Opor Ayam Lebaran

Diposting oleh Unknown on Aug 5, 2009




Sajian ketupat lebaran dengan gulai, opor, dan rendang, pasti menjadi menu favorit setiap keluarga di hari lebaran. Belum lagi kue lebaran yang sangat menggugah selera berjajar di meja ruang tamu menggoda untuk dicicipi. Sebut saja kue lebaran seperti kastangel, nastar, brownies, cake, lapis legit, dan tiramisu yang sangat menggoyang lidah dengan sajian paket ketupat dan paket kue.

Benar. Siapa pun harus waspada. Di balik kelezatan semua hidangan lebaran tersebut, diperlukan kebijakan berpikir sebelum menyantapnya. Seperti yang diutarakan dr. Titi sekarindah, ms, spgk, semua makanan yang terhidang di hari lebaran pada umumnya mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, harus dibatasi saat menyantap
paket ketupat dan paket kue.

Tips makan sehat

agar berat badan tak melambung setelah berpuasa, simak tips dari titi berikut ini:

hindari kuah. Makanlah
ketupat lebaran dengan opor, gulai atau rendang, jangan dengan kuahnya. Cukup daging dan ampasnya saja. Sebisa mungkin santap daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa gajih/ lemak.
pilih makanan yang tidak digoreng. Ganti makanan yang biasa digoreng dengan dipanggang, di-steam, dikukus, direbus, atau dipepes.
tambahkan menu-menu sehat. Misalnya, sup sayur hijau tanpa santan, pepes ikan, semur, soto, lalapan, asinan betawi, rujak, atau urap.
hidangkan buah potong. Lebih baik menyantap buah potong daripada es buah yang memerlukan banyak gula. Namun ingat, buah pun berkalori tinggi. Cukup empat porsi buah per hari, misalnya satu buah apel atau jeruk saja.
minum air putih. Hindari soft drink, punch, atau sirup. Perbanyak minum air putih setelah menyantap berbagai makanan.

Dukung kampanye stop dreaming start action sekarang

http://www.tabloidnova.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }