Mantan Aktivis Tekuni Bisnis Detektif Swasta

Diposting oleh Wikey on Dec 7, 2009


Sekelompok mantan aktivis merintis jasa Detektif Swasta dan manajemen risiko yang belum banyak digeluti di Indonesia. Ladang garapnya sangat variatif. Mulai merekam jejak calon pejabat, rival politik, calon investor, hingga mencari bukti perselingkuhan.

MALAM belum larut benar. Dari perangkat sound system sebuah kafe di kompleks pertokoan Sarinah, Jakarta Pusat, mengalun lagu Apologize milik OneRepublik. Beberapa wanita muda asyik bercanda di dekat bar yang bercorak futuristik. Seorang lelaki berkacamata duduk di sudut dekat pintu. Dua unit telepon genggam tergeletak di meja. Dia memesan es teh dan kopi sekaligus.

"Kamu mau minum apa?" ujarnya ramah saat Jawa Pos datang. Nama lengkapnya Ulin Niam Yusron. Namun, oleh para karibnya, dia sering dipanggil Ulin. Perawakannya sedang, tak terlalu kekar tak terlalu kurus. Rambutnya dicukur nyaris gundul.

Malam itu alumnus Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo, itu sedang "bekerja". Maklum, meski punya kantor, Ulin bukan orang kantoran. Waktu kerjanya tak pasti seperti pegawai pada umunya. Dia berprofesi sebagai detektif swasta. "Sekarang ini kami sedang menangani order kredit macet sebuah bank dan menelusuri rekam jejak calon pejabat badan pemerintah," katanya.

Selain itu, mereka bergerak di bidang intellectual property rights (perlindungan hak cipta). Misalnya, saat menyelidiki penggunaan merek ban tanpa izin. "Kami menyamar sebagai pembeli dalam jumlah besar," tuturnya.

Sebagai detektif swasta mereka juga pernah membantu pemerintah sebuah daerah yang kaya hutan untuk memetakan cukong-cukong kayu. "Karena urusannya dengan mafia, tampilan kami juga harus seperti mereka. Pokoknya mimikri. Kadang macak kere seperti pemungut sampah, tapi juga harus bisa tampil perlente," katanya.

Jasa detektif swasta mereka juga sering digunakan istri-istri pejabat. Untuk klien golongan itu, rata-rata misinya sama. Diminta untuk membuktikan sang suami berselingkuh. "Mereka bilang, 'tolongin, Mas', tapi uangnya tak seberapa. Ya, kami anggap untuk job ini kerja sosial saja," katanya. Keuntungan order dari komunitas ini adalah promosi gratis dari mulut ke mulut. "Kalau duitnya, kecil sekali," tambahnya.

Bisnis Detektif Swasta seperti itu, kata Ulin, parameter keberhasilannya susah ***kur. Sebab, tingkat kesulitan satu kasus dengan kasus yang lain berbeda. "Misalnya, kamu bisa wawancara langsung Menhan, tapi apa bisa wawancara Menkeu. Jadi meskipun kita sukses di satu kasus, belum tentu bisa sukses di problem yang lain," ucapnya.

mail-archive.com

Selengkapnya Mantan Aktivis Tekuni Bisnis Detektif Swasta

Bisnis Percetakan Modal NOL

Diposting oleh Wikey on


Memulai bisnis desain dan Bisnis Percetakan tidak sesulit yang diduga oleh banyak orang. Bisnis ini lebih bersifat jasa daripada produksi, kecuali Anda memulainya dengan membeli mesin cetak sendiri.

Modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha desain dan bisnis percetakan adalah relasi, ketekunan dan keseriusan, management waktu, dan pelayanan pelanggan. Anda dapat memulai bisnis percetakan ini dengan modal uang Nol, cukup memanfaatkan asset yang Anda miliki, seperti sepeda motor, komputer dan handphone.

