Memilih Perusahaan Asuransi yang Bagus

Diposting oleh Wikey on Dec 22, 2009


Memilih sebuah Perusahaan Asuransi yang baik memang tidak gampang. Apalagi di tengah persaingan yang ketat di antara perusahaan asuransi seperti sekarang ini.

Banyak perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik. Ini bisa dilihat kalau ada produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat lewat iklan-iklan, nyaris tidak ada yang kurang. Demikian pula dengan kinerja yang mereka lakukan, selalu menonjolkan yang baik-baik saja. Agak jarang manajemen perusahaan asuransi mengutarakan kelemahan-kelemahan yang mereka alami.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang seharusnya dipertimbangkan dalam proses memilih suatu perusahaan asuransi terutama untuk asuransi jiwa dan kerugian.

Hal yang perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi swasta, maka yang harus dipertimbangkan secara umum adalah tiga faktor: Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Dan ketiga, biaya.

Kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika keadaan membutuhkan. Hal ini penting diketahui, karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang tampak di luarnya mentereng. Misalnya gedungnya bertingkat, kendaraan direksinya bagus-bagus. Tetapi tatkala terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar.

Jasa (service) merupakan cermin sejauh mana sumber daya manusia di perusahaan tersebut berkualitas atau tidak. Apalagi, perusahaan asuransi adalah menjual jasa, maka layanan prima merupakan kunci utama. Misalnya, sejauh mana kecepatan pelayanan baik dalam menerbitkan polis apalagi dalam pembayaran santunan atau klaim. Selain itu, soal pelayanan sebenarnya bisa dirasakan sendiri oleh nasabah. Apakah perusahaan asuransi ini sudah betul-betul memberikan pelayanan terbaik buat nasabahnya.

Masalah biaya adalah seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam operasionalnya. Kalau lebih besar biaya dibanding pemasukan, maka jelas perusahaan tersebut tidak efisien. Kalau sudah tidak efisien, maka ujung-ujungnya akan mengalami kerugian. Dan kalau terus-menerus rugi, pasti tidak sehat.

Dalam hubungan ini bisa juga dilihat harga preminya. Bandingkan harga premi asuransi yang sama dengan asuransi yang lain. Mana yang kualitasnya betul-betul baik.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana perilaku manajemen Perusahaan Asuransi tersebut selama ini. Adakah manajemen perusahaan itu selama ini ingkar janji? Pernahkah manajemen perusahaan ini mengalami wanprestasi, dan lain sebagainya.

media indonesia

Selengkapnya Memilih Perusahaan Asuransi yang Bagus

Tips Praktis Pembuatan Paspor

Diposting oleh Wikey on


Dalam mengajukan permohonan Pembuatan Paspor anda harus membawa kelengkapan andministrasi yang diperlukan, yaitu :

a. Keterangan Identitas Diri, berupa :

- Bukti domisili, dengan ketentuan :

* Bagi WNI yang bertempat tinggal dalam wilayah Indonesia, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Resi Kartu Tanda Penduduk. Dilengkapi dengan Kartu Keluarga (KK) bagi daerah yang telah mengeluarkan KK, atau keterangan bertempat tinggal dari Kecamatan.

* Bagi WNI yang bertempat tinggal diluar wilayah Indonesia (Penduduk Luar Negeri), berupa Tanda Penduduk negara setempat atau bukti/petunjuk/keterangan ijin yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut.

- Bukti Identitas Diri, berupa salah satu bukti identitas diri sbb :

* Akte kelahiran atau Akte perkawinan/Surat nikah atau Ijasah atau Surat baptis.

b. Surat ijin dari instansi berwewenang, bagi yang akan bekerja di LN.

c. Surat rekomendasi dari perusahaan bagi yang telah bekerja.

d. Surat ijin dari instansi yang bersangkutan bagi Pegawai Negeri Sipil

Cara Pembuatan Paspor baru dan pembuatan paspor asing atau :

* Pertama-tama anda harus membeli formulir permohonan pengurusan paspor sebesar Rp. 5.000,-, lalu anda mengisi formulir tersebut dan melampirkan persyaratan yang sudah ditentukan.

* Serahkan formulir dan lampirannya ke loket yang telah disediakan.

