Rezeki dari Bisnis Merangkai Bunga

Diposting oleh Wikey on Mar 15, 2010


Seuntai rangkaian bunga sama dengan seuntai ungkapan rasa. Pantas saja, jika tidak ada seorangpun yang mampu menyembunyikan ekspresi gembira saat rangkaian bunga itu diterimanya.

Di balik ekspresi gembira itu, sebuah peluang usaha tertangkap oleh Ichsan Sabry. Bersama sang istri, Artwindiah Setiati, Ichsan menjalankan usaha Toko Bunga dan merangkai bunga.

Rangkaian bunganya didesain sebagai simbol perasaan. Dengan mengenakan brand 'Ronce Kembang', Ichsan menghadirkan layanan 'Special Delivery Service'. Sistem layanan yang diberikan ini berbeda dibanding sistem layanan lain.

Biasanya, pelanggan yang menggunakan layanan ini memang benar-benar ingin mengungkapkan rasa hatinya. Melalui layanan ini pelanggan bisa menentukan waktu diterimanya pesanan. Ekspresi si penerima bunga juga bisa diabadikan melalui foto.

"Pengantaran bunga tidak diketahui oleh si penerima, alias surprise. Jadi saat si penerima bunga menerima bunga, ekspresinya bervariasi," kata pria kelahiran 37 tahun silam ini.

Dalam menjalankan usaha Toko Bunga ini, Ichsan hanya dibantu oleh satu tenaga kerja. Pengantaran bunga dilakukan olehnya bersama sang istri. Saat mengantar, Ichsan membawa kamera dan laptop. Foto hasil jepretannya langsung dikirim ke pemesan via e-mail saat itu juga.

Layanan ini masih meliputi wilayah Jabodetabek. Tarif pengantaran yang dikenakan berbeda untuk masing masing wilayah. Ichsan mengenakan tarif Rp30 ribu untuk pengantaran di wilayah Tangerang dan Bintaro. Sedangkan, tarif untuk wilayah Jakarta sebesar Rp40 ribu. Untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi, tarif yang dikenakan Rp50 ribu.

Sementara untuk wilayah Serpong, Ichsan tidak mengenakan tarif pengantaran. Hal itu karena lokasi Ronce Kembang berada di Jalan Kubis 1 Blok A1 Nomor 26, Sektor 1-6 BSD City, Serpong, Tangerang.

Ronce Kembang mulai berdiri pada 2002. Awalnya, Ichsan bersama sang istri menjual artificial flower atau silk flower yang belum dirangkai dan soft toys yang dipasok ke sejumlah toko di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Sumatera.

Pada 2004, Ronce Kembang memfokuskan usaha pada artificial flower yang sudah dirangkai. Guna memudahkan penjualan, Ichsan menjual produknya secara on line pada kuartal pertama tahun 2007, melalui www.roncekembang.com.

Harga penjualan bervariasi tergantung rangkaian kembang dan Bunga Papan. Harga mulai dari Rp8 ribu hingga Rp300 ribu. Produk Ronce Kembang juga dijajakan di sejumlah supermarket di Jakarta dan Tangerang.

Saat ini, Ichsan tengah berupaya membuka cabang Ronce Kembang di luar wilayah Jabodetabek. "Supaya semakin dikenal masyarakat, kami ingin membuka cabang Ronce Kembang di luar Jabodetabek," harapnya.

economy.okezone.com

Selengkapnya Rezeki dari Bisnis Merangkai Bunga

Trik Merencanakan Tema Album Foto Pra-Wedding

Diposting oleh Wikey on



Foto-foto pra-pernikahan (Foto Pra Wedding) kini semakin banyak digemari oleh pasangan pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan. Foto-foto pra-wedding umumnya dibuat sebagai sebuah karya seni yang akan meninggalkan kesan indah, unik, dan bercitarasa pribadi.

Selain dikemas dalam bentuk album yang kelak layak dijadikan pajangan yang enak dipajang dan dibuka-buka di meja tamu (coffee table), beberapa foto pra-wedding juga dicetak besar untuk dipajang di area resepsi pernikahan. Berikut ini beberapa tips ringan sebelum menjalani sesi foto pra-wedding.

01. Tentukan Konsep Album FotoMaksudnya adalah mau dijadikan bentuk seperti apa album yang kita inginkan. Contoh-contoh konsep untuk sebuah album foto di antaranya :

sekadar kumpulan foto indah dengan lokasi indah (seperti album foto konvensional)
konsep sebuah ceritera sebagaimana skenario film atau sinetron
konsep kalender yang dapat menggambarkan perubahan suasana dari musim ke musim
konsep komik dengan word balloons berisi kalimat-kalimat lucu
konsep majalah di mana ada halaman muka, pengantar redaksi, halaman isi, berbagai halaman rubrik
dan konsep-konsep lain sesuai imajinasi pasangan pra-wedding

02. Tentukan Tema Foto
Tema mengacu kepada nuansa (suasana dan setting) yang ingin dimunculkan dari karya foto. Beberapa contoh tema misalnya: etnik (Javanese, Minang, Chinese, Arabic, Sundanese), kolonial, masa remaja, oriental, horror, wild western (seperti film-film koboi), casual, office environment, futuristik, luar angkasa, gurun pasir, hutan Amazon, dan sebagainya sesuai imajinasi pasangan pra-wedding.

03. Pilih Kostum dan Lokasi
Pemilihan tema di atas sangat penting karena akan menentukan langkah selanjutnya yakni pemilihan kostum dan lokasi pemotretan. Banyak lokasi di Indonesia tersedia untuk mendukung berbagai tema yang diinginkan. Banyak tempat di kota-kota besar juga menyediakan jasa penyewaan kostum untuk berbagai tema tersebut. Jika bingung dengan tema dan daya imajinasi sedang mentok, tema casual yang ringan bisa dijadikan pilihan terakhir

04. Pilih Fotografer yang Tepat
Ketiga tips di atas merupakan langkah awal yang sebaiknya dilakukan pasangan pra-wedding. Langkah selanjutnya adalah memilih fotografer yang cocok untuk keperluan sesuai tema. Jika tema yang dipilih menuntut banyak pemotretan di studio dengan menggunakan berbagai efek pencahayaan buatan, maka fotografer dengan spesialis outdoor kurang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Sebaliknya, jika sesi pemotretan akan banyak dilakukan di luar ruangan dengan kondisi alam yang mendekati ekstrim (misal sangat panas, sangat dingin, sangat basah, dll), maka pilihlah fotografer yang memang tangguh dan handal untuk kondisi-kondisi semacam itu.

Demikianlah sekadar tips agar karya Foto Pra Wedding memiliki nilai lebih.

arthazone.com
Selengkapnya Trik Merencanakan Tema Album Foto Pra-Wedding

Undangan Nikah via Facebook Makin Populer

Diposting oleh Wikey on



Memanfaatkan Facebook untuk menyebar Undangan Nikah kian populer di Indonesia. Selain menghemat pengeluaran, cara ini mampu mengefisienkan waktu.

Erlin Kusliana, karyawati swasta di bilangan TB Simatupang, Jakarta, adalah salah satu calon pengantin yang memanfaatkan Facebook. Wanita yang akan menikah pada akhir Oktober itu memanfaatkan situs jejaring sosial itu untuk menyampaikan kabar bahagia ke teman-temannya di luar Jakarta.

“Gue pakai Facebook untuk mengirim undangan pernikahan ke temen-temen gue dan calon suami gue yang jaraknya jauh dari tempat tinggal gue di Jakarta,” kata Erlin, panggilan akrabnya, saat berbincang dengan okezone.

Diakui Erlin, populernya Facebook memberikan keuntungan bagi dia. Pasalnya, kini dia tidak perlu repot-repot lagi ke kantor pos untuk mengirim undangan pernikahan. Keuntungan lainnya adalah ada beberapa pos pengeluaran yang bisa dialihkan untuk keperluan lain.

Kendati dipermudahkan dengan kehadiran Facebook, Erlin tidak serta merta mengandalkan situs besutan Mark Zuckberg itu. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, dia tetap menggantarnya sendiri langsung ke yang bersangkutan. Ini juga sebagai bentuk rasa penghormatan terhadapa orang yang ***ndangnya.

“Lebih dari 50 orang yang gue kirimin undangan lewat Facebook. Lumayanlah, pengeluaran yang harusnya untuk membayar di kantor pos bisa gue gunain untuk keperluan untuk membeli souvenir,” tandasnya.

Hal senada juga ***ngkapkan Wishnu. Pengantin baru ini juga merasakan manfaat dari besarnya jaringan milik Facebook. Menurutnya banyak waktu yang bisa dipangkas, ketimbang harus mengirimkannya lewat pos atau diserahkan langsung ke alamat yang dituju.

“Facebook berguna banget waktu gue mau ngirim undangan. Selaih hemat dana, gue gak perlu pusing-pusing ngirim satu-satu itu undangan. Tinggal klik, nyebar deh ke seluruh temen gue,” selorohnya.

Baik Erlin dan Wishnu adalah bagian kecil dari warga Facebook yang menggunakan kecanggihan teknologi untuk yang sesuatu yang positif. Meskipun begitu, bagi Erlin dan Wishnu tidak mau terlalu tergantung pada Facebook, mereka masih mempercayai kalau mengirimkan Undangan Nikah secara langsung merupakan tradisi yang perlu dilestarikan, demi menjaga tali silahturahmi.

techno.okezone.com
Selengkapnya Undangan Nikah via Facebook Makin Populer

Botol Susu Mengandung BPA harus di Waspadai

Diposting oleh Wikey on



Meski pada tahun 2008 sudah dinyatakan aman, tetapi otoritas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan kekhawatirannya akan risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh bisphenol-A (BPA) berbahan polikarbonat yang banyak dipakai dalam kemasan plastik, termasuk Botol Susu.

Dalam pernyataannya FDA mengatakan BPA berpotensi membahayakan otak, menyebabkan gangguan perilaku, serta menimbulkan efek serius pada kelenjar prostat janin, bayi dan anak-anak. Untuk itu FDA akan bekerjasama dengan lembaga riset pemerintah untuk mengetahui dampak senyawa kimia ini pada hewan dan manusia.

Kekhawatiran akan BPA ini berdasarkan pada hasil beberapa studi yang menyatakan BPA membahayakan kesehatan manusia, termasuk pada janin. Meski demikian, pejabat kesehatan di AS menyatakan belum ada bukti BPA berbahaya bagi manusia.

Walaupun FDA tidak mengeluarkan larangan peredaran produk plastik BPA namun lembaga tersebut mengimbau masyarakat untuk membatasi paparan BPA, misalnya memilih produk plastik yang tidak mengandung BPA, tidak menaruh cairan panas dalam botol BPA dan memastikan produk plastik yang akan dimasukkan ke microwave aman.

FDA juga menyarankan agar para ibu memberikan ASI kepada bayinya minimal 12 bulan untuk mengurangi paparan BPA.

BPA telah digunakan sejak tahun 1960-an untuk mengeraskan plastik, botol kemasan isi ulang, produk kaleng susu dan soda, dan sebagainya. Produk plastik yang mengandung BPA biasanya bertanda 7 di tengah serta bertuliskan "other". Senyawa kimia BPA dinilai berbahaya karena dapat larut ke dalam makanan.

Penelitian terhadap 2.000 responden menemukan 90 persen responden memiliki kadar urin yang mengandung BPA. Kandungan BPA juga ditemukan pada ASI, darah wanita hamil dan plasenta janin.

Beberapa negara di Eropa sejak beberapa tahun lalu telah melarang peredaran produk makanan bayi yang mengandung BPA. Meski pihak the American Chemical Council bersikeras BPA aman. Menyikapi hal ini, tak ada salahnya bila Anda menghindari produk plastik dengan BPA, terutama perlengkapan, Botol Susu, makanan bayi dan anak.

kesehatan.kompas.com
Selengkapnya Botol Susu Mengandung BPA harus di Waspadai

Lomba Desain Logo Kota Bandung Diminati

Diposting oleh Wikey on



Tak hanya masyarakat Bandung saja yang antusias mengikuti lomba Desain Logo 200 tahun Bandung. Animo peserta dari kota-kota lain juga tinggi, hingga panitia memperpanjang masa pengembalian karya.

Hal itu ***ngkapkan Koordinator Lomba Logo 200 Tahun Kota Bandung, Yanyan Wahdanimar saat dihubungi detikbandung melalui telepon genggamnya, Selasa (26/1/2010).