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah :

1. Mencari supplier kertas, seperti toko kertas, minta katalog contoh kertas beserta harga-harganya

2. Mencari perusahaan percetakan yang menerima jasa makloon (menerima ongkos cetak), tanyakan berapa tarif cetak perwarna, atau per proyek, mintalah informasi sedetail-detailnya tentang proses cetak, dan hal-hal yang mempengaruhi harga dan kualitas.

3. Mencari supplier pra cetak, seperti film separasi warna dan pembuatan plat cetak, pelajari tarif2 nya, dan spesifikasi file komputer yang dapat mereka terima, apakah mereka bisa menerima file output dari CorelDraw, Adobe Ilustrator, Freehand, dsb... Pelajari juga tarif2 nya.

4. Mencari perusahaan jasa desain, yang menerima order desain atau setting layout, kecuali Anda memiliki skill desain dan layout serta memiliki perangkat komputer dan printer sendiri.

5. Beli buku-buku desain, contoh2 desain brosur, logo, dsb.. sebagai ilustrasi buat calon pelanggan, sehingga mereka bisa menemukan style yang mereka inginkan, untuk kemudian kita kembangkan sendiri sesuai harapan pelanggan.

6. Belajarlah berhitung harga cetak seteliti mungkin sehingga harga jual bisa sangat bersaing.

Proses Kerja bisnis ini :

1. Pelanggan menceritakan kebutuhannya, harapannya dan spesifikasi benda cetaknya.

2. Anda membuat draft desain awal, mintakan persetujuan pelanggan, umumnya pelanggan meminta beberapa alternatif sehingga mereka dapat memilih.

3. Setelah draft desain awal disetujui, kembangkan desain tersebut sehingga layak untuk diproduksi'

4. Print final desain untuk mendapat persetujuan pelanggan, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan dan gambar, pastikan pelanggan menandatangani proof desain tersebut, hal ini diperlukan jika terjadi komplain dari pelanggan dikemudian hari.

5. Copy file desain menggunakan flash disk, kirim kepada perusahaan percetakan (jika mereka memiliki semua prangkat pra cetaknya), atau kirim kepada peruasahaan pra cetak, separasi film warna dan plat.

6. Beli kertas sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan, minta kepada toko kertas untuk memotong kertas sesuai dengan final output yang diinginkan ditambah margin untuk percetakan

7. Bawa kertas yang sudah Anda beli beserta film separasi warna dan plat cetak kepada percetakan, buat tanda terima dan perintah kerja, termasuk masalah harga dan janji tanggal penyelesainnya.

Persaingan Bisnis Percetakan dan desain sudah sangat banyak, namun jangan khawatir, rezeki Anda Allah Ta'ala yang menentukan, Anda hanya diperintahkan untuk berusaha dengan memperbaiki mata pencaharian dan bertakwa, agar rezeki turun.

pengusahamuslim.com

Selengkapnya Bisnis Percetakan Modal NOL

Strategi Pintar dalam Pemasaran

Diposting oleh Wikey on


Apakah yang dimaksud dengan pemasaran ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas sebaiknya kita lihat terlebih dahulu melihat definisi – definisi pemasaran di bawah ini :

1. Pemasaran Menurut WY. Stanton

Pemasaran atau Manajemen Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

2. Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

3. Pemasaran Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.

4. Pemasaran menurut The American Marketing Assocciation (AMA)

Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan implementasi dari konsep, pricing, promosi, dan distribusi (ide, produk maupun jasa), sehingga dapat diciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus.

Berdasarkan definisi di atas, proses Manajemen Pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang berkenaan dengan produk, kinerja serta kualitas adalah tahap pertama yang sangat penting dari kegiatan pemasaran. Yang akhirnya (manajemen) pemasaran memiliki tujuan yaitu :

1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan manajemen pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Selanjutnya bagaimana caranya agar kegiatan manajemen pemasaran sesuai dengan misi Perusahaan?