* Setelah formulir diperiksa, maka anda akan diberukan kuitansi pembayaran untuk biaya foto (Rp. 55.000) dan sidik jari (Rp. 5.000).

* Serahkan bukti pembayaran foto dan sidik jari tersebut kembali ke loket, petugas akan memberitahu tanggal pengambilan foto dan sidik jari anda. Biasanya anda harus menunggu selama 1 minggu untuk dapat difoto dan diambil sidik jarinya.

* Datanglah pada hari yang telah ditentukan untuk dapat difoto dan diambil sidik jarinya,

* Setelah selesai difoto dan diambil sidik jarinya, maka anda harus membawakembali berkas ke loket awal.

* Petugas loket akan memberikan kuitansi untuk pembayaran pembuatan paspor (Rp. 200.000).

* Setelah melakukan pembayaran, berikan bukti pembayaran pembuatan paspor dan setelah itu anda menunggu untuk wawancara.

* Setelah wawancara anda harus menunggu kembali selama 1 minggu untuk dapat mengambil paspor anda.

* Ambil paspor anda di loket pengambilan paspor (jangan lupa membawa kuitansi pembayaran paspor), foto copy paspor anda dan berikan foto copyannya kepada loket tersebut.

Tips and Trick Pembuatan Paspor:

* Sebaiknya anda mengajukan permohonan sendiri ke Kantor Imigrasi dimana anda berdomisili. Walaupun memakan waktu lebih lama tetapi biayanya lebih murah daripada anda melalui calo.

* Apabila anda ingin proses yang cepat dalam pembuatan paspor berikan alasan yang masuk akal kepada petugas. Sehingga anda tidak perlu menunggu 1 minggu untuk dapat difoto dan diambil sidik jari.

* Datanglah pagi-pagi untuk dapat dilakukan pengambilan foto dan sidik jari. karena apabila anda datang siang hari maka anda harus menunggu sangat-sangat lama.

* Apabila anda tidak sempat datang atau waktu anda tidak cukup, lebih baik anda menggunakan biro jasa yang mengurusi pembuatan paspor daripada menggunakan calo.

stoptrafiking.or.id

Selengkapnya Tips Praktis Pembuatan Paspor

Tips Memilih Perencana Jasa Keuangan Independen

Diposting oleh Wikey on


Perkembangan profesi perencana Jasa Keuangan alias financial planner di dalam negeri terlihat semakin marak. Paling tidak dalam beberapa bulan terakhir ini beberapa majalah dan surat kabar nasional sedang gencar-gencarnya membahas profesi perencana jasa keuangan yang diprediksikan bakal menjadi salah satu profesi bergengsi dengan penghasilan yang tinggi.

Secara singkat, perencana jasa keuangan adalah seorang profesional yang menawarkan jasa konsultasi dan memberikan nasihat pada nasabahnya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan keuangan pribadi.

Seorang financial planner akan memberikan jasa perencanaan secara menyeluruh, mencakup perencanaan proteksi investasi, tabungan dan investasi, pensiun, pendidikan, pajak, bahkan warisan. Jadi, seorang financial planner harus memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai beragam produk keuangan.

Saat ini, muncul istilah perencana jasa keuangan dependen dan perencana keuangan independen. Perencana keuangan dependen adalah perencana yang bekerja pada suatu lembaga keuangan seperti bank, asuransi, atau perusahaan sekuritas. Sementara itu, perencana keuangan independen bisa membuka praktek sendiri, seperti halnya dokter, pengacara, dan akuntan.

Hal terpenting ketika Anda berniat menggunakan jasa seorang perencana keuangan, Anda harus cermat dalam memilih. Sebab, selain Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya, Anda pun sebetulnya akan memberikan kepercayaan atas pengelolaan uang Anda kepada financial planner yang Anda pilih. Berikut ini beberapa tips dalam memilih perencana keuangan independen.

Pertama, tanyakan kepada perencana keuangan tersebut perihal penghasilannya. Berapa persen dari total penghasilannya berasal dari fee yang dibayar nasabah dan berapa persen dari komisi produk keuangan yang dijualnya. Jika total penghasilannya 100 persen dari fee nasabah, ini baru namanya financial planner independen.

Sayangnya, di Indonesia belum ada aturan mengenai perencana jasa keuangan independen. Di Amerika, semua pihak yang memberikan nasihat investasi harus terdaftar pada Securities and Exchange Commission, pengawas pasar modalnya Amerika.

