Perlukah Pembatasan Iklan Makanan Cepat Saji?

Diposting oleh pulat on May 14, 2010


Setelah iklan rokok dibatasi, pemerhati kesehatan bergerak. Mereka mulai menyarankan perlunya pembatasan iklan makanan cepat saji untuk mengurangi resiko obesitas pada anak.

Pada anak? Ya. Bila di negara miskin ada masalah kurang gizi pada anak yang diganti dengan istilah "gizi buruk", maka di negara maju ada obesitas pada anak.

Ahli nutrisi di Dewan Kanker negara bagian New South Wales Australia yang baru mempresentasikan hasil penelitian mereka di 11 negara mengatakan 177 juta anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun kegemukan. Lembaga itu mengatakan pengamatan mereka lakukan pada anak-anak di Australia, Asia, Eropa Timur dan Barat, serta Amerika Utara dan Selatan.

Lembaga itu mengatakan dua per tiga dari total pasang iklan makanan di televisi  adalah iklan makanan cepat saji atau yang populer dengan sebutan "junk food".

Amerika Serikat dan Jerman disebut sebagai negara yang paling banyak pasang iklan makanan junk food dengan persentase 90 persen. Sedangkan di Inggris dan Australia sekitar 50 persen.

Lembaga itu mengatakan metode promosi memainkan peran besar dalam mempengaruhi pilihan atau selera anak-anak.



http://www.tempointeraktif.com
Temukan semuanya tentang business & advertising
Selengkapnya Perlukah Pembatasan Iklan Makanan Cepat Saji?

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Internet

Diposting oleh pulat on



Tak dapat dipungkiri saat ini persaingan dalam dunia bisnis internet sangat amat ketat. Semakin banyak informasi tentang buat blog, tentang cara cari uang di internet, tentang cara buat ebook, dan informasi lainnya seputar bisnis internet. Ini yang membuat persaingan dalam dunia bisnis internet sangat ramai. Tapi tidak jadi masalah kok, asalkan anda mau mengembangkan hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas anda. Hal-hal apa saja sih yang dapat mendukung berkembangnya kreativitas anda ?

Percaya dengan Kemampuan yang anda miliki. Anda tidak perlu minder, malu, atau rendah diri dengan kesuksesan yang orang lain miliki. Anda percaya saja pada diri anda sendiri bahwa anda tidak pernah kalah dengan siapapun. Saya dulu membangun bisnis internet yang saya miliki saat ini sejak kelas 2 SMA. Tapi saya tidak merasa minder atau takut dengan saingan saya yang dari segi pengalaman atau ilmu jauh diatas saya. Bagi saya senior adalah tempat belajar, walaupun akhirnya harus jadi saingan sendiri. Yang jelas percaya diri saja, jika orang lain mampu, kenapa anda tidak ????

Mau Bekerja keras. Tidak ada orang yang berbisnis baik online maupun offline yang tidak bekerja keras. Semua harus dijalani dengan mau bekerja keras bukan ongkang-ongkang kaki dan modal bisa ngetik dan ada koneksi internet. Itu salah besar…….buang jauh-jauh. Kalo mau cepat kaya dan cepat sukses, coba aja nunggu bill gates meninggal, sapa tahu anda kebagian dan kecipratan kekayaannya. Yah yang jelas ingat bahwa bekerja keras itu sangat perlu. Jangan maunya ongkang-ongkang kaki doang ya.

Berpikir sesuai dengan kenyataan yang ada. Apa maksudnya itu ? maksudnya disini adalah bagaimana anda harus berpikir sesuai dengan realita yang ada. Contohnya saja begini, anda baru terjun di bisnis internet baru 1 mingguan. Kemampuan atau skill anda juga masih belum terasah dengan baik (misalnya baru bisa ngetik dan buka internet doang) Masak iya dalam 1 bulan udah berkeyakinan dan ingin meraih penghasilan 10 juta per bulan misalnya, lebih gilanya lagi 3 juta per hari. Cara berpikir yang seperti itu kan tidak sesuai dengan realita dan kenyataan yang ada. Nah maka dari itu, berpikir sesuai dengan kenyataan yang ada merupakan salah satu syarat untuk sukses dalam menghadapi persaingan di bisnis internet.
Selalu Belajar dan Belajar. Perkembangan di dunia bisnis internet ini sangatlah cepat. Maka dari itu, anda dituntut untuk belajar dan terus belajar. Kalo saya sendiri sih belajar pada satu bidang saja. Soalnya muatan otak saya kecil, jadi kebanyakan belajar dan kebanyakan ilmu malah ga ada yang masuk satu pun. Yang penting tetap belajar saja. Kalo cara belajar anda terserah, mau belajar banyak hal tentang bisnis internet silahkan. Asalkan anda mampu.
Selalu Berinovasi. Bisnis internet juga tak ubahnya seperti bisnis offline. Perlu inovasi dan juga kreatifitas kita  sebagai seorang owner/leader. Walaupun sebuah inovasi kecil, tapi hal itu bisa membuat perubahan baik dari segi pendapatan maupun kualitas dan kuantitas.
Semoga sukses.


http://www.bayumukti.com
Temukan semuanya tentang business & english
Selengkapnya Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Internet

Fungsi Iklan Dalam Pemasaran

Diposting oleh pulat on


Iklan yang berarti pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media (Kasali.1995:9). Iklan merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakat tertarik untuk menyetujui dan mengikuti (Pujiyanto.2001:3-4). Iklan merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan (Jefkins, 1997:18).

Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:

Attention : mengandung daya tarik
Interest : mengandung perhatian dan minat
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Action : mengarah tindakan untuk membeli

Berdasarkan konsep AIDCDA, promosi periklanan harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang pola perilaku, kebutuhan, dan SEGMEN PASAR. Konsep tersebut diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian berkesinambungan. Segala daya upaya iklan dengan gaya bahasa persuasinya berusaha membuat konsumen untuk mengkonsumsi, yang tidak memperdulikan status sosialnya. Cak Nun berpendapat;” iklan adalah anak jadah kebudayaan”, yaitu bagaimana cara mengolah kelemahan produk menjadi kelebihan itulah fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran (Blank Magazine.2002: 20).

Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengan karakter media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapan

positif mengkonsumsi produk untuk membantu tercapainya tujuan pemrakarsa, yaitu keuntungan. Produsen sebagai pemrakarsa mewujudkan iklan untuk mengkomunikasikan
produknya merupakan salah satu bentuk dalam strategi pemasaran. Maksud produsen terhadap tampilan produk yang dipublikasikan melalui periklanan, antara lain:

· Memperkenalkan identitas produk yang diinformasikan dan menjelaskan perbedaan
produk dengan yang lain.
· Mengkomunikasikan konsep produk, yaitu manfaat dan kelebihannya dari segi
fungsional, psikologis, atau nilai pasar sasaran.
· Mengarahkan pemakaian produk baik yang lama atau yang baru kepada pasar sasaran.
· Memberitahukan tempat penjualan atau pembelian untuk merangsang ditribusi yang
lebih luas.
· Meningkatkan penjualan yang berarti pula produk meningkat.
· Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk dalam pandangan
pasar sasaran
· Menghadapi dan mengatasi masalah saingan antar produk


http://www.forumkami.com
Temukan semuanya tentang business & english
Selengkapnya Fungsi Iklan Dalam Pemasaran

Indonesia Negara Paling Korup?

Diposting oleh pulat on



Indonesia yang disebut-sebut sebagai salah satu bintang negara emerging markets ternyata merupakan negara terkorup dari 16 negara tujuan investasi di Asia Pasifik. Demikian hasil survei bisnis yang dirilis Political & Economic Risk Consultancy atau PERC, Senin (8/3/2010).

Dalam survei tahun 2010, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara terkorup dengan mencetak skor 9,07 dari nilai 10. Angka ini naik dari 7,69 poin tahun lalu.

Posisi kedua ditempati Kamboja, kemudian Vietnam, Filipina, Thailand, India, China, Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Makao, Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, Australia, dan Singapura sebagai negara yang paling bersih.

Survei yang melibatkan 2.174 orang eksekutif tingkat menengah dan senior di Asia, Australia, dan Amerika Serikat ini melihat bagaimana korupsi berdampak pada berbagai tingkat kepemimpinan politik dan pamong praja serta lembaga-lembaga utama. Survei ini juga mencakup penelitian tentang pengaruh korupsi terhadap lingkungan bisnis secara keseluruhan.

Mengenai Indonesia, lembaga yang berbasis di Hongkong menyebutkan bahwa dengan merajalelanya korupsi di semua level, perang korupsi yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah terhambat politisasi isu yang dilakukan oleh pihak yang merasa terancam oleh aksi yang dilakukan SBY.

"(Hasil) korupsi digunakan oleh para koruptor untuk melindungi mereka sendiri dan untuk melawan reformasi. Seluruh perang terhadap korupsi terancam bahaya," sebut laporan itu.

Untuk diketahui saja, Reuters sebelumnya melihat bahwa kasus Century merupakan pertarungan antara kubu reformasi dan anti-reformasi. Reuters menilai bahwa Menkeu Sri Mulyani telah melakukan reformasi birokrasi untuk membersihkan para pejabat korup di Direktorat Pajak dan Direktorat Bea Cukai yang berada di bawah kementerian yang dia pimpin.

Menurut Reuters, dengan mengutip seorang investor AS di Indonesia, para investor sangat khawatir dengan para politisi Indonesia yang lebih tertarik untuk bertarung memperebutkan kekuasaan daripada mendukung proses reformasi.