"Engga hanya orang Bandung yang semangat ikut, dari luar kota seperti Jogja, Solo, Surabaya sampe Batam banyak yang tanya-tanya dan minta formulir," tutur Yanyan.

Menurut Yanyan, meskipun lomba ini untuk mencari Desain Logo 200 Tahun Bandung, namun lomba ini dibuka secara umum bagi seluruh masyarakat. "Yang pasti pesertanya harus pecinta Bandung, siapapun boleh. Bahkan kemarin bule juga sempat minta informasi lomba ini," tambahnya.

Dijelaskan Yanyan, di kantor sekretariat lomba di Jalan Saledri 42, lebih dari seratusan formulir telah diambil para peserta. Pengumpulan karya masih akan dibuka hingga 7 Februari 2010 mendatang. "Seratusan itu baru yang di sekretariat saja, belum lagi yang di radio-radio yang kerjasama. Ada 6 radio," sebut Yanyan.

Meski telah ratusan formulir diambil di tempat-tempat tersebut, hingga kini ***ngkapkan Yanyan baru sekitar 20 karya saja yang telah diterima panitia. "Makanya kita perpanjang masa pengumpulan karyanya, memberi kesempatan tambahan," pungkasnya.

bandung.detik.com
Selengkapnya Lomba Desain Logo Kota Bandung Diminati

Seni Kerajinan Kain Perca Karya Ibu PKK

Diposting oleh Wikey on



Kegigihan TP PKK Kelurahan Maphar, Tamansari, Jakarta Barat, membina ibu-ibu rumah tangga mulai membuahkan hasil. Sedikitnya 12 ibu-ibu anggota usaha peningkatan penghasilan keluarga (UP2K) Kenanga telah terampil merajut Kain Perca menjadi barang-barang bernilai ekonomis tinggi. Misalnya, alas gelas, tempat tisu, hordeng, taplak meja, bad cover, sarung bantal sofa, hingga hiasan dinding.

Uniknya, corak bahan penutup didominasi dengan bahan batik. Karena itu, tidak semua kain perca dari konvensi dibeli, melainkan hanya kain perca bermotif batik saja yang dibeli. Barang-barang hasil kerajinan ini dijual dengan harga yang relatif murah, mulai dari Rp 5000 hingga Rp 200 ribu. "Alas gelas kita jual Rp 5000, kalau yang paling mahal bad cover Rp 200 ribu," kata Nursia Pakaya, Ketua UP2K Kenanga, di Jl Kebon Jeruk Nomor 37 RT 08/04 Kelurahan Maphar.

Ia menuturkan, saat ini UP2K Kenanga hanya mampu memproduksi produk tersebut 6 sampai 10 produk per hari. Karena itu, masih dipasarkan secara manual. Misalnya, di tempat pengajian, kegiatan PKK, dan kegiatan pemberdayaan perempuan lainnya. "Masih jauh produk kita untuk bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasaran saat ini. Sebab, kita sedang memprioritaskan pembinaan SDM (sumber daya manusia-red). Apalagi, alat kerja masih terbatas," katanya kepada beritajakarta.com.

Meski baru dipasarkan secara manual, namun hasil karya ibu-ibu Kelurahan Maphar ini pernah dipamerkan di Museum Tekstil Indonesia, dan saat itu mendapat apresiasi positif dari pengunjung. Bahkan, produk unggulan Kelurahan Maphar ini pernah juara satu dalam lomba produk unggulan tingkat Kota Administrasi dan juara tiga tingkat Provinsi. "Target kita tahun depan, produk ini akan kita tingkatkan kualitasnya," terangnya.

Apalagi, sambung Nursia, kerajinan Kain Perca UP2K Kenangan Kelurahan Maphar sudah mulai dilirik oleh sejumlah investor. "Sudah ada beberapa investor yang ingin menanamkan modal untuk pengembangan kerajinan ini. Tapi kami belum siap karena SDM yang dimiliki belum mampu memproduksi dalam jumlah besar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Maphar, Wahyurida Sarwono mengaku bangga dengan kretifitas ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Maphar, khususnya yang tergabung dalam UP2K Kenanga. Sebab, dengan adanya produk unggulan ini, Kelurahan Maphar semakin baik. "Kita akan terus membina agar produksi dan kualitas semakin baik," janjinya.

