Pelayanan dan Citra Perusahaan

Diposting oleh pulat on May 12, 2010


Services memang bukan produk utama suatu perusahaan. Sebuah perusahaan perbankan misalnya, memiliki produk utama funding (tabungan, deposito dan investasi lainnya) dan produk lending (kredit pemilikan rumah, kredit multi guna, kredit tanpa agunan, dsb). Tetapi pada saat produk itu disampaikan kepada nasabah tidak akan dapat memuaskan nasabah apabila tidak ‘dibungkus’ dengan service yang baik.

Mengapa service menjadi penting?
Pada dasarnya semua orang ingin dan senang dihargai, sehingga ketika dalam satu pertemuan atau transaksi terjadi hal-hal yang menurut pelanggan tidak sesuai dengan yang harus diterima, akan timbul ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan ini apabila tidak diatasi dengan baik akan menimbulkan keluhan yang ujung-ujungnya adalah kepergian pelanggan dan yang paling buruk adalah rusaknya citra perusahaan.

Persaingan, baik sesama industri maupun komplemennya juga merupakan faktor kunci yang menjadikan services semakin diperhitungkan. Anda menyajikan produk yang baik saja tetapi pesaing anda menyajikan produk yang baik dan service yang baik, maka pelanggan akan pergi juga ke pesaing.

Service Yang Baik
Apa itu services yang baik? Service atau pelayanan yang baik terhadap pelanggan atau nasabah adalah pelayanan yang memuaskan, artinya yang sesuai atau bahkan melebihi harapan pelanggan.

Berdasarkan penelitian,  services yang baik yang akan berdampak kepada citra atau image perusahaan antara lain adalah :

People :
1. para petugas yang melayani menguasai produk atau layanan yang dijual
2. bersemangat atau berantusias ketika melayani
3. ramah dan memiliki rasa empati khususnya ketika pelanggan mengalami masalah
4. perhatian penuh kepada pelanggan, tidak sambil mengerjakan pekerjaan yang lain
5. memberikan solusi untuk kebutuhan dan permasalahan pelanggan
Process :
1. system pelayanan yang cepat dan akurat
2. prosedur yang tidak berbelit-belit
3. kemudahan menggunakan peralatan dan system serta keamanannya
Physical :
1. penampilan barang fisik bangunan atau ruangan atau lokasi
2. kenyamanan dan keamanan ruangan serta fasilitas yang digunakan
3. kemudahan akses menuju lokasi
4. kebersihan
5. kemasan produk

Dampak Terhadap Citra Perusahaan
Berbicara masalah services atau pelayanan tidak terlepas dari opini publik, apapun bentuk perusahaan atau organisasi tersebut. Citra atau image adalah kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan atau pengalaman. Ketidakpuasan terhadap service sebuah institusi penyedia produk atau layanan itu dapat menimbulkan ketidakpercayaan yang pada ujungnya membuat pelanggan tidak bersedia menjadi pelanggan lagi. Jadi sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan untuk memberikan service yang maksimal, sekecil apapun bentuknya.



http://www.managementfile.com
Temukan semuanya tentang Bisnis Pasang Iklan  &  Iklan Jasa Iklan Baris
Selengkapnya Pelayanan dan Citra Perusahaan

Peluang Usaha Penyewaan Mainan Edukasi Anak

Diposting oleh pulat on


Hampir tidak ada anak yang tidak mengenal mainan. Kita tahu bahwa mainan tak bisa dipisahkan dari keseharian si kecil. Begitulah namanya anak-anak, sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk bermain. Ada baiknya bila mainan anak tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik. Untuk mainan edukatif, tentu orang tua tak keberatan merogoh kocek lebih dalam demi perkembangan kecerdasan buah hatinya.

Hal inilah yang membuat business mainan anak yang sarat muatan edukasi terus berkembang. Umumnya, mainan edukatif terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang aman dimainkan oleh si buyung dan si upik. Namun sayangnya kadangkala banderol harga mainan edukasi semacam ini masih lumayan mahal. Masalahnya, usia mainan edukasi terbilang pendek. Seiring bertumbuhnya usia anak, dia membutuhkan mainan baru yang lebih cocok dengan umurnya. Alhasil, mainan lama pun menjadi penghuni gudang, bahkan berakhir di tempat sampah.

Bagi seorang berjiwa enterpreneur seperti Anita Rachman melihat kondisi ini adalah sebuah peluang business. Maka dari itu, sejak Februari 2008, ia membuka usaha penyewaan mainan bernama Michie's Rent'n Play di Jakarta Selatan.

