Cara Membeli Online

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 5, 2009




Menyambung tulisan sebelumnya mengenai tips menjual barang melalui internet, berikut adalah tips jika anda ingin membeli barang melalui internet.

1. Carilah info sebanyak-banyaknya. Melalui situs jual beli seperti www.kaskus.us, www.iklanbaris.co.id, www.forumponsel.com, www.bhinneka.com, jual pabrik dll, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang barang yang ingin anda beli. Perhatikan harga rata-rata barang yang dijual sehingga anda punya patokan harga saat ingin membeli. Jangan terburu-buru membeli jika belum melakukan “survey”. Gunakan situs yang mampu mencarikan iklan dari berbagai situs seperti www.fjbex.com

2. Lihat foto-foto barang. Jika tersedia, perhatikan baik-baik foto barang yang dijual. Jika tidak ada, mintalah fotonya terlebih dahulu. Pastikan foto yang dipasang bukan diambil dari situs lain, tapi benar2 dari si penjual.

3. Lihat kelengkapan barang. Jangan membeli barang yang tidak lengkap carilah di jual pabrik, seperti misalnya tidak ada dus,buku manual, dan kelengkapan asli lainnya. Jika anda tetap mau membeli walaupun tidak lengkap, pastikan harganya memang lebih murah dari yang lengkap. Barang yang lengkap akan mempunyai nilai jual kembali yang lebih tinggi.

4. Usahakan barang masih bergaransi resmi (bukan toko), atau setidaknya eks garansi resmi. Pastikan anda tanyakan apakah masih ada surat garansi (masih berlaku/sudah habis). Ini penting untuk menjaga jangan sampai anda membeli barang black market (bm pabrik), karena jika terjadi kerusakan, maka banyak service center yang menolak memperbaiki barang bm pabrik, atau jika bersedia, akan diberikan charge harga yang lebih tinggi dari barang resmi.

5. Tanyakan alasan mengapa barang dijual. Jika di iklan yang anda temukan tidak tersedia keterangan alasan dijualnya barang, usahakan tanyakan alasannya melalui telepon. Jika alasannya tidak mengkhawatirkan seperti pernah rusak, sering rusak dll, maka aman untuk ditindaklanjuti.

6. Cek fisik maupun fungsi dari barang sebelum membeli. Ingat, membeli barang second konsekuensinya adalah resiko barang tidak dapat dikembalikan kepada penjual (kecuali penjual bersedia memberi garansi). Oleh karena itu, cek dengan sebaik-baiknya kondisi barang saat ketemu dengan penjual sebelum transaksi disepakati.

7. Jangan terlalu lama memutuskan untuk membeli. Ingat pembeli barang tidak hanya anda, tapi mungkin puluhan/ratusan orang lain yang juga ingin membeli barang. Jika anda sudah mendapat barang yang bagus baik dari sisi kondisi maupun harga, usahakan segera ketemu dengan penjual, karena jika tidak, maka orang lain akan membelinya terlebih dahulu.

8. Tentukan anggaran maksimal uang yang anda siapkan untuk membeli barang. Sering kita terpengaruh oleh rayuan penjual pabrik dan jual bangunan pabriksehingga kita bersedia mengeluarkan uang lebih banyak dari yang kita siapkan. Oleh karena itu, setelah anda tahu harga pasaran barang yang akan dibeli, tentukan harga maksimal yang anda sanggupi.

9. Cari lokasi penjual yang tidak terlalu jauh dari lokasi anda. Agar mudah ketemuan, usahakan jangan membeli barang dari daerah yang jauh dari anda ctnnya jual pabrik dan jual bangunan pabrik.

Http://nustaffsite.gunadarma.ac.id

{ 0 komentar... read them below or add one }