Kedua, jika Anda hanya membutuhkan rekomendasi khusus mengenai perencanaan keuangan, Anda cukup memilih perencana keuangan yang memberikan jasa konsultasi dengan fee yang tergantung pada lamanya konsultasi. Dan jangan lupa, tanyakan berapa fee per jamnya.

Intinya Anda harus keliling untuk mendapatkan fee yang murah, tapi dengan pelayanan yang berkualitas. Lalu, bagaimana jika yang Anda butuhkan hanya seorang manajer investasi untuk mengelola dana Anda? Tentunya cukup dengan membeli reksa dana yang jelas lebih murah biayanya.

Ketiga, tanyakan apakah perencana Jasa Keuangan tersebut bisa memberikan referensi kepada Anda perihal nasabahnya yang punya masalah keuangan serupa dengan Anda. Luangkan waktu untuk bertanya pada nasabah tersebut soal kekuatan dan kelemahan dari perencana keuangan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih jernih membuat keputusan.

Demikian, beberapa tips singkat yang mudah-mudahan bisa menjadi masukan bagi Anda semua. Intinya, pilihlah perencana jasa keuangan independen yang objektif, berpengalaman, kompeten, dan mengutamakan kepentingan nasabahnya. Salam.

infoanda.com

Selengkapnya Tips Memilih Perencana Jasa Keuangan Independen

Bisnis Jasa Kontraktor Pameran Makin Menjanjikan

Diposting oleh Wikey on


Sebuah pameran kadang diselenggarakan untuk memperingati suatu momen atau sengaja dibuat dengan tema khusus yang lahir dari ide sekelompok panitia alias event organizer untuk tujuan tertentu. Yang mengikuti pameran pun, beragam perusahaan baik swasta maupun pemerintah yang bergerak dibidang tertentu sesuai tema acara pameran sebagai ajang promosi.

Sebuah acara pameran mutlak memerlukan perlengkapan pameran seperti stand. Jangan menganggap remeh keberadaan stand-stand pameran yang didesain semenarik mungkin sesuai tema acara untuk memanjakan mata pengunjung yang datang. Desain stand pameran tersebut sangat penting dipersiapkan dengan matang guna menunjang keberhasilan suatu acara pameran atau exhibition.

Dibalik kesuksesan dan keberhasilan suatu pameran yang dilihat dari desain stand pameran, ada jasa Kontraktor Pameran yang lebih dulu bekerja untuk menyulap ruang gedung yang digunakan sebagai tempat acara berwujud sesuai dengan tema yang menjadi konsep desain pameran.

Modal Ratusan Juta Pameran pasti selalu ada setiap bulannya, hampir di setiap kota maupun daerah. Acara pameran begitu laris manis diselenggarakan sebagai salah satu cara perusahaan atau instansi untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. Hal ini memperlihatkan faktor permintaan desain interior maupun eksterior stand pameran, sebagai salah satu perlengkapan yang wajib ada di acara pameran, semakin meningkat

Tingginya tingkat permintaan inilah yang mendorong lahirnya banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa kontraktor pameran dengan spesialisasi menyiapkan berbagai keperluan dan perlengkapan pameran. Sebut saja Gde Zaraswa-tika Nugraha yang mendirikan perusahaan jasa kontraktor pameran dan diberi nama Nugraha Selaras Idea tahun 2007 silam. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta ini memberikan ide dan mengerjakan bidang arsitektur dan interior stand pameran.

Diajuga menambahkan, saat mendirikan bisnis ini, dia mesti merogoh kocek sebesar Rp 100 juta untuk modal awal. Modal tersebut dipergunakan-nya untuk membeli keperluan untuk membuat dan mendesain stand pameran serta membayar gaji karyawan. Dalam menjalani bisnis tersebut, Gde membidik target pasar tidak hanya perusahaan swasta dan pemerintah saja, tapi juga masyarakat yang ingin menggunakan jasanya.

Harga Disesuaikan Tingkat Kesulitan Desain yang ditawarkan Gde cukup bervariasi seperti desain modern, tradisional, modern minimalis, klasik, kontemporer dan sebagainya. Bagi klien yang tertarik untuk menggunakan jasa kontraktor pameran Nugraha, Gde selalu menyesuaikan jadwal klien untuk persiapan, kapan pameran akan diselenggarakan guna mengerjakan stand pameran yang diminta.