Anita memulai usahanya dengan modal Rp 100 juta. Modal itu dia gunakan memborong aneka mainan impor berbagai merek dari Amerika. Sebut saja, Little Tikes, Step 2, Chicco, dan Vtech. Kini, perempuan berusia 30 tahun ini telah mengoleksi 70 jenis mainan. Masing-masing tersedia empat sampai lima unit.

Ia menentukan tiga pilihan durasi sewa, yakni seminggu, dua minggu, dan sebulan. Harganya tentu bervariasi sesuai dengan jenis mainannya. Tarif sewa perosotan anak Michie Climber, misalnya, Rp 95.000 per minggu dan Rp 300.000 per bulan. Contoh lain, rumah-rumahan Princess Play House disewakan dengan tarif Rp 175.000-Rp 500.000. Ada juga mobil-mobilan macam Police Car Patrol yang disewakan Rp 50.000-155.000. Untuk sarana bermain air, ada Water Wheel Play dengan sewa Rp 60.000-Rp 185.000.

Puluhan mainan tadi diperuntukkan bagi bayi hingga anak usia tujuh tahun. "Yang paling banyak diminati adalah perosotan, bahkan sampai waiting list," ujar Anita.

Untuk dapat menyewa, ibu dua anak ini meminta pelanggan menyerahkan fotokopi kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), dan berkas pembayaran rekening listrik atau air. "Plus menandatangani kesepakatan bersama di atas meterai," imbuhnya.

Sementara untuk mengantisipasi kerugian, Anita mensyaratkan, bila mainan yang disewa rusak, maka penyewa wajib menggantinya. "Diganti sesuai harga beli saat ini," ucap Anita.

Dalam sebulan, Anita mengaku mendapat omzet hingga Rp 10 juta. Bahkan, pada musim liburan sekolah Juni dan Juli, omzetnya bisa menyentuh Rp 17 juta. "Margin saya Rp 6 juta-Rp 8 juta," ungkapnya.

Anda tertaraik mencoba???


http://www.kompasbisnis.com
Temukan semuanya tentang Bisnis Pasang Iklan  &  Iklan Jasa Iklan Baris
Selengkapnya Peluang Usaha Penyewaan Mainan Edukasi Anak

Bisnis Lancar dengan Jasa Advertising

Diposting oleh pulat on


Usaha bergerak dibidang jasa penghubung transaksi jual-beli mobil dan/atau motor, selain itu sebagai perusahaan yang bergerak di bidang advertising. Disebut sebagai usaha jasa penghubung karena mempertemukan antara penjual dan pembeli. Sistem usaha didukung dengan Sistem Informasi Data yang modern yang dapat dimanfaatkan secara online dengan bantuan internet.
Banyak perbedaan sistem usaha ini dengan usaha berbasis online sejenis yang ada di Internet. Perbedaanya antara lain:

Orang yang ingin menjual produknya di Internet dibantu pemasarannya melalui marketing perusahaan yang terjun lansung dilapangan dan tersebar di seluruh Indonesia.
Dengan banyaknya cabang kami dan penyebarannya di seluruh Indonesia mempermudah siapa pun untuk menjual atau membeli produk yang diinginkan.
Pengunjung juga dapat melakukan reques mobil/motor atau barang lainnya yang diinginkan untuk di beli berdasarkan klasifikasi yang pengunjung tentukan sendiri.
Bisnis ini merupakan perpaduan antara bisnis online dengan bisnis konfensional di bidang advertaising dan jasa penghubung (broker)
Keuntungan yang didapat

Pembeli
Mendapatkan harga beli yang lebih murah, karena produk yang dibeli kemungkinan besar produk atau barang yang langsung dari pemilik (owner), tidak melalui makelar yang kemungkinan besar lebih mahal.
Penjual
Mendapatkan harga jual yang lebih tinggi, karena pembeli adalah pemakai (user) bukan makelar (broker) yang membeli barang dengan harga yang murah dengan harapan untuk dijual kembali.
Perusahaan
Mendapatkan success fee dari penjualan yang terjadi dan pendapatan iklan yang didapat.
Pengiklan
Sebagai media iklan yang efektif dan murah
Aktivis otomotive
Sebagai media publikasi
Aktivitas Bisnis
Advertising sebagai usaha jasa yang memberikan pelayanan kepada semua orang yang ingin menjual produknya (mobil/motor) lewat bantuan internet. Bisnis ini sangat menjanjikan karena dengan potensi pasar yang besar dan masih terbuka memberi peluang untuk siapapun mamasang iklan dan mengunjungi web bisnis ini.

Jasa marketing
Perusahaan sebagai usaha jasa marketing mencarikan pembeli produk yang dititip jual atau produk-produk yang dipasang identitas produknya di webside, tetapi lebih diprioritaskan bagi clien yang menggunakan program titip jual atau jasa pemasaran.



http://bukausaha.com
Temukan semuanya tentang Bisnis Pasang Iklan  &  Iklan Jasa Iklan Baris

Selengkapnya Bisnis Lancar dengan Jasa Advertising

Meraup Untung Degan Bisnis Foto Copy

Diposting oleh pulat on



Membuka usaha fotocopy gampang-gampang susah. Diperlukan usaha dan kerja keras supaya usaha kita bisa berkembang dengan baik. Berikut analisa umum sebelum membuka usaha khususnya photocopy.
Lokasi
Lokasi merupakan komponen komponen penting dalam suksesnya usaha. Seperti para guru marketing, yang paling penting dalam usaha adalah location, location, location. Lokasi dekat sekolah, universitas, kantor adalah lokasi yang cukup strategis.
Persaingan
Setelah kita dapatkan lokasi, lihatlah persaingan, jika terlalu banyak copy center d sekitar lokasi yang kita pilih, maka usaha kita akan mengalami tantangan yang cukup berat, dimana kita tidak bisa menentukan harga semau kita.
Apakah kita akan beli baru atau yang rekondisi?
Apakah kita beli mesin analog atau digital?
Apakah kita beli mesin dengan printer atau scan?
Pemilihan mesin fotocopy juga sangat penting.
Untuk pemilihan mesin fotocopy menurut saya sangat tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalo pelanggan kita mahasiswa, pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi per lembar yang murah maka mesin rekondisi adalah pilihan yang tepat karena mesin fotocopy rekondisi jauh lebih murah.
Untuk kualitas, mesin analog memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding digital namun mesin analog lebih murah dan lebih mudah untuk diperbaiki. Untuk mesin dengan printer dan scan ini tergantung dengan adanya permintaan di pasar. Namun mesin dengan printer dan scan hanya ada di mesin digital tapi bisa kita dapatkan mesin rekondisinya yang lebih murah.
Consumable & spare part
Semakin murah consumable (toner & kertas) semakin besar pula margin keuntungan kita. Untuk bersaing dengan copy center lain kita harus pintar dalam mendapatkan consumable yg murah. Uuntuk kertas kita bisa gunakan kertas plano potong. Untuk toner kita bisa gunakan toner compatible tidak harus orisinal.
Hal perlu diingat adalah, jangan karena harga kita mengorbankan kualitas, kertas plano potong kadang sangat sulit ditarik mesin fotocopy dan sering membuat paperjam.
Sedangkan toner compatible suka membuat drum tidak awet dan merusak sparepart mesin. Untuk itu harus dilakukan test satu persatu dan liat hasilnya. Untuk toner bisa dicoba beberapa jenis toner, bisa jadi pilihan jatuh pada ‘eop’, walaupun harganya lebih mahal sedikit, tapi tonernya membuat mesin jadi awet. Dengan catatan kita gunakan NP6030, kalau IR5000 gunakan toner orisinil.
Layanan
Layanan yg beragam akan membuat copy center anda seperti layaknya supermarket yg menjual banyak barang. Semakin lengkap barang dan layanan anda,smakin besar keuntungan yang anda dapatkan
Kualitas
Jika anda tidak dapat bersaing harga, maka anda perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi anda punya pangsa pasar yang menurut saya tidak sedikit


http://aboyjaya.com
Selengkapnya Meraup Untung Degan Bisnis Foto Copy

Iklan dan Daya Tariknya

Diposting oleh pulat on




Apa yang membuat sebuah iklan itu baik atau tidak? Pertama-tama, iklan harus menarik perhatian pembaca dimana iklan tersebut juga harus benar-benar mengungkapkan apa yang ingin anda sampaikan. Kedua, iklan harus dapat mengungkapkan semua maksud anda dengan kata-kata seminimal mungkin untuk menghemat biaya operasional anda. Dan ketiga, iklan harus membuahkan hasil; entah itu permintaan atau penjualan.


