Pilah Pilih Rumah KOst

Diposting oleh Wikey on Aug 20, 2009


Menjadi anak rantau di kota besar demi melanjutkan jenjang pendidikan, bukanlah suatu hal yang sulit. Jika dijalankan dengan sepenuh hati, hari-harimu menjadi anak kuliah sekaligus anak kos pasti akan menjadi lebih menyenangkan.

Asal tahu kuncinya, hidup nge-kos itu nggak bakal bikin kamu sengsara kok. Justru, akan membuatmu lebih mandiri dan banyak pengalaman. Ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan dengan baik sebelum menentukan Tempat Kost Murah, yaitu:

Harga Damai
Hal yang satu ini adalah faktor paling penting. Kamu nggak boleh memaksakan diri tinggal di Rumah Kost yang mahal tetapi tidak sesuai dengan budget bulanan dari orang tua. Kecuali, jika kamu sudah punya penghasilan sendiri. Malu kan kalau kamu mesti ngutang sana sini buat nambahin uang kos?

Lokasi Strategis
Agar lebih menghemat pengeluaran, sebaiknya pilih Rumah Kost Murah yang jaraknya dekat dengan kampus. Dengan begini, kamu nggak akan mengeluarkan uang untuk membayar ongkos kendaraan. Lagipula, membiasakan diri dengan berjalan kaki setiap hari tentunya lebih menyehatkan. Selain itu, kamu juga mesti tahu apakah daerah sekitar Kost Murah-an tersebut aman pada malam hari? Jika daerah itu sering menjadi tempat nongkrong orang-orang yang 'nggak jelas' di malam hari, mendingan lupain aja deh!

Kebersihan Air
Kondisi air sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Pikir dua kali deh kalau Tempat Kost Murah yang akan kamu tinggali memiliki air yang nggak bersih. Inget lho, pada air yang kotor kemungkinan terdapat jamur candida albicans (penyebab keputihan dan rasa gatal di vagina). Bila tidak ada pilihan Rumah Kost Murah yang lain, kamu bisa mengakali air yang kotor dengan membeli filter air atau merebusnya terlebih dahulu.

Fasilitas Umum 24 Jam
Menjadi anak kos, bukan berarti kan kamu hanya bisa mengkonsumsi mie instan saja? Untuk memenuhi kebutuhan makan, sebaiknya pilihlah daerah Rumah Kost yang dekat dengan rumah makan atau warteg. Akan lebih bagus lagi, jika kamu bisa menemukan tempat Kost Murah yang berdekatan dengan warnet, wartel atau mini mart yang buka 24 jam. Bikin tugas mendadak atau kelaperan tengah malam bisa diatasi deh!

Jalin Hubungan baik
Ketika kamu jauh dari kelurga, ibu atau bapak kos menjadi sosok pengganti orangtuamu. Sebisa mungkin jalinlah hubungan yang baik dengan mereka. Nggak ada ruginya kan bersikap sopan kepada orang yang lebih tua? Lagipula, dengan menjalin hubungan kekeluargaan, siapa tahu mereka bisa bersikap lebih 'bijaksana' ketika kamu telat mendapat kiriman bulanan. Enak kan punya induk semang yang baik hati?

beyoucorner.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }