Mengemudi Aman untuk Perjalanan Jauh

Diposting oleh Unknown on Jul 23, 2013



Lebaran sebentar lagi. Para perantau tentunya ingin berlebaran di rumah. Tradisi mudik menjadi 'ritual' tiap tahun. Ada yang menggunakan jalur udara, laut maupun jalur darat. Untuk jalur daratpun banyak cara yang dilakukan. Salah satunya dengan menyetir mobil sendiri saat pulang kampung.

Berkendara sampai ke kampung halaman tentunya memiliki banyak persiapan. Karena jarak yang lumayan jauh dari ibukota ke kampung, apalagi kalau sudah menyeberang pulau. Namun tidak usah khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat mengemudi untuk mudik nanti, sebagai berikut:

Kondisi fisik bagus
Hal pertama adalah persiapkan kondisi fisik yang optimal. Walaupun 'hanya duduk' tetaplah menguras fisik. Butuh staminan yang prima saat perjalanan.

Kondisi kendaraan bagus
Persiapkanlah kondisi kendaraan dengan maksimal. Mulai dari mesin, ban mobil, rem, dan lain sebagainya. Mengingat perjalanan yang jauh, membutuhkan kondisi mobil yang maksimal juga. Jangan lupa mengecek hal-hal kecil seperti klakson mobil, wipper, dan sebagainya.

Duduk dengan nyaman
Pastikan driver duduk dengan nyaman. Kalau ada yang 'mengganggu' saat mengemudi nantinya pastikan segera diselesaikan. Kenyamanan akan mempengaruhi perjalanan nantinya.

Perhatikan kondisi sekitar
Jangan lupa memperhatikan situasi sekitar, termasuk kebiasaan daerah yang sedang dilewati.

Jaga jarak aman
Ini sangat penting untuk keamanan saat pengereman. Jangan terlalu mepet dengan kendaraan di depan dan di belakang. Perhitungkan jarak aman pengereman beberapa detik. Jadi kalau ada kejadian mendadak masih ada jeda waktu saat pengereman dan saat mobil berhenti.

Jangan bermain hanphone atau yang lainnya
Kalau ada panggilan atau sms, lebih baik berhenti saja terlebih dahulu. Menyetir sambil 'bermain' handphone sangat berbahaya. Jadi hindarilah hal seperti ini

Istirahat
Saat kondisi tubuh sudah tidak memungkinkan segeralah cari rest area. Tidak perlu dipaksakan karena sangat berbahaya nantinya. Relax dulu untuk kemudian melanjutkan perjalanan. 

Nah dengan tips di atas, semoga perjalanan Anda menjadi lebih aman dan selamat sampai di tujuan. Patuhilah rambu-rambu yang ada demi keselamatan. 

{ 0 komentar ... read them below or add one }