Bisnis Cerdas Dengan Bisnis Rumahan

Diposting oleh pulat on Feb 8, 2011








Usaha - Keuntungan dari menjalankan usaha rumahan memang sangat menjanjikan. Tak heran jika saat ini banyak masyarakat yg memutuskan untuk memulai usaha dari rumah, guna memperoleh tambahan penghasilan.

Namun seiring perkembangan waktu, tidak semua orang bisa sukses menjalankan peluang usaha ini. Banyak pelaku usaha rumahan yg bangkrut di tengah jalan, hingga mereka terpaksa harus menutup usaha miliknya.

Tentu Anda tidak ingin bernasib sama dgn pelaku usaha rumahan yg gagal menjalankan usahanya bukan? Untuk itu mari kita bahas kesalahan apa saja yg membuat mereka gagal dalam menjalankan usaha rumahan. Berikut info usaha selengkapnya.

Salah Memilih Peluang Usaha
Sebagian orang memilih peluang usaha yg tidak sesuai. Tidak sesuai disini adalah tidak sesuai dgn minat dan bakat yg dimiliki, atau tidak sesuai dgn kondisi pasar yg ada di lingkungan sekitar. Sehingga mereka mengalami kesulitan untuk mengembangkan usaha.

Tidak Dikelola Secara Professional
Banyak pelaku usaha yg menjalankan usaha rumahan  dgn ala kadarnya. Mereka tidak mengelolanya secara professional seperti layaknya usaha-usaha besar. Bahkan pelaku usaha sering menggunakan pakaian rumah untuk menemui para calon pembeli, menjalankan usaha dgn waktu yg tidak tentu, serta mengelola keuangan usaha dgn seenaknya. Sehingga hasil yg diperoleh juga hanya ala kadarnya saja (belum optimal).

Tidak Efisien Dalam Penganggaran Modal
Terkadang dalam memulai usaha baru, seseorang terlalu boros saat berbelanja peralatan dan perlengkapan untuk modal usaha. Membeli semua peralatan dan perlengkapan serba baru, padahal tidak semua alat tersebut dimanfaatkan. Hal ini hanya akan memperbesar modal dan biaya operasional kedepannya.

Tidak Memperhatikan Izin Usaha Yg Dibutuhkan
Untuk mendirikan sebuah usaha, sebaiknya dilengkapi dgn izin usaha dari pihak terkait. Walaupun usaha Anda dikerjakan di rumah, namun tidak menutup kemungkinan bisa berkembang menjadi usaha yg besar. Namun pelaku usaha rumahan masih sangat kurang memperhatikan hal tersebut.

Perencanaan Usaha Yg Masih Sederhana
Kebanyakan pelaku usaha rumahan selalu terpaku dgn usaha yg sedang dijalankan saja. Mereka masih jarang membuat perencanaan usaha untuk jangka panjang bila sewaktu-waktu ada kendala yg tidak terduga, atau adanya perubahan minat pasar. Yg terpenting, usaha mereka masih bisa berjalan dan memberikan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kurang Aktif
Bisa dibilang pelaku usaha rumahan lebih sering pasif, dan menunggu konsumen yg mendatangi usahanya. Keadaan ini membuat penjualan produk rumahan juga kurang optimal, karena tidak semua orang mengetahui keberaan usaha Anda. Penjualan kurang berarti pendapatan juga akan minus.

Sebenarnya usaha rumahan juga berpotensi menjadi industri besar, bila Anda menjalankannya dgn strategi usaha yg benar. Semoga informasi kesalahan dalam menjalankan usaha rumahan, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Selamat berkarya dan salam sukses.


Sumber: Bisnisukm.com

Temukan Info Lain seputar Usaha

{ 0 komentar ... read them below or add one }