Dalam menggarap bisnis kontraktor pameran, tidak melulu dalam satu hari mendapatkan klien. Tapi, bisnis ini diyakini akan terus tumbuh subur seiring meningkatnya kebutuhan perusahaan untuk menyelenggarakan pameran. Gde mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengikuti undangan tender dari beberapa perusahaan yang akan mengikuti pameran. Hal ini membuktikan, salah satu strategi jitu untuk menembus pasar adalah dengan aktif mengikuti pameran.

Sedangkan untuk prospek bisnis jasa Kontraktor Pameran. Gde menyakini masih sangat menjanjikan selama kita tetap bisa menjaga mutu dan hubungan baik dengan klien

bataviase.co.id

Selengkapnya Bisnis Jasa Kontraktor Pameran Makin Menjanjikan

Cara Belajar mengelola Event Organizer

Diposting oleh Wikey on


Pertumbuhan Event Organizer (EO) atau penyelenggara kegiatan di Indonesia kini semakin signifikan. Jika ditilik ke belakang, banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Tidak saja ekonomi, tapi kesadaran untuk membuat suatu acara yang lebih menarik agar tujuan acara tersebut tercapai juga disinyalir menjadi faktor pendorong lainnya. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk terjun bahkan hanya sekedar untuk mengetahui dunia event organizer.

Perbincangan dan simulasi dunia event organizer digelar di kampus Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, Jatinangor, Sabtu (25/04). Acara yang bertajuk “Workshop HI On EO” ini dibuka oleh Sekretaris Jurusan HI, Taufik Hidayat, S.Ip., M.Si. Perhelatan Himpunan Mahasiswa HI yang juga merupakan rangkaian perayaan ”FISIP Emas” ini menghadirkan trainer motivasi & kepemimpinan, Muhammad Satria, S.Sos. dan praktisi event organizer dari Mata Elang Production, Nita Andriani.

Menurut Satria, perkembangan event organizer di Indonesia terbilang luar biasa, terutama di kota-kota besar. Pria yang juga konsultan di Departemen Sosial ini juga melihat fenomena bahwa tidak hanya pihak swasta yang memiliki event organizer, namun departemen-departemen pemerintah juga memiliki unit atau rekanan event organizer sendiri. Fakta ini memperlihatkan bahwa persaingan di bidang ini semakin ketat.

“Saya datang ke sini bukan untuk mengajak teman-teman mahasiswa untuk bekerja di bidang ini. Tapi saya mendorong mereka untuk membangun dan memiliki event organizer sendiri,” pungkas Satria. Ia menilai, hal ini bukan tanpa sebab, dirinya melihat proses belajar dasar-dasar berorganisasi bisa mahasiswa dapatkan di himpunan mahasiswa atau organisasi lainnya. Walaupun demikian ia sadar bahwa proses belajar tidak akan pernah berhenti.

Pernyataan senada juga dilontarkan Nita. Menurutnya, perkembangan event organizer di Indonesia cukup baik. Kini seakan semua berlomba-lomba membentuk sebuah event organizer. Mulai dari tingkat internasional hingga ke pelosok kampung. “Namun dari sekian banyak event organizer, hanya beberapa yang berkarakter, jumlahnya bisa dihitung dengan jari,” tambahnya. Hal ini menjadi tantangan bagi mereka yang telah, maupun akan terjun di bidang ini.

Sama halnya dengan yang dikatakan Satria, Nita juga mengungkapkan, proses belajar akan selalu ada. “Setiap kegiatan mempunyai tantangan dan kendala sendiri. Yang kita lakukan adalah bagaimana meminimalisir kesalahan itu. Di sinilah proses belajar itu, saya pribadi sampai sekarang masih dalam tahap belajar. Satu yang penting, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil, karena hal kecil itu bisa saja menghambat kegiatan yang kita tangani,” ujar wanita yang telah lama berkecimpung di dunia event organizer ini.