Pada umumnya kegiatan manajemen pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Contohnya, penjelasan secara detail oleh orang di bagian produksi dibutuhkan apabila ada konsumen yang komplain mengenai produk. Demikian juga dibutuhkan orang yang dapat menangani kegiatan sumber daya manusia, sehingga dapat menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan kompensasi dan reward kepada semua karyawan yang terlibat dalam perusahaan. Bagian keuangan memerlukan orang yang ahli dalam berbagai sistem pembayaran dan insentif, terutama kepada konsumen yang membutuhkan sehingga dapat mengakomodasi berbagai jenis kebutuhan konsumen. Dengan demikian, kegiatan manajemen pemasaran selalu berkaitan dengan berbagai departemen lainnya.

Manajemen pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.

midas-solusi.com/

Selengkapnya Strategi Pintar dalam Pemasaran

Challenge dalam Bisnis Logistik dan SCM di Indonesia

Diposting oleh Wikey on


Bisnis Logistik dan Supply Chain Management di Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan yang sangat berat dari para operator (provider/pemain) bisnis Internasional. Memang bisnis Logistic Supply di bidang ini sangat menggiurkan dan pangsa pasar yang ada di Indonesia masih besarnya

.

Dari besarnya peluang bisnis tersebut, baru 25% tergarap oleh para Courrier Service/pemain bisnis logistik Dalam Negeri (termasuk juga PT Pos Indonesia). Hal ini sejalan dengan studi yang dilakukan oleh United States Postal Service (USPS) bahwa nilai transaksi industri jasa perposan ekspres nasional tahun 2005 mencapai US$ 193.143 juta, 70% di antaranya dikuasai oleh jasa pengiriman asing, sedangkan 30% sisanya diperebutkan oleh jasa pengiriman domestik Logistic Supply (Bahagia, Investor Daily Online, 13 Januari 2006). Sedangkan berdasarkan hasil riset SWA menyatakan bahwa dalam tiga tahun terakhir rata-rata pertumbuhan ekspres di Indonesia sebesar 15%-20% dengan total besarannya adalah Rp.7,5 Trilyun.

Terlebih lagi di era globalisasi ini, tahun 2013 nanti persaingan antar pelaku bisnis kurir dan logistik akan lebih gencar lagi, mengingat para pelaku bisnis dari Luar Negeri akan ikut menikmati lezatnya kue bisnis logistic supply di Indonesia, yang saat ini pun sebenarnya sudah mulai terasa.

Melihat itu, para operator/pemain di Indonesia seyogyanya mulai saat ini tidak dapat lagi berpangku tangan (karena keran regulasi bidang bisnis kurir, logistic supply dan SCM sudah terbuka). Menghadapi hal itu, para operator/pemain Dalam Negeri harus sudah bersiap diri, melakukan pembenahan kualitas layanan, mempersiapkan SDM yang handal, dan perlu memperkuat persatuan dan kesamaan gerak antar para pelaku bisnis itu sendiri yang ada di Indonesia (dengan kata lain "merapatkan barisan"), serta perlu terpadunya program yang dirancang oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Titipan Indonesia (ASPRINDO) sebagai wadah para Anggotanya dalam mengembangkan bisnis kurir, logistik, dan SCM (logistic supply).

Hal ini terungkap dalam seminar sehari yang diselenggarakan oleh ASPRINDO Wilayah Jawa Barat pada hari Sabtu, 25 Juli 2008 di Gedung Pos Jln. Banda 30 Bandung.

Seminar dengan tema "Kiat Sukses Bisnis dalam Melayani Pelanggan di Era Globalisasi" tersebut tergolong sukses dan mampu menarik perhatian sekitar 250 orang peserta dari berbagai pelaku bisnis logistic supply kurir dan logistik se-Jawa Barat. Dengan antusiasnya para peserta mengikuti materi seminar dan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul, yang cukup menguras pemikiran para pemateri/fasilitator seminar.

