Tips Kerja Magang Di Jepang

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 30, 2009



Dinas tenaga kerja dan transmigrasi dki jakarta menargetkan jumlah peserta magang jepang pada association for international manpower development of medium and small enterprises-japan (imm) pada tahun 2008 ini mencapai lebih dari 250 orang lebih.

magang jepang imm adalah asosiasi dan pengusaha kecil dan menengah di jepang. Menurut sumber dari salah satu pegawai seksi pemagangan disnakertrans provinsi dki jakarta, jumlah peserta magang tahun ini ditargetkan melebihi jumlah peserta magang tahun lalu yakni 146 orang yang lulus seleksi dari sekitar 700 peserta yang mendaftarkan diri saat itu.

Untuk mencapai target magang jepang tersebut, sosialisasi pendaftaran telah dilakukan sejak tahun lalu. "kita sudah melakukan sosialisasi terus menerus. Saat mulai pendaftaran pada 1 desember 2007 lalu sosialisasi makin intensif dilakukan," kata sumber tersebut.

Hingga kamis (28/2) peserta yang mendaftar telah mencapai 600 orang lebih. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat pendaftaran baru ditutup 10 maret nanti.

Dari pemantauan kompas.com, selasa (29/2) pagi hingga sore ini, ratusan calon peserta program magang masih berdatangan ke kantor disnakertrans dki untuk mendaftarkan diri. Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 wib sampai pukul 15.00 wib.

Peserta program magang minimal berijazah sma atau setingkatnya. Mereka yang menjadi lulusan stm menjadi prioritas. Tapi tidak tertututp kemungkinan pula mereka yang lulus dari sekolah umum. Lulusan sma, diploma, dan s1 umum bisa juga mendaftarkan diri jika memiliki sertifikat pelatihan kerja teknik minimal 480 jam latihan yang dilegalisir. Secara keseluruhan proses perekrutan program imm dan pelatihan magang jepang imm yang dilakukan paling cepat berlangsung dalam waktu enam bulan sepuluh hari.

Http://www.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }