Cara Membuat Ice Cream

Diposting oleh karpetitem on May 18, 2009



Mengapa harus bersusah payah membuat es krim, es puter dan sorbet sendiri? Usaha es krim banyak dijajakan dengan gerobak bisnis es krim sepeda dan lalu lalang di depan rumah.

Es Puter atau
bisnis es sorbet? Sudah tersedia dalam kemasan aneka ukuran dari usaha es krim dan siap santap. Es-es lainnya dari bisnis es krim juga tersedia di kantin usaha es atau restoran bisnis es.
Hal itu benar adanya, namun semua yang di atas tersebut tidak menutup kemungkinan menggunakan bahan-bahan kimia, termasuk rasa es potong, warna es krim dan bahan pengawet es potong. Pernahkah Anda meneliti daftar isinya pada bagian belakang kemasan dari usaha es krim?

Nah, jika Anda membuat sendiri, pasti Anda tidak akan menggunakan bahan-bahan kimiawi tersebut. Es buatan Anda dengan sendirinya paling segar, karena Anda tidak akan memperhitungkan berapa lama es krim, es puter dan sorbet tersebut diam menunggu sebelum terjual.
Es krim, es puter dan sorbet pada dasarnya sama, yaitu berbentuk krim dan terasa lembut di lidah. Bila es krim dan es puter mengandung lemak (susu dan santan), sorbet hanya terdiri dari sari buah, air dan gula. Semuanya dibuat dengan cara yang sama yaitu dengan memanfaatkan freezer dalam lemari es:

* Setelah adonan es krim, es puter dan sorbet matang, tuang dalam mangkuk plastik, simpan dalam freezer dengan posisi suhu paling rendah.
* 2-3 jam kemudian setelah agak beku, keluarkan adonan dari freezer. Kerok, lalu kocok dengan mixer atau blender hingga halus, simpan lagi di dalam freezer selama 2-3 jam.
* Lakukan proses tsb minimal 2 kali untuk memperoleh tekstur es krim, es puter atau sorbet yang lembut.
* Karena tidak mengandung lemak, tekstur sorbet lebih menyerupai butir-butir kristal.

Sekarang ini terjual ice maker yang menggunakan tenaga listrik. Mereknya bermacam-macam, namun prinsip kerjanya sama: adonan dikelilingi oleh es batu lalu digoyang/diputar dalam waktu tertentu sehingga membeku.
Jika menggunakan ice maker, gunakan es balok buatan pabrik es yang kadar bekunya lebih tinggi dari pada es buatan lemari es.

http://citarasa.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Es Krim | Usaha Es | Bisnis Es | Es Potong | Usaha Es Krim | Bisnis Es Krim dan Es Krim & Usaha Es Krim : Bisnis Es Krim Potong Jakarta di 88db.com

{ 2 komentar... read them below or add one }

d'Raos Ice Cream said...

Untuk resep eskrim lembut seperti Walls n Campina temukan di: http://draos.wordpress.com

Riki Rukmana said...

pengen rasain nih ice cream buatan sendiri gimana rasanya ya...