Tips Menjahit: Kiat Memilih Gunting kain

Diposting oleh Wike Furyandi on Nov 26, 2009




Penjahit identik dengan mesin jahit, meteren dan gunting :) .Iyalah, setelah ada ide soal model pakaian yang akan dibuat, bikin sketsa yang dilajutkan dengan membuat pola, kemudian memotong kain yang akan dibuat sesuai dengan pola tadi, dan ini dikerjakan dengan menggunakan sebuah gunting kain. Mustahil seorang penjahit tidak memiliki gunting kain. Buat anda yang baru berkecimpung dalam dunia jahit menjahit (Kursus Menjahit), memilih gunting kain yang bagus sangatlah penting.

Untuk membeli gunting kain, ikutilah beberapa tips berikut ini :

1. Anggap saja gunting kain itu sebagai investasi anda, jadi belilah gunting yang bagus (mahal). Gunting yang bagus tahan lama/awet, daripada membeli gunting yang murah tetapi harus sering ganti.

2. Belilah gunting di toko benang/alat menjahit, jangan beli gunting kain di toko buku atau tempat foto copy :) . Tanyakan ke penjual, gunting kain yang bagus itu apa, mereka pasti lebih tahu dan berpengalaman (kursus menjahit).

3. Minta pendapat atau rekomendasi dari penjahit lain tentang gunting kain yang bagus dan dimana bisa membelinya.

4. Jangan lupa untuk mengetes gunting sebelum dibeli. Cobalah memotong kain yang tipis dan licin (kursus menjahit), kalau tidak ada kain sutra, anda bisa mencoba pada kain satin. Perhatikan hasil guntingan, apakah kain gampang lari dan apakah gunting tersebut nyaman dipegang, tidak licin atau berat bagi tangan anda.

5. Rawatlah gunting anda. Jangan pernah sekalipun menggunakan gunting kain untuk menggunting benda-benda lain, meskipun kertas ! Apalagi untuk menggunting bungkus bumbu mie instant ! Hal tersebut bisa membuat gunting menjadi cepat tumpul (kursus menjahit). Jauhi dari jangkauan anak-anak (ini yang paling penting !).

Selamat berburu gunting kain and Happy Sewing !

rumahjahithaifa.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }