Apa Sih Cloud Computing dan Manfaatnya?

Diposting oleh Wikey on Aug 24, 2016


Buat kamu yang bergelut dengan dunia Teknologi tentunya pernah mendengar istilah ini, namun banyak juga sih yang belum tau mengenal Cloud Computing. Nah kalo ini, aku coba untuk menjelaskan secara singkat tentang Cloud Computing yang saat ini lagi nge-trend di Indonesia.

Cloud Computing sendiri artinya adalah Komputasi Awan, seperti yang kita ketahui bahwa awan terdiri dari miliaran molekul air yang terkumpul sehingga terlihat bagai sebuah satu kesatuan yang besar. Terinspirasi dari awan inilah maka dinamakan Cloud computing, agar lebih mudah mengingatnya, Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Cloud computing bagaikan sebuah kumpulan dari berbagai computer yang terhubung dalam satu jaringan besar.

Apa Sih Cloud Computing dan Manfaatnya? 

Saat ini ada beberapa pemain besar di dunia Cloud seperti Microsoft, AWS, Nexbit dan lain-lain sebagainya. Mereka juga menghadirkan berbagai produk yang di dukung dengan teknologi cloud.

Dengan adanya teknologi cloud ini, sistem penyimpanan data semakin mudah dan fleksibel, lihat saja saat in, bagi kamu yang menggunakan smartphone Android atau iOS sebenarnya sudah menggunakan sistem Cloud yaitu Google Drive untuk Androii dan iCloud untk pengguna iOS baik pada semua perangkat seperti PC, Tablet dan smartphone.

Selain itu teknologi ini tidak hanya untuk end-user saja, tapi juga merambah ke cloud service provider, yang bekerjasama dengan Microsoft Azure, Amazon Web Service, dan lainnya.

Berikut manfaat dan kelebihan layanan cloud bagi seorang IT administrator adalah:

1. Sistem Keamanan. Data terorganisir dan tersimpan dengan aman di server yang sudah disiapkan oleh layanan cloud service provider dengan jaminan keamanan platform, ISO, dsb.

2. Fleksibilitas dan skalabilitas sangat baik, sehingga memudahkan untuk bisa melakukan perubahan atau update dimana saja dan kapan saja.

3. Lebih hemat biaya operasional karena sebagai pengguna, kita tidak perlu menyediakan perangkat infrastruktur misalnya data center, storage dan lain sebagainya. Karena sudah disediakan oleh layanan cloud provider selain itu semua jasa manintenance juga sudah tercakup di dalamnya.


Semoga info singkat tentang cloud computing ini bermanfaat buat kita semua dan kamu yang lagi mendalami dunia IT.

{ 0 komentar ... read them below or add one }