"Kehilangan seorang reforman akan membuat investor khawatir bahwa Indonesia akan kembali ke kapitalisme kroni, yang akan sangat menyakitkan bagi para investor dan sebagian besar bangsa Indonesia, setidaknya bagi mereka yang bukan dari bagian para taipan atau secara politis berhubungan baik ataupun keduanya," ungkap investor yang enggan disebut namanya ini.


http://nasional.kompas.com
Temukan semuanya tentang business & english
Selengkapnya Indonesia Negara Paling Korup?

Bisnis Jasa Pembuatan Mahar

Diposting oleh pulat on

Pasti semua insan di dunia ingin menikah. Hal ini merupakan suatu peluang bisnis. Bisnis yang bisa di jalankan berhubungan dengan pernikahan antara lain ; jasa pembuatan undangan pernikahan, souvenir pernikahan, sewa baju pernikahan, shooting pernikahan, dekorasi ruang pernikahan, catering pernikahan.Semua bisnis yang berhubungan dengan pernikahan yang disebutkan diatas sudah lazim di jalankan oleh para pebisnis. Keuntungannya memang lumayan besar. Nah, terpikirkah oleh anda mengenai “Jasa Pembuatan Mahar Pernikahan dari Uang“. Loh apa hubungannya, begitu kok di buat bisnis namanya juga bisnis unik kan? Jangan berpikiran pendek dulu yah, ini ide bisnis yang cerdik dan luar biasa loh.

Semua pasangan menginginkan pernikahan sekali seumur hidup, semua pasangan menginginkan sesuatu yang luar biasa dan bisa di kenang sepanjang hidup oleh pasangannya. Pernikahan adalah suatu yang sangat berharga, begitu pula mahar atau mas kawin. Orang kadang hanya biasa – biasa saja membuat mas kawin, uang di tata melingkar seperti kipas, uang di tumpuk biasa, uang di tempel berjajar.

Mungkin itu sudah usaha maksimal bagi mereka, karena mereka bingung pengen dibuat apa.
Saya pribadi memberikan bentuk mas kawin yang berbeda dari pada yang lain. Uang saya bentuk tertata tertempel dengan double tape yang bisa di bongkar tanpa merusak uang tersebut, bentuknya menyerupai gambar burung merak

Suatu mas kawin yang luar biasa bukan? bisnis Jasa ini suatu peluang bagi anda yang kreatif, saya yakin anda akan mendapatkan banjir order. Buatlah bentuk yang lebih kreatif lagi, misalnya 2 merak berhadapan terbuat dari uang kertas atau logam, merak dari uang kertas atau logam yang di bentuk 3 dimensi, dan lain lain.

Bagaimana cara menghitung biayanya? Tentu saja biaya anda tarif seharga total uang yang tertata di tambah material untuk membuat dan jasa pembuatan.
Anda juga bisa menambahkan jasa pembuatan menghiasa seserahan pernikahan seperti baju, sepatu, buah – buahan dll untuk seserahan pernikahan yang bisa di bentuk menjadi burung, kura – kura atau bunga.

Nah anda tertantang dengan bisnis ini? Tinggal mencoba membuat dan maksimalkan promosi melalui blog atau website.

Semoga Bermanfaat


http://www.zonabisnis.com
Temukan semuanya tentang business & english
Selengkapnya Bisnis Jasa Pembuatan Mahar

Strategi Memulai Usaha Makanan

Diposting oleh pulat on


Kemampuan untuk membuat makanan yang lezat tidak menjamin sebuah keberhasilan dalam membuat usaha. Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola bisnis anda adalah dua hal yang berbeda.
Jika anda sudah menguasai dalam memproduksi masakan ataupun makanan ringan, maka kini saatnya anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk memulai bisnis anda.
Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik dalam memulai usaha di bidang makanan :
Perbaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan anda. Untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan, anda dapat membagi sampel kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksi mereka terhadap produk anda. Setelah itu anda perbaiki agar sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk makanan yang memiliki segmen, anda harus dapat memperbaharui dari resep, penampilan atau cara penyajiannya.
Perlu dipikirkan juga outlet penjualan, apakah anda berencana membuka toko atau bekerjasama dengan pihan lain? Contohnya jika anda memilih untuk membuka usaha pembuatan kue pengantin, anda dapat melakukan kerjasama dengan pihak wedding organizer.

Strategi penjualan lainnya adalah anda bisa juga melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda dapat mensuplai masakan setiap harinya untuk dijualkan di kantin tersebut. Untuk hal ini, anda juga harus memperhatikan sistem pengantarannya, karena berkaitan dengan biaya transportasi.

Pikirkan teknologi untuk mendampingi produk anda. Apakah produk anda memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya? Apakah perlu membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku? dan lain sebagainya.

