Tips Penulisan Laporan Penelitian

Diposting oleh malamjumat on Jan 6, 2009


Berikut uraian singkat tentang penulisan laporan penelitian tanpa memperhatikan bidang apapun itu:

1. Temukan masalah atau pertanyaan-pertanyaan yang akan dijadikan topik penelitian bukan pada di semester anda mengambil mata kuliah seminar ataupun skripsi.

Seringkali ditemukan bahwa mahasiswa baru memikirkan tentang penelitian skripsinya pada saat mereka mulai mengambil mata kuliah seminar ataupun skripsi. Hal ini berakibat fatal terutama pada tingkat kematangan mahasiswa tersebut dalam memahamai setiap permasalahan penelitian yang diajukan kepad dosen pembimbing baik dalam segi teoritis maupun desain penelitian.

2. Temukan dosen yang bisa anda bicara untuk masalah penelitian anda

Jika anda telah menemukan permasalahan yang anda anggap cukup menarik untuk dijadikan materi utama penelitian, carilah dosen yang anda pikir memiliki kualifikasi yang cukup untuk menjadi media konsultasi (walaupun seiring waktu anda kemudian dapat memintanya menjadi dosen pembimbing penulisan skripsi). Dosen yang anda cari haruslah memiliki beberapa pertimbangan; yang pertama dari segi keilmuan, kedua cara berkomunikasi, dan yang ketiga, ketersediaan waktu dosen tersebut untuk anda.

3. Jadikan setiap masalah yang telah anda kumpulkan tersebut sebagai materi pembahasan pada mata kuliah-mata kuliah lain yang anda sedang ambil.

Dalam pelaksanaannya, anda dapat menjadi masalah yang telah anda kumpulkan tersebut sebagai bahan presentasi kelompok ataupun topik utama penulisan essay. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya khasanah konsep ataupun teori selain anda dapat mengetahui kelebihan atau kekurangan dari masalah anda tersebut. Sehingga data-data ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi anda untuk melanjutkan atau merevisi ulang. Jika data statistik, cobalah untuk melakukan analisis statistik tersebut.

4. Pada saat anda mengambil mata kuliah penelitian, jadikan topik masalah anda sebagai bahan latihan.

Artinya, dengan menjadikan topik tersebut sebagai bahan latihan penelitian anda dengan membuat sebuah pra-penelitian dengan sample dan populasi tidak real. Dengan menjadikan bahan latihan anda akan mendapatkan gambaran umum tentang tingkat kesukaran statistic yang mungkin anda akan temukan ketika melakukan penelitian sesungguhnya. Sehingga Anda bisa melakukan analisis satatistik, olah data, dsb. Walaupun tentunya tidak sedalam analisis tesis maupun analisis tesis, tapi ini merupakan bagian dari olah data.

5. Jadikan topic masalah anda sebagai bahan proposal penelitian dalam mata kuliah seminar.

Beranikan diri anda untuk maju mempresentasikan proposal dari topic masalah yang anda telah persiapkan sebelumnya. Hindari setiap perubahan mendasar yang mungkin anda terima ketika anda mulai men-seminarkan topic masalah penelitian anda seperti perubahan variable, misalnya. Jika anda menemukan masalah mendasar yang sangat perlu dirubah maka mintalah panduan dosen yang bersangkutan untuk mematangkan topic masalah anda, bukan sekedar merubah dan memulai sebuah topic permasalahan baru.

6. Mencari teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian anda khususnya teori terkait dengan variable-variabel yang ada dalam penelitian anda serta pengaruh atau hubungan antar keduanya. Seperti analisis tesis maupun analisis disertasi, Anda tetap harus melakukannya untuk skripsi.

7. Selanjutnya anda harus mempikirkan bagaimana menyusun instrument penelitian

Ketika mencari teori-teori pendukung biasanya anda akan mendapatkan gambaran umum atau indikator-indikator yang dapat anda gunakan dalam menyusun instrument pengumpul data penelitian.

8. Bacalah buku-buku penelitian untuk mencari tahu bagaimana anda harus mengolah data.

Jika anda tertarik dengan statistika, bacalah buku-buku yang menjelaskan tentang prosedur pengolahan data statistik penelitian,

9. Yang terakhir adalah, baca kembali hasil penulisan skripsi anda dari awal hingga akhir bagian kesimpulan. Lalu buatlah bagian abstraknya.

myenglish01.wordpress.com

Temukan Data Statistik, Analisis Statistik, Olah Data, Analisis Tesis, Analisis Disertasi hanya di Data & Analisis Statistik: Olah Data - Analisis Tesis & Disertasi Depok 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }