Belajar Menyanyi Menghilangkan Kejenuhan

Diposting oleh karpetitem on Mar 18, 2009


Di alam yang modern ini, banyak orang yang sudah jenuh dengan pekerjaannya, mereka banyak mencari pelampiasan untuk sekedar menyegarkan kembali otak meraka yang lelah. Cara menghilangkan kejenuhan itu adalah MENYANYI dan Belajar Musik. Sebenarnya menyanyi dan Belajar Musik bukanlah pekerjaan yang susah, tetapi banyak orang takut duluan ketika mereka disuruh nyanyi, atau sebaliknya ada orang yang terlalu percaya diri (over convidence).
Dua permasalahan di atas sebenarnya bisa diatasi melalui Kursus Vokal. Misalnya, tekun menyanyi di Les Seni Suara, tumbuhkan rasa percaya diri bahwa dia mampu menyanyi seperti orang lain, yang sudah percaya diri, tinggal mengarahkan cara/teknik menyanyi yang baik dan benar lewat Bina Seni Suara. Bagi orang awam cukup mempunyai dua unsur tadi untuk bisa tampil bagus di muka umum, yang pertama harus punya keberanian mengeluarkan suara semaksimal mungkin, yang kedua tumbuhkan keberanian, percaya diri yang kuat.
Kalau dua unsur tadi sudah dimiliki, maka berlanjut kepada mencoba menyanyi dengan TEKNIK VOCAL yang baik dan benar, bisa diasah melalui Les Vocal. TEKNIK VOCAL adalah cara untuk memproduksi suara yang baik dan benar, biasanya dipelajari dalam Kursus Seni Suara, sehingga suara yang keluar akan merdu, jelas, dan enak didengar. Memang susah kalau Belajar Seni Suara menggunakan Teknik Vocal, tetapi kalau sudah terbiasa akan sangat membatu kita, sehingga kita tidak mudah lelah, jenuh, dan serak, karena kita menggunakan teknik vocal yang benar, apabila kita serius dalam menjalani Les Vocal. Dalam Belajar Seni Suara kita diajari cara menyanyi yang benar, mulai dari cara pernafasan, artikulasi, improvisasi, vibrasi, dsb. Kalau semua itu sudah dimiliki dari Les Vokal baru kita bisa menyanyi dengan perasaan. Banyak orang menyanyi tapi terasa hampa/kosong.

Setiap kita menyanyi saat Les Vokal, buatlah audiens terkesima dengan suara kita. Rahasianya, adalah TUNJUKKAN KARAKTER SUARA KITA yang sesungguhnya yang bisa dioptimalkan dengan Kursus Seni Suara, karena setiap orang mempunyai TIMBRE yang berbeda-beda, kita harus bangga bahwa kita punya suara yang khas yang tidak dimiliki orang lain, yang bisa menjadi sempurna dengan Les Seni Suara di Bina Seni Suara. Selanjutnya kita harus menyanyi dengan nada dasar yang pas yang bisa dijangkau, karena karakter suara seseorang akan muncul, ketika dia menyanyi dengan nada yang pas, jangan terlalu memaksakan diri untuk mencapai ketinggian suara asli orang lain, akibatnya sangat fatal, hal ini biasanya ditegaskan oleh guru vocal pada saat Kursus Vokal. Kita harus tahu posisi suara kita ada di range apa, kalau wanita, SOPRAN, MEZZO SOPRAN, ALTO, kalau pria ada suara TENOR, BARITON, BAS. Guru vocal akan memberi tahu di mana posisi suara kita berada.
Biasanya, bagi yang baru belajar menyanyi suka cepat lelah. Hal ini bisa kita hindari, caranya adalah menyanyi dengan teknik nafas yang benar, dan kalau sudah menyanyi jangan langsung minum, apalagi yang dingin atau yang terlalu panas, hal itu akan membuat pita suara kita rusak. Yang paling baik adalah jika kita baru selesai menyanyi, tunggulah hingga tenggorokan kita lebih nyaman, setelah itu silahkan minum air putih yang tidak dingin, atau tidak terlalu panas. Cara ini akan sangat membantu ketahanan suara kita agar tidak cepat lelah, serak. Hal lain yang perlu kita hindari adalah jangan makan makanan yang mengadung minyak,dan terlalu pedas, jangan terlalu sering begadang ,karena daya tahan tubuh dan pita suara akan berkurang jika kita sering begadang.

Kalau ingin bisa bernyanyi dengan baik dan benar, kita harus sering berlatih vocal, dan mintalah masukan, kritik, dari teman/guru vocal kita. Semua masukan adalah obat yang paling ampuh untuk meperbaiki vocal kita, jangan pernah takut, apalagi marah dengan kritik dari orang lain. Cara lain, dengan merekam suara kita ketika sedang menyanyi, lalu putar ulang dan simak dengan teliti dimana kelebihan dan kelemahan vocal kita, diskusikan dengan teman atau guru vocal kita.
Kalau kita lihat sebenarnya manusia mempunyai tiga sifat musical:
MUSICAL ABSOLUTE, orang yang memiliki kecerdasan luar biasa dalam bidang musik, tidak memerlukan waktu lama untuk belajar musik, dan memiliki feeling yang kuat dan berbakat.
MUSICAL, orang yang sedang-sedang saja, memiliki rasa musical tapi tidak menonjol, bisa menguasai lagu, tetapi memerlukan waktu yang cukup untuk belajar terlebih dahulu.
A MUSICAL, orang seperti ini yang susah untuk bisa secara normal menguasai lagu, karena bakat yang dimilikinya sangat kurang, bahkan tidak ada, hanya bermodalkan keberanian. Orang seperti ini akan sangat lama/susah dalam mempelajari materi music.

http://www.bengkelmusik.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Bina Seni Suara,Belajar Musik,Les Vocal,Les Vokal,Kursus Vokal,Belajar Seni Suara,Kursus Seni Suara,Les Seni Suara dan Belajar Musik & Les Vocal : Les & Kursus Vokal - Bina Seni Suara Kebayoran Baru Jakarta Selatan di 88db.com

{ 2 komentar ... read them below or add one }

Blog Fans Musik said...

haiii...
namaku tommy...
Thanks artikelnya....
kunjungi balik blog-ku ya...
http://fansmuzic.blogspot.com
GBu.....

jun said...

ayo ramai2 belajar nyanyi :D