Mengenal Macam Mesin Press Plastik

Diposting oleh Kyoicikyosuke on Jun 17, 2015

Mesin Press Plastik – Mesin Press plastik merupakan salah satu jenis mesin press yang di gunakan dalam proses pengemasan makanan dan barang produksi. Mesin press plastic atau lebih umum di kenal dengan mesin sealer merupakan mesin dengan banyak jenis yang bisa kita temui. Mesin sealer terbagi ke dalam beberapa jenis seperti mesin sealer, mesin vacuum, mesin shrink, mesin wrapper,dll. Mesin-mesin tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain tetap tetap mengusung konsep yang sama yakni mengepress kemasan plastic agar merekat sempurna, kuat dan aman bagi produk.

Oke selanjutnya mari kita mengenal satu persatu mesin press plastic apa saja yang paling sering di gunakan dalam industry packaging.



Hand Sealer & Foot Sealer : Mesin hand sealer dan Foot sealer merupakan mesin yang mempunyai fungsi dan konsep kerja yang indentik sama, yang membedakan dari kedua mesin in adalah bentuk dan cara pengoperasiannya. Pada hand sealer di butuhkan tangan untuk melakukan proses pengepressan sedangkan pada mesin Foot sealer cukup dengan menggunakan kedua kaki. Mesin ini memanfaatkan pemanasan logam element untuk membuat kemasan plastic merekat dengan sempurna.

Vacuum Sealer : proses kerja Mesin vacuum sealer bisa dibilang cukup mirip dengan mesin hand sealer, dengan memanfaatkan energy panas dan menkonversinya ke dalam element logam dan membuat kemasan merekat sempurna. Hanya saja pada mesin vacuum sealer ini mempunyai sedikit kelebihan yang tidak di miliki oleh mesin hand sealer pada umumnya, sesuai namanya bahwa mesin vacuum mampu melakukan proses pengemasan menggunakan proses Vakum/Penyedotan udara di dalam kemasan. Tentunya hal ini akan berimbas kepada isi kemasan yang di jamin menjadi lebih steril, aman dan tahan lama. 

Continuous Sealer : layaknya mesin hand sealer dan foot sealer, mesin Continuous mempunyai prinsip kerja yang sama dengan kedua mesin tadi, salah satu hal yang menjadi pembeda adalah kehadiran Conveyor/Rel berjalan yang membuat proses pengemasan bisa di lakukan secara terus menerus tanpa henti 

Mesin Shrink : Mesin shrink memanfaatkan media element pemanas di dalam suatu Chamber/Ruang, dan membuat plastic kemasan memuai sehingga menyusut melapisi permukaan barang yang di kemas.

Mesin Wrapping : mesin ini di gunakan sebagai pelapis kemasan primer agar terlindung dari cuaca, cairan hingga benda-benda tajam. Mesin ini menggunakan momentum gerak sebagai prinsip kerjaanya. 

Cup Sealer : mesin ini di gunakan untuk media pengemasan gelas plastic, layaknya mesin hand sealer namun yang membedakan adalah mesin menggunakan wadah khusus dan di desain secara detail hanya untuk mengemas gelas plastik

Mesin-mesin di atas di jual dalam tipe dan harga yang sangat bervariasi, rata-rata mesin press plastic di impor langsung dari China dan Taiwan, untuk kualitasnya sudah jangan di ragukan lagi. Tak hanya kualitas import, sekarang ini banyak sekali mesin press plastic yang di buat oleh manufaktur lokal, walaupun asli Indonesia tetapi untuk ukuran kualitas terbilang cukup baik dan sesuai standard internasional. Keuntungan dari mesin press plastic lokal ini adalah dari segi bandrolnya yang bisa dibilang terjangkau dan murah. Oke jika membutuhkan info seputar mesin press plastic bisa langsung mengunjugi website Wiratech untuk info lebih lanjut.