Tujuan utama anda adalah untuk menarik perhatian pembaca. Anda harus membayangkan seolah-olah pembaca sedang menelusuri halaman tempat iklan anda berada dimana terdapat dua atau tiga ratus iklan yang lain. Oleh sebab itu harus ada sesuatu pada iklan anda yang akan membuat pembaca tersebut berhenti menelusuri halaman dan memperhatikan iklan anda!


Berikut adalah elemen dari iklan yang bermutu, Perhatian, Daya Tarik, Keinginan, Tindakan…

Tanpa keempat elemen tersebut yang terintegrasi secara baik dalam iklan anda, maka iklan ada hanya akan “terpampang di situ” saja tanpa ada hasil selain hanya akan memakan biaya. Apa yang kami perlihatkan pada anda hanyalah iklan yang paling dasar. Walaupun iklan semacam itu dapat dipampang di surat kabar terkemuka dan akan memperoleh tanggapan yang bagus, iklan tersebut dikenal sebagai “iklan buta” dan akan menyedot permintaan serta tanggapan dari keseluruhan lingkup orang-orang yang membaca surat kabar yang memuat iklan anda. Dalam kata lain, mendapat permintaan dan tanggapan dari para “pembaca yang hanya sekedar menghabiskan waktu” dan bukan dari pembeli yang berkelas.


Intinya adalah
1) Anda harus menarik perhatian pembaca…
2) Anda harus “merangsang si pembaca lebih jauh lagi” dengan sesuatu (ungkapan menarik) yang membuat si pembaca tersebut “menginginkan” produk atau jasa anda…
3) Menuntut si pembaca segera bertindak


Elemen terakhir dari iklan anda adalah tentu saja nama dan alamat anda dimana si pembaca akan memberikan tanggapan—ke mana ia harus mengirim uangnya atau untuk mengetahui informasi lebih lanjut.


Secara umum, para pembaca lebih sering memberikan tanggapan kepada iklan yang mencantumkan nama di dalamnya daripada iklan yang hanya sekedar mencantumkan inisial saja atau jumlah kata, atau ruang yang anda pakai untuk iklan anda, pemakaian beberapa nama dalam iklan akan menyebabkan iklan tersebut mahal. Apabila kita meminta kepada para responden iklan kita untuk menulis surat atau mengirim uang mereka ke Asosiasi Riset Penulis & Penerbit (The Research Writers & Publishers Association), atau biaya iklan kita akan menjadi terlalu tinggi. Oleh sebab itu kita persingkat nama kita menjadi Periset (Researchers) atau Penghasil Uang (Money-Maker). Intinya adalah berpikir relative terhadap penempatan biaya iklan anda serta mempersingkat nama-nama yang terlalu panjang.




Sekarang anda sudah tahu aturan-aturan dasar…..selanjutnya terserah anda.



http://www.dunia-wirausaha.com
Temukan Semunya tentang Classified, advertising
Selengkapnya Iklan dan Daya Tariknya

Tips Pasang Iklan Baris yang Efektif

Diposting oleh pulat on


Pasang iklan yang efektif dan bisa di indeks di mesin pencari, berikut tips yang membuat iklan baris laris manis:
Gunakan Kata Kunci Pada Judul:
Memilih kata kunci yang spesifik akan menghasilkan iklan yang lebih tertarget dengan rasio klik yang lebih tinggi.
Contoh:
- Handphone
- Jual Handphone
- Jual Handphone Baru
- Jual Handphone Nokia Baru
- Jual Handphone Nokia N95 Baru
Lebih spesifik lebih bagus dan yang meilhat iklan anda akan lebih kepada prospek yang tertarget.
Hindari Kata Tidak Berguna atau berlebihan:
Contoh penulisan seperti di bawah ini tidak seach engine friendly:
- Gratisss
- Gratissss!!!
Pilih Kategori iklan yang sesuai pada judul:
Iklan Anda muncul ketika ada prospek memilih kategori iklan. Ini akan membantu menaikkan trafik pengunjung ke web/blog Anda.
Untuk Anda yang menggunakan fasilitas iklan baris gratis (non-premium):
Pastikan iklan Anda selalu tampil di halaman muka/halaman pertama saat pengunjung pertama kali mengunjungi website ini sehingga iklan Anda tampil dan dibaca prospek akan mengklik web/blog/bisnis/produk yang sedang Anda iklankan. Ini bisa mendongkrak trafik pengunjung ke web/blog Anda sehingga produk Anda laris manis.
Jika iklan Anda ternyata tidak menempati halaman pertama (karena sudah diposting oleh pengiklan lain), Anda bisa posting lagi iklan seperti pertama kali Anda pasang iklan.
Cara yang paling mudah dengan memasang iklan premium dengan biaya terjangkau, iklan Anda akan tampil di halaman muka.
Pastikan situs ini tersimpan di menu bookmarks browser yang Anda pakai.
Tandai situs iklan baris ini dengan mem-bookmarks iklanCamp.com (bisa dengan menekan tombol “Ctrl” + “D” pada keyboard Anda) sehingga dilain waktu Anda tinggal meng-klik bookmarks menu di internet browser yang Anda pakai tanpa harus mengetik ulang alamat situs tersebut.


