Tips Mengambar Sketsa Baju

Diposting oleh pulat on Dec 17, 2010






Baju atau gaya busana akan mencerminkan siap diri Anda sesungguhnya. Meski tentunya tak wajib mengenakan busana dari bahan mahal dan mewah. Namun memakai baju dgn selera yg benar dan tetap elegan. Tentu akan menunjukkan citra diri positif Anda di depan orang-orang.



Ingin punya baju baru tapi nggak mau modelnya sama dgn orang lain? Kenapa nggak bikin sendiri sketsa desain baju yg Anda mau. Meski mungkin Anda tidak bisa memotong bahan dan menjahitnya sendiri. Anda bisa meminta tolong pada penjahit terdekat yg dikenal.

Anda bisa mencari inspirasi dari mall,majalah fashion namun daripada terkesan pasaran dan lebih punya style ala Anda sendiri. Mungkin memang sebaiknya Anda membuat sendiri sketsa desain baju yg diinginkan. Setelah sketsa jadi tinggal jalan ke tukang jahit dgn membawa bahan dan sketsa desain baju yg sudah jadi tadi.

Cara Membuat Sketsa

JIka Anda mau melakukan sesuatu, nggak ada yg sulit kok. jangan takut menggambar sketsa, karena berikut ini ada tips membuat sketsa desain baju sendiri. Ada 5 poin penting  yg wajib diperhatikan dalam membuat sketsa desain baju:

1. Tekstur kain. Anda wajib cermati apakah sifat dari permukaan kain bahan yg akan diwarnai sketsanya. Apakah tebal, tipis, halus, kasar atau licin. Karena mewarnai sketsa bahan yg tebal dan bahan yg tipis akan berbeda, demikian juga dgn bahan yg kasar atau yg halus.

2. Motif kain. Perhatikan motif kain bahan dan ukurannya. Karena nanti akan berpengaruh pada hasil akhir. Saat baju sudah selesai dijahit.

3. Lekuk tubuh, pada utkan tubuh Anda yg menonjol, saat mewarnai sketsa buat dgn warna yg agak terang. Utk utkan tubuh yg datar warnai  dgn warna sebenarnya dan utk  utkan tubuh yg cekung, berilah warna gelap.
      
 4. Jatuhnya busana, bedakan antara bahan baju yg jatuh dan yg kaku, karena pada bahan yg jatuh akan terlihat baju akan bergelombang bila dipakai.

 5. Cahaya, perhatikan bahwa  setiap utkan yg terkena cahaya pasti kelihatan terang sementara yg tidak akan terlihat gelap. Jadi saat mewarnai sketsa jangan lupakan hal ini. Namun sistem pencahayaan atau arah cahaya dalam mewarnai sketsa ini terserah  pada selera atau keinginan kita masing-masing.

Dalam  pewarnaannya, gambar sketsa busana ini bisa diwarnai dgn teknik pewarnaan  secara kering. Yaitu tanpa menggunakan air tapi menggunakan alat pewarna seperti: pensil warna, pastel, krayon, spidol,dll.

Peluang Bisnis Sketsa desain baju

Bila tak ingin repot menggambar sketsa sendiri, Anda bisa  meminta bantuan seseorang yg dikenal bisa membuat sketsa desain baju. Atau hubungi saja jasa pembuatan sketsa desain baju yg biasanya ada di toko-toko besar yg menjual bahan baju yg terdapat di mal.

Memang tersedia luas peluang utk mereka yg bisa membuat sketsa desain baju. Meski tak bisa menjahit.Bahkan sketsa desain baju ini bisa dibisniskan, awalnya mungkin bisa dari teman ke teman. Atau kumpulan sketsa hasil karya Anda bisa dijadiin buku kumpulan sketsa.

Sumber:  www.anneahira.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

{ 0 komentar... read them below or add one }