Namun pada saat awal usaha, sebaiknya anda mengurangi pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana, atau anda bisa lakukan kerjasama dengan orang lain dalam mensuplai kebutuhan bahan baku tersebut.
Tujuannya adalah agar anda tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Setelah usaha anda berjalan lancar dan memiliki pelanggan yang tetap, maka anda dapat melakukan pembelian peralatan produksi tersebut.

Anda harus memikirkan bahwa produk anda aman dikonsumsi serta mendatangkan profit. Mungkin anda haus menguji produk anda terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten untuk memastikan keamanan produk anda agar tak menjadi masalah di kemudian hari.

Jika anda memulai bisnis makanan ringan, dipikirkan juga kemasan yang menarik agar memberikan nilai lebih pada produk buatan anda. Selain itu juga, dapat meningkatkan image produk dari calon pembeli. Kemasan dapat berasal dari jenis plastik ataupun kertas.

Yang paling sering menjadi permasalahan dalam menjalankan usaha makanan, adalah ketakutan pada diri sendiri. Pikiran – pikiran apakah produknya laku atau tidak, bagaimana nanti jika ada yang mengeluh, dll. Untuk itu, anda sebaiknya mempersiapkan diri sendiri dan memegang teguh prinsip ” Usaha yang berhasil, hanya dapat dicapai melalui proses yang penuh hambatan “.

http://www.bisnisukm.com
Temukan semuanya tentang business, portal & advertising, services & english
Selengkapnya Strategi Memulai Usaha Makanan

Pelayanan dan Citra Perusahaan

Diposting oleh pulat on May 12, 2010


Services memang bukan produk utama suatu perusahaan. Sebuah perusahaan perbankan misalnya, memiliki produk utama funding (tabungan, deposito dan investasi lainnya) dan produk lending (kredit pemilikan rumah, kredit multi guna, kredit tanpa agunan, dsb). Tetapi pada saat produk itu disampaikan kepada nasabah tidak akan dapat memuaskan nasabah apabila tidak ‘dibungkus’ dengan service yang baik.

Mengapa service menjadi penting?
Pada dasarnya semua orang ingin dan senang dihargai, sehingga ketika dalam satu pertemuan atau transaksi terjadi hal-hal yang menurut pelanggan tidak sesuai dengan yang harus diterima, akan timbul ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan ini apabila tidak diatasi dengan baik akan menimbulkan keluhan yang ujung-ujungnya adalah kepergian pelanggan dan yang paling buruk adalah rusaknya citra perusahaan.

Persaingan, baik sesama industri maupun komplemennya juga merupakan faktor kunci yang menjadikan services semakin diperhitungkan. Anda menyajikan produk yang baik saja tetapi pesaing anda menyajikan produk yang baik dan service yang baik, maka pelanggan akan pergi juga ke pesaing.

Service Yang Baik
Apa itu services yang baik? Service atau pelayanan yang baik terhadap pelanggan atau nasabah adalah pelayanan yang memuaskan, artinya yang sesuai atau bahkan melebihi harapan pelanggan.

Berdasarkan penelitian,  services yang baik yang akan berdampak kepada citra atau image perusahaan antara lain adalah :

People :
1. para petugas yang melayani menguasai produk atau layanan yang dijual
2. bersemangat atau berantusias ketika melayani
3. ramah dan memiliki rasa empati khususnya ketika pelanggan mengalami masalah
4. perhatian penuh kepada pelanggan, tidak sambil mengerjakan pekerjaan yang lain
5. memberikan solusi untuk kebutuhan dan permasalahan pelanggan
Process :
1. system pelayanan yang cepat dan akurat
2. prosedur yang tidak berbelit-belit
3. kemudahan menggunakan peralatan dan system serta keamanannya
Physical :
1. penampilan barang fisik bangunan atau ruangan atau lokasi
2. kenyamanan dan keamanan ruangan serta fasilitas yang digunakan
3. kemudahan akses menuju lokasi
4. kebersihan
5. kemasan produk

Dampak Terhadap Citra Perusahaan
Berbicara masalah services atau pelayanan tidak terlepas dari opini publik, apapun bentuk perusahaan atau organisasi tersebut. Citra atau image adalah kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan atau pengalaman. Ketidakpuasan terhadap service sebuah institusi penyedia produk atau layanan itu dapat menimbulkan ketidakpercayaan yang pada ujungnya membuat pelanggan tidak bersedia menjadi pelanggan lagi. Jadi sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan untuk memberikan service yang maksimal, sekecil apapun bentuknya.



http://www.managementfile.com
Temukan semuanya tentang Bisnis Pasang Iklan  &  Iklan Jasa Iklan Baris
Selengkapnya Pelayanan dan Citra Perusahaan