Belajar Bahasa Inggris Listening Ini 8 Cara Mudahnya

Diposting oleh Pekanbaru Sore Hari on Feb 22, 2017


Salah satu masalah yang kerap dihadapi ketika belajar bahasa Inggris adalah belajar inggris listening. Terasa tidak gampang memahami saat ada native English berbicara. Mengapa bisa begitu? Salah satu penyebab mengapa tidak gampang untuk memahami orang bule yang bicara bahasa Inggris karena memang terkadang ada perbedaan dengan yang kita pelajari di dalam kelas bahasa Inggris. Perbedaan tersebut bisa karena misalnya penutur bahasa Inggris itu menggunakan bahasa slang, menggunakan kata-kata yang disingkat dan mungkin mengucapkan ujaran personal yang selama ini menjadi kebiasaaan mereka, seperti misalnya "ah", "um", dan lainnya.


Belum lagi asal bule yang bicara bahasa Inggris ini bisa membuat perbedaan logat bicara. Itu bisa menambah kesulitan kita dalam memahami maksud dari perkataan mereka. Lalu adakah cara yang bisa mempermudah kita dalam meningkatkan listening bahasa Inggris karena hal ini bisa memudahkan kita dikemudian hari ketika menghadapi interview bahasa inggris diawal masuk kedalam dunia pekerjaan? Coba ikuti tips berikut :
  1. Listening sebanyak mungkin Tak ada yang paling baik selain dengan berlatih listening sesering mungkin. Ini cara terbaik yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggrismu. Dengarkan orang Inggris saat speaking. Kamu bisa mendengarnya dengan menonton di Youtube, nonton film di televisi maupun bertemu langsung dengan native English.
  2. Variasikan apa yang kamu dengarkan Sebaiknya tidak hanya mendengarkan satu model listening saja. Lebih variatif apa yang kamu dengarkan itu akan sangat membantu. Misalnya kamu bisa dengarkan berita bahasa Inggris, lalu di lain waktu kamu bisa nonton talk show berbahasa Inggris. Lalu di saat lainnya kamu bisa nonton acara tv komedi bahasa Inggris di televisi. Itu akan sangat membantu meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris sekaligus membantumu mengenali aneka macam situasi dan topik.
  3. Ganti subtitle ke bahasa Inggris Kalau misalnya kamu nonton film streaming secara online, kamu bisa pilih subtitle ke dalam bahasa Inggris. Ini akan membantumu untuk memahami apa yang mereka ucapkan.
  4. Turunkan volume suara Kalau kamu merasa sudah lumayan baik dalam listening bahasa Inggris, coba turunkan volume suara acara yang kamu dengarkan. Misalnya kamu nonton di Youtube acara yang menggunakan bahasa Inggris, coba kamu turunkan volume suaranya. Ini akan melatih kepekaan pendengaranmu menyerap bahasa Inggris.
  5. Rekam pembicaraanmu dan dengarkan Coba rekam saat kamu berbicara bahasa Inggris dan kemudian dengarkan ulang. Ini akan membantumu untuk mengenali apakah pronunciation dan aksenmu sudah tepat.
  6. Dengarkan beberapa rekaman bersamaan Kalau kamu sudah dalam tahap advance, ada latihan yang lebih sulit lagi. Kamu bisa dengarkan beberapa rekaman sekaligus tapi kamu tetap fokus pada salah satu rekaman pembicaraan itu. Ini akan membantumu untuk melatih listening saat berada di keramaian, seperti misalnya di malll, resto, maupun kantor. Sebab di ruangan yang berisik itu kamu harus tetap bisa menangkap apa ujaran pembicaraan yang dilontarkan lawan bicaramu.
  7. Pelajari listening dengan aksen khusus Penutur bahasa Inggris itu memiliki aksen yang beraneka ragam. Nah, agar kamu bisa memahami orang-orang yang berbicara dengan aksen berbeda itu, kamu perlu dengarkan dan perhatikan aksen mereka. Lalu bila perlu, kamu bisa ulangi sendiri. Ini akan memperkaya kemampuanmu dalam menangkap pembicaraan dari orang-orang berbahasa Inggris yang memiliki aksen berbeda.
  8. Cari script film atau acara tv berbahasa Inggris Jika kamu dapat menemukan script acara sebuah program tv atau film, kamu bisa simak sambil mendengarkan acara tersebut tersebut. Ini akan melatih kepekaaanmu dalam berbahasa asing. Bagaimana menurutmu? Ada beberapa teknik di atas yang belum kamu coba? Yuk mari coba deh mulai dari sekarang!

{ 0 komentar ... read them below or add one }