http://pinginpintar.com
Temukan Semunya tentang Classified, advertising
Selengkapnya Tips Pasang Iklan Baris yang Efektif

Tips dan Ragam Bisnis

Diposting oleh pulat on







Produk & Jasa. Pilihlah bisnis yang memiliki produk dan jasa yang jelas. Pelajari dengan baik produk dan jasa yang ditawarkan. Jika perlu, copy halaman website yang menjelaskannya kedalam sebuah flash disc lalu baca ulang di rumah. Tinggalkan tawaran bisnis yang tidak terang produk dan jasa.

Kebutuhan produk & jasa. Pertimbangkan kebutuhan produk & jasa sebelum aktif dalam suatu bisnis. Produk & jasa yang penting dan mendesak menjadi target utama. Artinya mau tidak mau orang banyak akan membutuhkannya, seperti kebutuhan makan, minum, perumahan, kesehatan, keamanan, teknologi dan informasi.

Bisnis Online. Bisnis ini menggunakan media komputer/laptop dan internet. Salah satu sarana yang sangat penting buat sebuah bisnis. Kecepatan dalam berpromosi dan berjualan belum ada tandingannya hingga kini.

Web reseller. Buat Anda yang belum memiliki kemampuan membuat bisnis online sendiri, "nebeng" saja dahulu dengan para jagoan website melalui web reseller mereka. Anda memiliki sebuah website persis sama dengan bikinan mereka. Pakai URL yang mereka berikan.

Produk Kesehatan. Buktikan dahulu produk kesehatan yang akan Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan informasi tentang khasiat & produk tersebut dari orang yang telah memiliki pengalaman, baik ilmiah (percobaan laboratorium) maupun testimonial (pengakuan & keterangan konsumen). Anda bisa jualan produk kesehatan melalui Klinik Sehat.

Produk Pulsa. Pulsa termasuk produk yang penting dan mendesak bagi sebagian besar orang masa sekarang dan akan datang. Bisnis ini patut Anda pilih karena Anda tidak perlu mempromosikan jenis produknya. Anda promosikan atau tidak, orang tetap "ngiler" untuk mengisi HP mereka dengan pulsa.

Harga Pulsa. Sekarang telah banyak tawaran bisnis pulsa online. Pelayanan yang memuaskan, harga pulsa yang bersaing, dan sistem yang baik menjadi bahan pertimbangan untuk mendaftarkan diri Anda. Saya rekomendasikan untuk Anda, Delta Pulsa dan Gudang Voucher.

Promosi online. Ikuti tips promosi online yang banyak ditulis di internet sesuai kemampuan Anda.

Promosi offline. Jangan lupakan promosi offline. Perkenalkan bisnis online Anda dengan URL reseller yang telah Anda singkat. Buat brosur kecil & unik. Berikan kepada kenalan Anda atau Anda titip & simpan di tempat strategis misalnya diatas mesin ATM.


Situs Pertemanan / Persahabatan (Social Network). Bergabung & aktiflah dengan banyak orang di seluruh dunia. Cari teman sebanyak-banyaknya tapi pilih situs yang memberikan anda dollar setiap kali anda aktif agar pekerjaan anda tidak sia-sia. Saya pilihkan buat anda Yuwie dan Frenszone.

Mesin Pencari (Search Engine). Gunakan mesin pencari Google untuk search info kebutuhan anda. Namun ada yang memberikan uang berupa poundsterling kepada anda untuk setiap aktivitas searching online dari mesin pencari anda sendiri. Mesin pencari tersebut bernama MyHpf.


http://www.klinikindonesia.com

Temukan Semunya tentang Classified, advertising
Selengkapnya Tips dan Ragam Bisnis