Membuat Kerajinan Kain Flanel

Diposting oleh malamjumat on May 8, 2009


Kain Flanel ( Felt ) yang bertekstur lembut dan kaya akan warna, bisa menjadi alternatif sebagai bahan pembuatan mainan anak.Selain bahan dasar Kain Flanel, tentu juga membutuhkan bahan tambahan seperti :
1. Gunting
2. Jarum
3. Benang Sulam/ Jahit
4. Lem
5. Aneka Pita
6. Pernak-pernik hiasan
7. Pensil
Dalam proses pembuatan kerajinan kain flanel juga dikenal banyak teknis menjahit, seperti contoh : tekhnik feston, tekhnik tumpuk dll.

Tidak diperlukan kemampuan khusus dalam membuat permainan berbahan dasar
kreasi kain Flanel. Sedikit imajinasi dan kesabaran akan dapat menghasilkan permainan yang menarik. Tantangan tersendiri adalah keberanian memadu padankan warna tentu akan sangat menambah kekayaan mutu aneka kreasi yang dibikin.

Dengan permainan anak dari kain flanel ini sebagai contoh bisa menghasilkan permainan anak berupa "BONEKA JARI" Anak bisa mengenal banyak warna dan merangsang kemampuan verbalnya dengan menyimak cerita dari permainan ini.

Sangat mudah, praktis, murah dan bermanfaat.
Selain itu, pada tingkat mahir, akan dapat menghasilkan aneka kreasi yang bernilai jual akan dapat membantu menambah pemasukan keuangan. Menciptakan karakter lucu dan menarik akan memancing minat orang untuk membeli adalah nilai PLUS tersendiri.Kreasi kain Flanel ( Felt ) bisa dibuat menjadi :
1. Boneka Jari
2. Souvenir Pernikahan/ Ultah
3. Pigura Foto
6. Buku Lipat ( Soft Book )
7. Hiasan Pensil
8. Gantungan Kunci
9. Pin
10. Magnet Kulkas
dll

Selain kemampuan mengembangkan imajinasi serta ketrampilan, melihat ~season~ yang sedang in bisa dilirik untuk menambah peluang hasil karya
kerajinan kain flanel ini mampu memiliki nilai jual. Sebagai contoh, musim hari besar (lebaran) bisa kita membuat pernak-pernik bertema hari besar tersebut.
Jadi, selagi ada waktu, tidak ada salahnya mencoba berketrampilan untuk putra-putri sendiri dengan memanfaatkan kain flanel (kerajinan kain flanel) dan jika sudah terampil, bisa dimanfaatkan untuk penambah pemasukan.

Lumayan kan, bisa buat tambah uang jajan anak?

http://id.shvoong.com


Temukan informasi lainnya menganai
Kain Flanel | Kerajinan Kain | Kreasi Kain | Kreasi Flanel | Kreasi Kain Flannel hanya di Kain Flanel & Kerajinan Kain Flanel : Kreasi Kain Flanel – Aneka Kreasi Unik Semarang pada 88db.com

{ 5 komentar ... read them below or add one }

Buku Diary Flanel said...

Artikelnya sangat bermanfaat. Tks

chemo said...

infonya bagus,,tp klw bs ditambahin foto2 nya biar lbh asik...thx y..^_^
blog chemo

Anonymous said...

wow...
tapi gx ada gambar ciehhh,,,
jadi kurang menarik...

aksesoris anak said...

artikelnya sangat bagus dan bermanfaat,,,,,thanks

leo said...

sukses terus ya