistatik atau pelembut pakaian yang notabene mengandung pewangi yang dapat mengiritasi kulit bayi anda. Selalu gunakan air panas dan dua kali pembilasan.


http://dokteranakku.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 1 komentar ... read them below or add one }

obat alergi said...

kulit bayi yang sangat sensitif dan mudah alergi perlu penangan khusus...sayang anak