 
Selengkapnya Mengenal Macam Mesin Press Plastik

Tips Menciptakan Kemasan UKM Murah

Diposting oleh Kyoicikyosuke on

Kemasan ukm murah salam industri suatu produk sangat di perlukan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena bila suatu kemasan harganya sangat mahal maka bisa anda bayangkan berapa harga jual suatu produk ?, tentunya harganya sangat mahal bukan ?... oleh karena itu yang terpenting adalah kemasan harus memenuhi standar pengemasan yang baik dan sempurna dapat melindungi suatu produk dengan baik dan sempurna, dalam industri suatu produk pengemasan menjadi hal yang cukup penting untuk di perhatikan karena pengamasan yang baik dan sempurna dapat membuat suatu produk jadi awet tahan lama dan kualitasnya  pun terjaga dan yang selanjutnya adalah desain suatu produk, bila suatu produk memiliki gambar yang menarik yang mencerminkan produk itu sendiri sari segi warna tulisan dan informasi lengkap tentang produk tersebut, hal tersebut bisa menarik konsumen untuk membeli produk tersebut, karena kemasan yang menarik menjadi ciri khas suatu produk dan memiliki nilai jual yang tinggi dalam menjual produk tersebut Berikut ada beberapa tips menciptakan kemasan yang baik dan sempurna serta dapat menarik konsumen:

Pakai warna blok yang sesuai dengan karakter produk
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat desain kemasan lebih maksimal, tetapi idenya menggunakan satu warna saja hal tersebut terkesan menghemat biaya atau bisa memberikan impresi khusus, hal penggunaan 1 warna bisa dibilang cukup berhasil. Sebagian dari kita mungkin berpikir kalau “cuma biasa” mencetak dengan 1 warna, kita jadikan dominan satu warna dan desain seadanya. ada juga desain kemasan  desain kemasannya lebih di explore lagi mau bereksperimen dengan membuat warna satu blok impresinya akan lebih bagus. Warna yang “nge-blok” pada seluruh permukaan kemasan akan memberi penegasan yang lebih, sehingga pesan yang ada di kemasan lebih kuat tersampaikan.

Ciptakan nuansa asimetris agar lebih terkesan modern
Kebanyakan dari nama produk di tulis di tengah, vertical dan horisontal center adalah sesuatu yang biasa. Cobalah bereksperimen, misalnya jika produk anda adalah produk makanan, untuk meletakkan nama brand anda agak sedikit di pojok kanan bawah. Insya Allah hasilnya akan terasa “berbeda”.Toh tidak ada aturan baku dalam meletakkan nama produk atau brand dari suatu produk di tengah bukan?

Tampilkan ilustrasi yang kuat untuk menarik perhatian
Agar desainnya terkesan lebih powerful, anda bisa menambahkan sebuah ilustrasi yang memberikan simbolisasi produk tersebut secara elegan. Jika ilustrasi tersebut terlihat kuat, terlihat estetik maka ia bisa mempengaruhi impresi secara keseluruhan dari kesan suatu produk dalam menarik pelanggan.

Tampilkan nuansa minimalis
Jadikan kelemahan sebagai kekuatan! Jika anda tak bisa mencetak dalam banyak warna, gunakan itu sebagai kekuatan anda. Buatlah desain yang lebih minimalis sehingga yang ditangkap orang adalah “keeleganan” bukan “ketidakmampuan” cetak full color. Jangan terlalu banyak ornamen, jangan terlalu banyak teks. Pikirkan dengan benar elemen apa dan informasi apa saja yang harus ada disana.

Perkuat Hirarki Informasi
Anda harus mampu memilah mana informasi primer dan mana yang sekunder. Untuk informasi primer, misal nama brand atau slogan, anda bisa beri ia kekuatan dengan mempertebal karakternya. Sementara informasi sekunder, anda perkecil namun pada level yang masih mungkin terbaca. Kekuatan hirarki ini dengan sendirinya akan membantu estetika dan memberikan impresi yang jauh lebih maksimal.

Demikian pembahasanya semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk menciptakan kemasan yang bukan sekedar murah namun juga berkualitas sebagai pelindung suatu produk dan informatif serta berciri khas yang unik.