Di akhir perbincangan, kedua pembicara ini memberikan tips bagi mereka yang ingin menekuni bidang ini. Pertama, jadikan himpunan mahasiswa atau organisasi lainnya sebagai wadah untuk belajar berorganisasi saat ini. Kedua, selalu tanamkan spirit berorganisasi sebagai sebuah landasan keberanian mengambil tanggung jawab. Ketiga, selalu berpikir out of the box atau berpikir kreatif. Keempat, berani dan yakin bisa. Terakhir, komunikasi merupakan kunci keberhasilan bidang ini. (mar)*

unpad.ac.id

Selengkapnya Cara Belajar mengelola Event Organizer

Pameran Bisnis Waralaba Diminati Masyarakat

Diposting oleh Wikey on


Krisis perekonomian global ternyata tidak terlalu berimbas pada penyelenggaraan International Franchise License Business Concept Exhibition and Conference.

Acara Pameran Bisnis yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, sejak Jumat 19 Juni 2009 dan akan berakhir Minggu 21 Juni 2009 itu selalu padat dikunjungi masyarakat.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, pada hari kedua penyelenggaraan IFRA, jumlah pengunjung cukup banyak. Selain karena akhir pekan, liburan sekolah juga sudah dimulai.

Para pengunjung terlihat begitu antusias mendatangi stan-stan produk waralaba di paemran bisnis yang terdiri atas makanan, swalayan, minuman hingga lembaga-lembaga pendidikan.

Kendati terbilang ramai pada hari kedua penyelenggaraan acara pameran bisnis ini, namun menurut seorang penjaga stan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Joy, jumlah pengunjung tahun ini tidak seramai tahun lalu.

"Mungkin karena bersamaan dengan penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) sehingga penyerapannya lebih ke sana," ujar dia.

Berdasarkan data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), bisnis waralaba di Indonesia baik asing maupun lokal dari 2005 hingga Juni 2009 terus bertumbuh.

Sedangkan jumlah peserta Pameran Bisnis mencapai 175 dari dalam dan luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Jumlah tersebut naik 14,4 persen dari 153 peserta tahun lalu

http://bisnis.vivanews.com/

Selengkapnya Pameran Bisnis Waralaba Diminati Masyarakat

Honda Jazz Mobil Paling Aman 2009 di Amerika

Diposting oleh malamjumat on Dec 21, 2009

Honda Jazz (Honda Fit di Amerika Serikat) meraih penghargaan Top Safety Pick atau kendaraan paling aman 2009 dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), sebagai mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di kelasnya.

Mobil ini juga menjadi satu-satunya mobil mini dan yang pertama kali meraih sertifikasi dari IIHS tersebut. Penghargaan atas tingkat keamanan varian hatchback
Honda itu bukanlah yang pertama kalinya.


Sebelumnya, mobil ini juga diakui sebagai salah satu mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di Eropa berdasarkan hasil test uji tabrakan dari European New Car Assessment Program (Euro NCAP).


"Dalam uji coba tersebut All New Jazz menjadi yang terbaik di kelas supermini car dengan meraih rating maksimal, yaitu lima bintang," tulis PT Honda Prospect Motor, Agen Tunggal Pemegang Merek
Honda di Indonesia, dalam siaran persnya, Kamis (03/12).


Untuk meraih sertifikasi Top Safety Pick dari IIHS, setiap kendaraan yang dipasarkan di Amerika Serikat harus melalui uji tabrak dengan standar yang sangat ketat. Uji ini menggunakan beberapa model kendaraan yang berbeda ukuran dan berat serta dari berbagai sisi tabrakan untuk mengembangkan solusi yang dapat meringankan cedera pada penumpang dan juga pejalan kaki.


Uji tabrak yang dilakukan meliputi tabrak depan, offset, samping, belakang, atap, hingga evaluasi bumper. Selain itu, semua mobil yang masuk nominasi harus dilengkapi dengan teknologi electronic stability control (ESC) yang menjadikan pemilihan pada tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya.


PT HPM menyebut,
Honda Jazz dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi yang menjadi standar untuk model ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Diantara sistem keselamatan itu adalah, teknologi G-CON (G-Force Control) dan ACE (Advanced Compatibility Engineering) pada rangka kendaraan.


Selain itu, mobil ini juga diibekali SRS Airbag, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), dan BA (Braking Assist), hingga pedestrian protection body structure yang meminimalkan cedera jika terjadi tabrakan dengan pejalan kaki.


www.tempointeraktif.com
Selengkapnya Honda Jazz Mobil Paling Aman 2009 di Amerika