Tips Merawat Tubuh Setelah Operasi Caesar

Diposting oleh Sigit Maulana on Jun 22, 2013


Tips Merawat Tubuh Setelah Operasi Caesar
Saat ini di Indonesia bukan berita baru lagi mengenai operasi Caesar. Karena operasi Caesar menjadi alternative terbaik bagi ibu yang ingin melahirkan dan mengalami masalah pada kesehatan dan kandungan. Caesar juga menjadi tren terkini bagi pasangan yang ingin kelahiran buah hatinya tepat pada moment penting. Ya seperti sudah diskenariokan.

Sobat blogger, disini saya ingin memberikan sedikit informasi dan tips merawat tubuh setelah operasi Caesar. Berikut tipsnya :

Beristirahat
Istirahat total adalah media terapi terbaik setelah operasi. Hal ini untuk mengurangi traumatic pasca operasi. Karena saat operasi pasien akan dibius total untuk menghilangkan rasa sakit pada saat operasi. Dan pasca operasi pasien juga akan di bius umum untuk menguransi rasa nyeri  pada lokasi dimana operasi itu dilakukan.

Bergerak Secara bertahap
Ini dianjurkan setelah operasi anda banyak bergerak secara bertahap sampai benar-benar efek dari obat bius itu hilang. Karena setelah 24 jam pasca operasi kondisi tubuh akan berangsur normal dan anda bisa duduk serta memulai latihan berjalan dengan instruksi dari dokter.

Mengurangi Rasa Nyeri  pada Jahitan
Biasanya, dokter memberikan arahan untuk menarik nafas panjang dan dihembuskan pelan-pelan saat merasakan sakit dan nyeri pada luka jahitan. Dan jika anda sudah bisa duduk akan diajarkan senam nifas seperti menggerakan leher, bahu, tangan dan kaki

Menjaga Asupan Makanan Secukupnya
Jika selang infus dan alat-alat medis yang terpasang pada tubuh telah dilepaskan, anda dianjurkan jangan memakan makanan dengan struktur keras. Karena pencernaan setelah operasi belum bisa menerima makanan padat. Dianjurkan makanan cari seperti bubur dan sebagainya. Hindari makanan yang bisa memberikan rasa alergiseperti gatal pada lokasi luka jahitan. Karena akan memperlama penyembuhan luka jahitan tersebut.

Jagalah Kebersihan
Penting sekali. Pembalut luka dan sebagainya harus diganti secara rutin. Cukup membersihkan daerah luka jahitan dengan lap yang sudah dibasahi dengan air panas agar sterilisasinya tetap terjaga.

{ 0 komentar ... read them below or add one }