 
Selengkapnya Tips Menciptakan Kemasan UKM Murah

Manfaat Kemasan UKM Untuk Suatu Produk

Diposting oleh Kyoicikyosuke on

Fungsi Kemasan UKM untuk Suatu Produk

Untuk para pengusaha UKM khususnya produksi makanan, bicara soal kemasan UKM mungkin sekarang ini sudah tidak asing lagi banyak berbagai produk makanan yang di kemas secara baik dengan desain gambar yang menarik agar menarik pelanggan diluar sana, manfaat kemasan sungguh sangat di rasakan bagi pengusaha dalam strategi pemasaran produknya karena kemasan yang menarik serta berkualitas menjadiimage suatu produk dan ciri khas suatu produk serta membuat konsumen tertarik untuk mencoba isinya, dengan begitu kuntungan yang dirasakan pengusaha makanan sangat meluas sekali pendapatan mereka jadi berlipat lipat ganda dengan begitu target penjualan selalu tercapai, bila anda ingin mengetahui apa sajakah manfaat kemasan tersebut berikut penjelasan yang perlu anda perhatikan:



Kemasan Dapat Melindungi Suatu Produk
Manfaat dari suatu kemasan sebenarnya untuk melindungi suatu produk agar aman dari pengaruh luar mau pun dalam seperti kelembaban, bakteri, sinar ultraviolet matahari, pengeruh udara kotor, atau pengaruh dari luar lainnya seperti misalnya makanan terjatuh atau terkena benturan,bahan baku yang berkualitas serta handling yang benar adalah salah satu upaya tuk melindungi suatu produk melalui pengemasan, agar produk aman di konsumsi hingga produk tersebut kedaluarsa.

Kemasan Menjadi Daya Tarik Suatu Produk
Membuat kemasan suatu produk perlu keahlian dalam memadukan desain kemasan, proses cetak dan juga finishing serta proses pembuatannya, bentuk, warna, ukuran serta informasi lengkap yang di cantumkan pada kemasan produk, hal tersebut menjadi daya tarik standart dari suatu produk, selain dari itu gambar yang menarik sangat mempengaruhi dari suatu produk 75% sebagian besar konsumen terpengaruh membeli suatu produk dari gambar yang menarik, Jelas bukan ?… Kemasan produk yang menarik sangatlah mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk.

Kemasan Suatu Produk Menjadi Ciri Khas / Penanda
Tiap orang akan hafal suatu produk karena melihat gambar, tulisan desain dari suatu produk menjadi ciri khas suatu produk, cetakan desain dan tulisan yang ada dalam suatu kemasan produk harus lah jelas, mudah dibaca serta terlihat dengan jelas jenis produknya, nama produsen, berat produk, cara penggunaan, pengedarnya di Indonesia dan tanda-tanda lainnya.

Kemasan Suatu Produk Dinilai Sebagai Alat Promosi Terselubung
Secara tidak disadari kamasan suatu produk memuiliki nilai daya jual terhadap dirinya sendiri, dengan desain dan tulisan yang menarik serta ketarangan yang informatif suatu kemasan produk akan memiliki daya jual yang menarik dirinya sendiri untuk terjual karena secara tak langsung mengiklankan dirinya sendiri sebagai prpmosi terselubung yang gratis saat berada di etalase atau tempat pemajangan suatu produk, oleh karena itu desain dari suatu kemasan produk haruslah yang menarik dan informatif

Kemasan Suatu Produk Dinilai Sebagai Alat Pemindahan
Kemasan merupakan suatu wadah dari suatu produk sekaligus fungsinya untuk alat yang memudahkan suatu produk untuk di bawa kemana-mana dari produsen hingga ketangan konsumen atau dari suatu tempat ketempat lainya dengan jumlah berat tertentu, sehingga konsumen dapat menikmatinya lebih baik.

Kemasan Suatu Produk Menciptakan Brand dan Image
Brand image dari suatu produk membuat konsumen serta siapa saja yang melihatnya sepintas suatu kemasan produk langsung tau produk tersebut. Karena desain kemasannya menjadi ciri khas produk tersebut yang unik dan mudah untuk dikenali. Dari hal tersebutlah menjadi cara unik yang memungkinkan konsumen untuk beli lagi dan lagi. Melalui desain kemasan produk yang menarik dan unik dapat membentuk image atau citra suatu produk. Oleh sebab itu desain kemasan menjadi hal yang penting di perhatikan secara khusus bagi pebisnis agar mengetahui peranan penting suatu kemasan produk untuk diterapkan dalam bisnis yang dijalankan.

Demikian pembahasannya manfaat dari kemasan ukm dari suatu produk semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dari peranan suatu kemasan agar dapat di mengerti dan di pahami, manfaat jangka panjangnya dalam meraih keuntungan.








 
Selengkapnya Manfaat Kemasan UKM Untuk Suatu Produk