Upaya yang akan dilakukan diantaranya akan menampilkan motif batik Betawi. Sehingga, bisa menjadi cindera mata bagi warga daerah yang datang ke kota Jakarta. "Untuk menyiapkan itu, kita memberi pelatihan membatik sejumlah ibu-ibu yang memiliki bakat. Karena hasil kerajinan saat ini masih bersifat umum," ungkapnya.

beritajakarta.com
Selengkapnya Seni Kerajinan Kain Perca Karya Ibu PKK

Memilih Mobil Minibus

Diposting oleh Wikey on



Kabarnya kendaraan minibus dari car rent minibus yang dapat muat 2 kali sedan semakin besar saja peminatnya. Jumlah penjualannya yang besar mendongkrak mobil jenis ini di rental minibus, dan konon mobil transport Kijang saja sudah menca­pai angka 625.000 unit belum termasuk car transport Kijang generasi terakhir yang baru saja iluncurkan pada bulan Januari 1997. Agaknya kesukaan masyarakat negeri ini erat kaitannya dengan kebiasaan, atau boleh dibilang semacam budaya “bersama” pada masarakat, yang katanya, kalau merasakan sesuatu yang menyenangkan seperti peknik, malu kalau dinikmati sendiri.

Banyak informasi dari iklan maupun artikel di Koran tentang minibus rental (Sewa Mobil Murah Jakarta). Tentunya setiap mobil rent ingin menyampaikan keunggulannya masing- masing. Nisan Serena mobil minibus umpamanya, menonjolkan diri sebagai transport car yang sesuai untuk seluruh anggota keluarga dan lambang cintaga. Demikian pula dengan Isuzu Panther di rent mobil yang mengklaim sebagai mobil yang paling irit di car rent dan rajanya mesin diesel di rent car. Terakhir kita dibuat penasaran oleh munculnya Kijang baru di rental transport yang dikatakan menganut sistem MCV (Multi Confort Vehicle) yang menjanjikan 5 macam kenyamanan untunk transport rental. Memang minibus di rent minibus yang satu ini sejak muncul pertama kali sebagai mobil di minibus rent dengan julukan “kotak sabun” pada tahun 1977 hingga januari 1997, boleh dibilang mobil di rental mobil yang paling populer dengan populasi terbanyak diantara semua minibus di mobil rental.

Memilih Sewa Mobil Murah Jakarta tentunya harus menggunakan beberapa alasan. Soal mesin car transport memang harus diperhitungkan. Karena mesin transport car yang baik dan bandel jelas sangat menunjang kelancaran operasi sebuah mobil di car rental. Selain mesin mobil minibus yang bandel maka bunyi mesin mobil transport yang berisik jelas mengganggu kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi rental carnya. Sering kali mesin mobil rent yang berisik seperti mesin diesel rent mobil juga diikuti dengan getaran yang sampai ke ruang penumpang car rent, ikut mengurangi rasa nyaman.

Khusus pada mesin diesal getaran dan berisik adalah hal yang wajar, karena cara kerja mesin diesel dan bensin memang berbeda, terutama besarnya tekanan kompresi rental mobil. Beda mesin mobil diesel dan bensin menyerupai bedanya kompor pompanya minyak tanah dan kompok yang menggunakan gas. Mesin rental car diesel bisa disama­kan dengan kompor minyak tanah yang menggunakan pompa tekanan pompa, yang lazimnya digunakan oleh penjual makmi di pinggir jalan. Bunyi rental minibus bising sekalipun panasnya luar biasa kalau dibandingkan dengan kompor gas. Sebaliknya mesin minibus rental yang menggunakan bensin dapat disamakan dengan ibu rumah tangga yang menggunakan kompor gas. Bukan saja beda pada bunyi tetapi arona dari keduanya juga berbeda. Makanya membeli sebuah minibus di minibus rent, tentukan dulu, mesin model apa yang dipilih. Kalau mengutamakan iritnya biaya harian dan Anda tidak menyetir sendiri dan lebih sering dikemudikan oleh sopir, tentunya lebih cocok memilih mobil yang menggunakan bahan bakar solar, karena harga solar setengahnya harga bensin. Nemun kalau yang dicari kenyamanan, jelas mesin diesel kalah nyaman dibandingkan dengan mesin ben­sin.

martin1948.blogspot.com
Selengkapnya Memilih Mobil Minibus