Dari seminar sehari tersebut terbesit niatan para pemangku jabatan ASPRINDO Jawa Barat untuk lebih meningkatkan lagi aktifitas kordinasi antar Anggota melalui program-program terpadu yang bermanfaat langsung bagi para pelaku bisnis kurir dan logistik di Jawa Barat khususnya dan Dalam Negeri umumnya (logistic supply).

Salah satu bentuk program tersebut adalah kerjasama pemanfaatan Politeknik Pos Indonesia (selaku institusi pendidikan yang memiliki Jurusan Logistik Bisnis satu-satunya di Indonesia).

ken-sukses.blogspot.com

Selengkapnya Challenge dalam Bisnis Logistik dan SCM di Indonesia

Cari Rental Mobil Di Bali

Diposting oleh Unknown on Dec 4, 2009



Bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata sangat memerlukan kendaraan untuk berpetualang maupun sekedar mengelilingi daerah wisata tersebut.
Untuk dapat mengelilingi daerah wisata tersebut sangat diperlukan kendaraan, disinilah peran perusahaan rental mobil atau tour car rental dalam mendukung pariwisata di daerah tersebut, tidak jarang perusahaan rental tersebut mewakili profesionalitas daerah terserbut.
Memilih perusahaan rental mobil atau tour car dapat dikatakan gampang-gampang susah, karena hampir semua perusahaan car rental and car rental bali menawarkan fasilitas yang sama, diskon dan harga yang relative sama. Namun satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah pelayanan. Sering sekali banyak dari kita yang mengacuhkan masalah pelayanan hanya karena masalah harga yang berbeda sekitar 15 sampai 25 ribu rupiah per hari, yang mungkin akan berimbas pada pelayanan yang kurang memuaskan.

Berikut tips saat ingin menyewa kendaraan di bali:
* carilah perusahaan car rental dan car rental bali yang benar dan jelas alamat kantornya.
* mencari perusahaan car rental dan car rental bali bisa lewat internet dan hubungi mereka lewat telpon terlebih dahulu.
* ciri-ciri perusahaan rental mobil yang kredibel adalah jika kita memesan kendaraan akan dilayani oleh pegawai best car rental dan bali car rental sesegera mungkin.
* setelah anda memesan anda akan diwajibkan membayar uang booking / booking fee untuk memastikan kepastian booking best car rental dan bali car rental anda, hal ini untuk menjamin kendaraan tersebut sudah pasti untuk disewa anda di hari yang anda tentukan.
* setibanya di bali dan kendaraan anda di antar ke bandara, ada baiknya sebelum menyerahkan copy ktp dan pembayaran, teliti seluruh keadaan kendaraan baik kondisi mesin dan body maupun surat-surat kendaraan, peralatan kunci, ban serep, dan sebagainya.
* alangkah baiknya jika kendaraan di lengkapi dengan asuransi all risk.
* jika anda diajukan surat perjanjian, bacalah dengan teliti sebelum anda meyetujuinya.
* perusahaan rental mobil biasanya memberikan stnk khusus rent car kepada penyewa dan mobil tidak dapat dibawa keluar bali.
* setelah tanda tangan dokumen penyewaan rental car, anda sebaiknya mendapatkan copynya dan menyimpannya baik-baik jika terjadi masalah di jalan seperti misalnya kecelakaan atau mogok dapat segera hubungi perusahaan rental mobil tersebut.




Http://www.inilah.com

Selengkapnya Cari Rental Mobil Di Bali

Cara KTA Profesional

Diposting oleh Unknown on




Jakarta - pt bank bumiputera tbk menargetkan penyaluran kredit tanpa agunan profesional sebesar rp50 miliar. Pada tahap awal produk ini diberikan kepada dokter, notaris dan akuntan publik. Namun, di masa depan, produk ini akan diperluas bagi kalangan profesional lainnya.

"sesuai namanya, kalangan profesional yang dibidik adalah dokter, notaris dan akuntan publik. Produk ini pengembangan
kredit tanpa agunan sebelumnya dan pada tahun 2008 bisa menyalurkan kredit sebesar rp50 miliar. Kami optimistis tercapai dan minim risiko," kata mortgage division head bank bumiputera setio dewanto, di jakarta, kamis (26/6/2008).

Setio menuturkan, produk
kredit tanpa agunan ini menyediakan plafon rp100-150 juta dengan tawaran bunga yang menarik dan kompetitif dibandingkan bank lain. Selain itu, jangka waktu pinjaman satu hingga lima tahun dan sudah termasuk asuransi jiwa bagi nasabahnya.
"jika dirata-rata bunga kredit bank tanpa agunan profesional bumiputera sebesar 0,8 persen per bulan atau 16-18 persen per tahun. Bandingkan dengan bunga kartu kredit bahkan produk ini bisa untuk men take over kartu kredit," jelasnya.
Menurut setio, komposisi kredit bank tanpa agunan profesional bumiputera masih kecil dibandingkan dengan kpr yang per juni mencapai rp725 miliar dan hingga akhir tahun ditargetkan rp1 triliun. Selain itu, kredit pemilikan mobil (kpm) sebesar rp1,6 miliar, kredit multiguna sebesar rp425 miliar hingga akhir tahun 2008 dan kartu kredit rp80 miliar. Namun, perseroan tetap memperhatikan prinsip prudential banking maupun manajemen risiko dalam penyalurannya.

"meski tanpa agunan dan memiliki segmentasi nasabah terbatas, namun bumiputera ditunjang oleh data based dan sistem informasi debitor yang ketat. Jika ada calon nasabah yang masih memiliki kredit di bank lain, pasti ditolak. Apalagi yang masih menunggak," tegasnya.

Sedangkan untuk kredit pinjaman rumah , lanjut setio, permintaanya tetap tinggi, terutama september hingga desember. Untuk itu, perseroan menjalin kerjasama dengan pihak terkait menyediakan pembiayaan dan didukung oleh sistem online sehingga mempercepat prosesnya. Namun, perseroan tetap mencermati kemungkinan kenaikan harga bbm maupun suku bunga acuan bi rate tidak tembus 10 persen pada tahun ini.
"kpr bumiputera menyediakan plafon rp50 juta-5 miliar. Saya berharap kondisi bisa normal sehingga bi bisa menyesuaikan dan menurunkan kebijakan suku bunganya. Saat ini bunga kpr bumiputera sekitar 10,75-11,75 persen, tandasnya. (tomi sujatmiko/sindo/rhs)


Http://index.okezone.com

Selengkapnya Cara KTA Profesional

Sound System Untuk Acara Musik

Diposting oleh Unknown on



Tips perlu anda perhatikan dalam memilih sound system:

1. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack head phone (misal: amplifier guitar laser 20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk head phone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu "atraksi" kita.

Untuk penggunaan acara pesta, anda akan memerlukan daya
sewa sound system yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yang sedang kita mainkan. Acara pesta pernikahan/wedding party, ulang tahun, atau acara gathering memang membutuhkan sound system yang lebih besar.

2. Pilihlah amplifier
sewa sound system yang berkualitas baik. Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan oleh keyboard tsb (flat). Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Jadi kita harus jeli memilih sound system yang sesuai.

3. Model dan penampilan amplifier
sound system studio dapat menjadi pertimbangan terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model sound system yang bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya.

Pada kebanyakan musisi profesional model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier
sound system.

4. Ada baiknya anda bertanya kepada jasa sewa sound system/rental sound, karena mereka merupakan orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa. Jadi kita bukan hanya mencari
sound system studio murah, tetapi kualitas harus tetap menjadi pilihan.

Semoga bermanfaat.


Sumber : internet
Selengkapnya Sound System Untuk Acara Musik