Tips Memilih Android

Diposting oleh Redaksi on Jun 17, 2013


Tips Memilih Android - Android merupakan sebuah sistem operasi yang saat ini paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan hal ini juga tidak lepas dari kontribusi para vendor yang menggunakan sistem operasi Android di smartphonenya. Para vendor juga membuat smartphone Android dengan berbagai desain dan juga spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik calon pembeli agar dapat membeli smartphone Android yang berkualitas tetapi tidak terlalu mahal. Berikut tips memilih Android yang berkualitas versi Jalan Tikus:

Tips Memilih Android


1. Merek Smartphone Android
Sekarang banyak sekali merek-merek baru dengan sistem operasi Android bermunculan baik buatan luar negeri maupun lokal. Memang semakin terkenal merek tersebut akan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding merek yang belum terkenal ataupun merek lokal. Tetapi terkadang merek-merek tersebut menghadirkan beberapa fitur yang ada di merek terkenal, sehingga sepertinya bisa dijadikan referensi untuk mencari smartphone Android dengan harga terjangkau.

2. Prosesor, Versi Android dan RAM
Hal ini yang biasanya jarang dimengerti oleh orang-orang awam, padahal hal ini adalah yang menjadi titik terpenting dari kualitas Android tersebut. Disarankan untuk mencari smartphone Android yang menggunakan RAM 1 Gb dengan prosesor 1 GHz untuk menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, karena jika Ram dan prosesor kurang dari itu sudah dipastikan smartphone Android kamu akan lag dan cepat panas, karena tidak seimbang dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

3. Tempat penyimpanan
Jika smartphone Android kamu mendukung slot MicroSD sepertinya hal tersebut tidak terlalu bermasalah, tetapi akan menjadi sebuah masalah apabila smartphone Android kamu tidak mendukung slot MicroSD. Dalam hal tersebut berarti hanya memiliki memory internal, Jika disebutkan bahwa smartphone Android tersebut misalnya memiliki memory internal sebesar 10GB, pasti lebih dari setengah memory internal tersebut sudah digunakan untuk sistem. Sebaiknya kamu memilih smartphone Android yang menyediakan slot Micro SD.

4. Kamera
Sebuah smartphone tanpa kamera? Sepertinya sudah terlalu kuno apabila masih ada smartphone yang seperti itu. Dan jika kamu menggunakan smartphone Android, sudah dipastikan akan banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan kamera tersebut misalnya Instagram, atau video call seperti Skype. Jalan Tikus dalam hal ini menyarankan mencari smarpthone Android yang memiliki kamera depan, setidaknya kamu bisa melakukan video call daripada hanya sekedar voice call. Dan untuk para wanita yang suka berfoto sepertinya kamera depan akan sangat membantu kamu untuk berfoto sehingga kamu bisa langsung melihat diri kamu melalui layar.

5. Koneksi dan Jaringan
Pastikan smartphone Android yang kamu mau beli sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth dan WiFi, karena dengan menggunakan WiFi kamu bisa pergi ke tempat-tempat tertentu dan bisa browsing tanpa harus menggunakan kuota kamu. Untuk hal jaringan, usahakan smartphone Android kamu sudah mendukung koneksi 3G dan HSDPA untuk memperlancar ketika kamu menggunakan internet.

6. Daya Baterai
Adanya perangkat seperti powerbank atau travel charger/ sudah cukup menjelaskan bahwa fitur Android membutuhkan daya yang cukup besar, apalagi sekarang hampir semua smartphone Android digunakan untuk online, hal tersebut akan lebih buruk apabila daya baterai tidak mencukupi, dan pada akhirnya kamu harus charge smartphone kamu sesering mungkin. Daya baterai minimal 1500 Mah minimal yang harus kamu gunakan di smartphone Android kamu.

7. Resolusi Layar
Resolusi layar yang paling rendah untuk smartphone Android sejauh ini adalah 320x480p, tetapi dengan resolusi seperti itu maka kamu akan sulit menggunakannya karena lag, dan hampir bisa dipastikan akan kesulitan dalam multitasking. Saran dari Jalan Tikus adalah gunakan minimal resolusi 480x800p.

Semoga tips memilih Android berkualitas versi Jalan Tikus ini bisa membantu kamu dalam memilih smartphone Android, sehingga kamu tidak hanya melihat harga murah yang dibandrol tetapi juga mengetahui standar kualitas untuk smartphone Android tersebut.

Jika kamu menggunakan smartphone Android, kamu sekarang bisa mengakses jalantikus.com dan kamu akan mendapat semua berita terbaru dari Android serta aplikasi-aplikasi terbaik dari android langsung di smartphone kamu.


Sumber: Download Aplikasi Android di Jalan Tikus 

{ 0 komentar ... read them below or add one }