Nggak Bayar Pajak? Nggak Cool!

Diposting oleh Redaksi on Dec 25, 2014


Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang menghindar untuk membayar pajak. Tapi survei bertajuk Taypayer Attitude Survey 2012 menunjukkan bahwa 87 persen orang Amerika berpendapat bahwa orang yang tidak membayar itu nggak keren. Hanya 11 persen yang mengganggap sah-sah untuk menghindari pajak, baik sedikit atau bahkan sebanyak mungkin.

Artikel Pajak Transfer Pricing
Sumber foto: bankrate.com

Ternyata, sebagian besar masyarakat Amerika mengakui bahwa kesadaran diri yang tinggi mempengaruhi mereka untuk melaporkan pajaknya secara jujur. Sekitar 63 persen mengaku membayar pajak karena takut diaudit, sementara 70 persen lainnya takut dilaporkan oleh pihak ketiga sebagai orang yang tidak membayar pajak.

Survei yang dilakukan oleh IRS Oversight Board terhadap 1.500 orang Amerika yang dilakukan pada Agustus hingga September ini juga menunjukkan bahwa hal yang mereka merupakan bentuk pengajaran untuk orang lain. Sebab, masyarakat Amerika percaya bila mereka membayar pajak secara jujur, orang lain juga akan berpikiran hal yang sama dan akan ikut juga.

Tentu saja, survei ini menunjukkan bahwa masyarakat masih memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak. Meskipun tak bisa dihindari di sisi lain banyak orang berusaha untuk mencoba tidak membayar pajak. Misalnya praktek transfer pricing, tax heaven dan sebagainya. Transfer pricing saat ini menjadi salah satu sumber kerugian bagi suatu negara dari sektor penerimaan pajak.


{ 0 komentar ... read them below or add one }