Pertimbangan Saat Desain Kolam Renang

Diposting oleh Unknown on Aug 18, 2009



“byur….” Bunyi yang identik dengan air ini seakan menggelitik hati untuk segera berendam dan menikmati dinginnya air di tengah udara panas. Menghadirkan kolam renang di lahan belakang rumah menjadi salah satu solusinya.

Kehadiran kolam renang atau waterpark ini juga bisa dijadikan sanctuary untuk melepas lelah dengan penataan yang baik. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk membuat kolam renang:

Sebaiknya waterpark tidak diletakkan dekat dengan pohon atau tumbuhan lain yang memungkinkan daunnya jatuh ke kolam. Hal ini akan membuat kolam menjadi cepat kotor sehingga dibutuhkan perawatan ekstra.

Bentuk kolam dapat disesuaikan dengan besarnya lahan yang tersedia dan unsur estetika. Bentuk kolam yang selama ini dijumpai biasanya berbentuk standar-persegi panjang, angka delapan, atau memliki lebih banyak lekukan. Walaupun terlikat lebih menarik, bentuk angka delapan d lahan yang kecil biasanya kurang mencukupi karena ukuran kolam akan menjadi sangat kecil. Lebih baik bila menggunakan bentuk persegi panjang karena dapat memanfaatkan setiap inci dari lahan yang tersedia. Satu hal yang perlu diingat, walaupun lebar water park tidak terlalu besar setidaknya kolam memiliki panjang yang cukup mengingat jalur inilah yang digunakan untuk berenang.

Perhatikanlah arah datangnya matahari karena hal ini memengaruhi panas tidaknya air di kolam renang atau water park. Bila anda tidak mau mendapat terpaan sinar matahari terlalu banyak, letakkan kolam renang di bagian selatan di mana intensitas sinar matahari tidak terlalu besar.

Tingkat kedalaman harus dipertimabngkan dengan matang, terutama bila kolam ini juga digunakan bagi anak atau keponakan anda yang masih kecil. Sebaiknya lantai kolam renang dibuat landai untuk membedakan antara yang rendah dan yang dalam sehingga tidak mengagetkan orang-khususnya yang belum mahir berenang.

Teknik lampu pada water boom pun patut diperhatikan. Penerangan yang baik akan membuat kolam terlihat lebih indah di malam hari dengan menampilkan tekstur permukaan air dan kolam secara keseluruhan. Walaupun belum tentu berenang di malam hari, anda dapat sekadar menikmatinya.

Perhatikanlah keramik yang digunakan untuk lantai water boom. Untuk faktor keamanan, sebaiknya gunakan jenis lantai keramik yang memiliki tekstur di permukaanya agar tidak licin.

Rumahku.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }