Tips & Cara Belanja Online

Diposting oleh malamjumat on Jan 16, 2009


Sebelum anda mengeluarkan uang untuk membeli jasa atau produk secara online (shopping online), maka beberapa hal di bawah ini perlu anda perhatikan untuk meyakinkan anda dan agar tidak menyesal karena tertipu oleh kegiatan-kegiatan nakal/penipuan online. Beberapa penipuan yang sering terjadi :

  1. Phising : Pembajakan lewat situs tipuan, membuat web yang mirip dengan web lainnya dengan maksud untuk menipu. HATI-HATI sebab kegiatan phising sedang marak di dunia cyber.
  2. Produk palsu : Si penipu hanya menjual produk palsu yang mungkin didapatkan dari sumber yang tidak dapat dipercaya dan bahkan produk tersebut tidak dapat digunakan sama sekali atau produk tersebut tidak memenuhi standard yang telah ditentukan pemerintah.
  3. Produk tidak dikirim : Sering terjadi setelah pembeli mengirimkan dana pembayarannya namun produk tak pernah ia dapatkan. Penipuan jenis ini paling sering terjadi pada instant payment seperti metode pembayaran bank transfer.
  4. Support : Karena memang sifatnya adalah penipuan, maka sudah dipastikan tidak ada support untuk produk atau jasa yang anda beli. Bisa saja si penipu memberikan iming-iming support 24jam, garansi dan uang kembali, namun semuanya adalah rayuan belaka dan tidak pernah terbukti. Untuk menghindari penipuan-penipuan ini, anda perlu memeriksa sumbernya dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk/jasa (shoping online), ada beberapa cara :
  • Periksa data lengkap penjual, seperti nama, alamat, no.telepon/Hp, data bank, lebih baik jika ada profil perusahaan / tempat shop online.
  • Periksa whois record domain penjual dan pastikan data Registrant adalah sama dengan yang ada di websitenya. Di dalam Registrant Information wajib menggunakan nama, alamat, negara, email dan no telepon yang jelas dan benar. Periksa kembali apakah data pada website penjual tempat shop online tsb adalah sama dengan Registrant Informationnya. Untuk melihat registration information domain silahkan buka : http://whois.domaintools.com
  • Hubungi no telepon yang diberikan, dan berbicaralah dengan si penjual secara langsung dan yakinkan diri anda bahwa anda tidak ditipu. Walaupun mungkin belanja kecil-kecilan seperi pakaian pria maupun pakaian wanita.
  • Periksa data perusahaan/company profil si penjual, lebih baik jika didukung dengan bukti dokumen, seperti izin usaha, izin produksi dll
  • Simpan bukti transaksi - termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, salinan e-mail antara anda dengan penjual
  • Pastikan nama pemilik Account Bank adalah sama dengan nama si penjual yang tertera di websitenya. Anda bisa mengeceknya di ATM/Internet Banking ketika akan transfer. Jika anda menemukan nama yang berbeda, segera batalkan transfer anda
  • Hati-hati dengan produk palsu yang ditawarkan, bila perlu lakukan pengecekan apakah produk tsb mempunyai izin. Ada juga tempat menjual pakaian, seperti jual kaos yang melakukannya.
  • Jangan terpancing dengan harga promo yang sangat murah, trik ini sering dipakai para penipu agar pembeli terpancing dengan harga murah, bandingkan harga dengan situs web yang lainnya, bila selisih harga yang terlampau jauh sebaiknya jangan melakukan transaksi.
  • Lakukan riset terhadap situs web tempat anda berbelanja. Tips ini harus dilakukan kalau anda berbelanja di situs web yang anda sendiri kurang familiar
  • Baca baik-baik kebijakan situs web dan kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

Semoga bermanfaat !!!


www.balihomespa.com

Temukan Shopping Online, Shop Online, Jual Kaos, Jual Kaus, Pakaian Wanita, Pakaian Pria hanya di Shopping & Shop Online: Jual Kaos | Kaus | Pakaian Wanita & Pria Tangerang pada 88db.com

{ 8 komentar ... read them below or add one }

rasyid said...

Terima kasih artikelnya

Anonymous said...

The Abercrombie and Fitch style has lived much longer than Abercrombie its counterparts from the 1980s; Abercrombie Sale it may be because of its relatively Cheap Abercrombie inoffensive style or Abercrombie outlet because people just love animals, abercrombie Jeans but it's less frowned upon.Today you can find high quality blanket and sheet sets in a cheetah print. Abercrombie Pants These are common enough that you could Abercrombie Tees even go to a department store and find them, so you should have no problem finding cheetah printed sheets Abercrombie Shorts and blankets if they are what you are looking for. Abercrombie Sweaters These can be a great accent to a more contemporary home theme, though obviously are not great for homes that are more conservatively or classically decorated. Curtains that have this type of pattern are more difficult to come by. You may have to go to interior design specialty stores, or look online order to find curtains with cheetah spots printed on them. However, in most cases if you can find them, they are usually not very expensive.

UNIK DAN INOVASI said...

terima kasih atas informasinya, sangat berguna untuk saya, sukses untuk kamu

Dodolatoz said...

tips yang bagus, kita memang harus berhati-hati belanja online, karena banyak pihak tidak bertanggung jawab yang mengambil keuntungan dari sini

Grosir eceran murah dan aman

Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman said...

Tips yang sangat bermanfaat,,

Sigit Prayogo said...

Toko baru ane aman gan...
Bisa langsung COD...
Klo g percaya silahkan langsung cek TKP

Klik di sini gan...
Novel Butik

Thanks..

Slash Sdull said...

terimakasih gan buat infonya,.. ane tunggu kunbalnya... di
Agen bola
jngan lupa mampir gan,.. thank you :D

hexters said...

Artikel sepeti ini ni yang akan sangat membantu bagi para pengguna internet untuk tidak ragu lagi belanja seara Online.

Bantu like Tips Belanja Online nya Gan di Facebook, agar masyarakat indonesia tidak merasa ragu lagi dalam Belanja Online dan menjadi suatu kebiasaan sehari-hari.

Jika ada masukan silahkan Koment / Kirim pesan untuk di buat artikel bisa di lihat di sini Saran dan Share juga jika bermanfaat

Trimakasih