Ikan Hias Air Tawar

Diposting oleh Unknown on Aug 10, 2009




Supaya budidaya
ikan air tawar yang dijalankan berhasil sesuai dengan yang ditargetkan, pembudidaya harus mampu mempertimbangkan bebagai factor. Salah satu factor tersebut adalah memiliki pengetahuan dalam memilih ikan air tawar yang berkualitas, yakni sesuai dengan kondisi lokasi budidaya, mudah dibudidayakan, laku dipasaran, dan tentunya menciptakan kenyamanan tersendiri bagi pembudidaya ikan air tawar.

Bisa jadi
ikan air tawar yang cocok dan berhasil dibudidayakan disuatu daerah belum tentu cocok untuk daerah yang lainnya karena banyak factor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain sumber air, suhu lingkungan, serta kondisi kolam yang ada.

Faktor lain yang juga harus diperhatikan adalah jenis ikan air tawar yang akan di budidayakan atau menjual ikan. Setiap jenis ikan memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk itu, pembudidaya harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

A. Penguasaan tehnik budidaya benih ikan. Untuk memulai usaha budidaya ikan tentu teknologi budidaya yang digunakan harus dapat dikuasai terlebih dahulu sehingga pembudidaya akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaannya.
B. Pilih benih ikan tawar yang mempunyai ketahanan tubuh baik seperti di penjual ikan air tawar. Seperti halnya mahluk hidup lainnya, ikan juga mudah mengalami stress atau kematian. Terutama bila kondisi lingkungan hidupnya buruk. Oleh karena itu, ikan yang cukup tahan lebih mudah dalam menanganinya karena tidak memerlukan banyak penanganan khusus.
C. Stabilitas harga benih ikan air tawar. Ikan yang akan dibudidayakan sebaiknya memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan dalam segmentasi dan kondisi apapun.tujuannya adalah supaya ikan yang dihasilkan tetap laku dipasaran dengan harga yang bagus, meskipun dijual dalam segmen benih atau konsumsi disegala ukuran.
D. Relatif digemari masyarakat. Ikan air tawar yang sudah dikenal dengan citarasa yang enak dan digemari masyarakat tentu akan lebih menguntungkan karena daya serapnya cukup bagus sehingga mudah dipasarkan.
E. Pertumbuhannya benih ikan air tawar sangat cepat. Ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cepat lebih menguntungkan karena pemberian pakan dan waktu pemeliharaan menjadi sebentar. Pertumbuhan ikan yang cepat dapat dipacu dengan memanfaatkan pakan dengan gizi yang baik dan takaran yang optimal.
F. Pakan ikan mudah didapat. Kemudahan dalam memperoleh pakan dengan harga yang murah merupakan salah satu factor yang bisa meminimalisir biaya produksi dan jual ikan air tawar sehingga keuntungan yang diperoleh bisa maksimal

Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang


http://www.empangraddina.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Tatan said...

artikelnya menarik mas, mau bertukar link dengan saya?