Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Diposting oleh Wike Furyandi on Mar 25, 2009


Masih ingat ketika kita SD dulu? Kita sering mendapat tugas membuat kerajinan tangan. Segala macam jenis kerajinan baik itu dari Kerajinan Barang Bekas juga termasuk jahit menjahit pun kita lakoni. Ternyata banyak manfaatnya ketika kita besar sekarang. Buktinya? Banyak produk-produk kerajinan tangan yang dijual, yang diajarkan ketika kita SD dulu. Ternyata, bisnis di sektor itupun bisa menenggak untung gak kecil Iho! Bisa belasan hingga ratusan juta.. Wouw!

Karena hobi
Tak sedikit pengusaha Souvenir Handicraft mengaku memulai bisnis Kerajinan Handicraft ini hanya karena hobi. Ada yang hobi menjahit, akhirnya menjual aneka tas dan dompet jahitan sendiri yang terbuat dari kain dilengkapi dengan pernak-pernik. Ada juga yang menjual aneka bunga terbuat dari Barang Bekas, serat kayu maupun kertas. Sebenarnya bentuk Design Souvenir yang mereka jual bukanlah barang aneh. Bahkan sebenarnya gampang membuatnya. Namun, kadang tak terpikirkan oleh orang banyak untuk membuat jenis Barang Kerajinan yang simpel nan unik tersebut ataubisa juga disebut Kerajinan Barang Bekas.

Selain gampang membuatnya, produk Souvenir Handicraft juga tak mesti mengeluarkan modal besar bahkan dengan memanfaatkan Barang Bekas . Baik untuk Handicraft Design barangnya itu sendiri, ataupun untuk produk pendukung seperti membuka toko untuk tempat menjual, promosi, distribusi, tenaga kerja. Semuanya serba sederhana, kebanyakan dari para perajin ini malah tak punya toko untuk menjual Barang Kerajinan hasil kreasinya.

Seperti pengakuan Christia, pemilik toko Ilalang yang menjual Kerajinan Handicraft berupa aneka tas dan dompet kain. Ia tak punya toko sebagai gerai menjual produknya. la jual dari rumahnya, hanya dengan bermodalkan ide Design Souvenir dan hanya melalui jaringan promosi yang simpel seperti lewat teman, brosur, selebaran, hingga internet. la juga tak pusing mempekerjakan karyawan terlalu banyak. Konsepnya, begitu ada pesanan, baru dikerjakan dalam partai besar. Jika belum ada pesanan, hanya dibuat dalam jumlah kecil untuk contoh dan dijual eceran. "Jadi modalnya tidak tertahan di barang yang belum laku. Saya hanya membuat Design Handicraft banyak, jika ada pesanan," aku Christia

Penghasilan tambahan
Usaha kerajinan tangan Handicraft Design ini bisa dikategorikan dalam menjual keahlian dan membuka usaha-sendiri. Dalam hal menjual keahlian, Andalah yang membuat ide Design Kerajinan tersebut dan Anda akan lebih puas dalam menjual hasil karya hobi Anda ini. Setelah mencetuskan ide, Anda akan menjualnya dan Anda akan bekerja untuk diri Anda sendiri, Anda yang menentukan jam kerja dan bertanggung jawab pada diri sendiri.

Menjadi pengusaha kerajinan tangan ini memang tak semulus yang dibayangkan. Mesti ada trik khusus membuat dan menjualnya clan jeli melihat pasar. Hal itu adalah kunci pokok untuk berhasil. Karena membuat kerajinan tangan bisa digolongkan mencari penghasilan tambahan dengan cara menjual keahlian. Kendati ada sejumlah kekurangan dan kelebihannya.

Ada beberapa kelebihan menjual keahlian. Yakni waktu bisa lebih fleksibel danAnda bebas memutuskan terikat tidaknya dengan pemakai jasa Anda. Sedangkan kekurangannnya adalah penghasilan umumnya tidak tetap, baik dari sisi jumlah maupun frekuensi.

Kerajinan tangan digolongkan dalam alternatif mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sendiri. Anda akan mendapatkan kelebihan seperti lebih leluasa mewujudkan ide-ide Design Kerajinan, mengetahui titik lemah dan kekuatan Anda. Tapi, Anda perlu mengorbankan waktu, tenaga dan uang apabila ternyata sistem yang Anda bangun gagal.

Jadi siapkah Anda memuntahkan ide Design Handicraft creative untuk menjadi sumber penghasilan? Siapa takut!

Sumber: tabloid bisnis uang

Temukan informasi lainnya mengenai Handicraft Design - Souvenir Handicraft - Design Handicraft - Design Souvenir - Design Kerajinan - Kerajinan Barang Bekas - Barang Bekas - Kerajinan Handicraft - Barang Kerajinan hanya di Handicraft Design & Souvenir Handicraft : Kerajinan Barang Bekas Jakarta 88db.com

{ 2 komentar ... read them below or add one }

kharista villas bali said...

jika kita hobi dalam menjalankan bisnis ini psti terasa lbih mudah..
smoga sukses

Kain Batik said...

kemauan adalah kunci utama untuk menjalankan bisnis agar bisa berkembang. salam sukses