Cara Merawat AC Mobil Anda

Diposting oleh malamjumat on Mar 27, 2009


Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap, gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC mobil (misalnya mobil daihatsu, mobil astra, dll) sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan. Walaupun hanya daihatsu murah tapi dengan kebersihan semuanya tampak menarik.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor. Mungkin Anda berpikir dengan harga daihatsu yang segitu tidak perlu repot-repot.

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4. Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak. Anda bisa menggantinya di tempat resmi daihatsu Jakarta, dsb.

5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang. Astra daihatsu mobil Anda tentunya akan rusak.

6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin mobil astra daihatsu Anda.


8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan pada mobil seperti astra daihatsu tadi. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).


9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, seperti mobil astra, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.


10. Lakukan perawatan rutin AC (walaupun hanya mobil daihatsu murah) Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar. Tentunya kita ingin mobil daihatsu tsb tetap nyaman.

www.tips-afuacmobil.blogspot.com

Temukan informasi lainnya mengenai Jual Daihatsu - Mobil Astra - Astra Daihatsu - Mobil Daihatsu - Harga Daihatsu - Daihatsu Murah - Daihatsu Jakarta - Jual Mobil Daihatsu - Daihatsu Mobil - Astra Daihatsu Mobil hanya di Jual Daihatsu: Mobil Astra Daihatsu - Harga Daihatsu Murah Jakarta pada 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

azis said...

Tips yang sangat berguna, thanks.